Evaluation of Online Learning Programs at Universities Using the CIPP Model

Authors

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Misykat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar
  • Muh. Ilyas Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30983/educative.v6i1.4678

Keywords:

program evaluation, online learning, Context Input Process and Product (CIPP)

Abstract

Online learning during the COVID-19 pandemic had both positive and negative effects, including online learning for the Dirasah Islamiyah study program, concentration on Education and Teacher Training, Postgraduate at Islamic State University of Alauddin Makassar, so it is necessary to be evaluated. The purpose of this study is to evaluate online learning programs using the Context, Input, Process, and Product (CIPP) program evaluation model formulated by Stufflebeam. This descriptive quantitative research used primary data collected from questionnaires from lecturers and students in the Learning Program Evaluation course as a source of informants and secondary data were taken using documentation in the form of Semester Learning Plans, lecture materials, and coursework results. The collected data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results showed that the implementation of online learning at the Postgraduate Alauddin State Islamic University in Makassar, the Dirasah Islamiyah Study Program with the concentration of Education and Teacher Training had been going well although some parts still needed to be improved such as maximizing the use of the Learning Management System (LMS), clear coordination between fellow lecturers who support courses related to RPS which will be applied for one semester and strict conditioning so that students do their assignments responsibly (free of plagiarism).

Pembelajaran daring yang berlangsung selama pandemi covid-19 menimbulkan dampak positif dan juga negative, tidak terkecuali pada pembelajaran daring program studi Dirasah Islamiyah konsentrasi Pendidikan dan Keguruan, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sehingga perlunya dilakukan evaluasi terhadap program pembelajaran daring tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program pembelajaran daring dengan menggunakan model evaluasi program Context, Input, Process, and Product (CIPP) yang dirumuskan oleh Stufflebeam. Penelitian kuantitatif deskripstif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dari hasil kusioner dari dosen dan mahasiswa pada mata kuliah Evaluasi Program Pembelajaran sebagai sumber informan dan data sekunder yang diambil menggunakan dokumentasi berupa Rencana Pembelajaran Semester, materi perkuliahan, dan hasil tugas mata kuliah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Program Studi Dirasah Islamiyah konsentrasi Pendidikan dan Keguruan mata kuliah Evaluasi Program Pembelajaran sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa bagian yang masih perlu ditingkatkan seperti memaksimalkan penggunaan Learning Management Sistem (LMS), koordinasi yang jelas antara sesama dosen pengampu mata kuliah terkait Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang akan diterapkan selama satu semester dan pengkondisian yang ketat agar mahasiswa mengerjakan tugasnya secara bertanggungjawab (bebas plagiasi).

References

Book

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Journal

Abidin, M.Z., ‘Taksonomi Bloom, Konsep Dan Iplikisinya Bagi Pendidikan Matematika’, Jurnal Masbied, 03.20 (2010)

Adi, Ni Nyoman Serma, Dewa Nyoman Oka, and Ni Made Serma Wati, ‘Dampak Positif Dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), 5.1 (2021)

Akdogdu, E., and S Usun, ‘Evaluation of Classroom Teaching Undergraduate Program in Accordance with the Pre-Service Teachers’ Opinions Using Context, Input, Process, Product (CIPP) Model’, Elementary Education Online, 16.2 (2017), 826

Arikunto, Suharsimi, and Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan, Ed 2, Cet. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Balikci, C., C. Tuysuz, D. I. Ekicoz, and A. Tasdere, ‘The Evaluation of Primary School Third Grade Science Curriculum as Based on Context-Input-Process-Product (CIPP) Model’, Milli Egitim, 50.229 (2021), 523

Fauziah, Chusnul, Taufiqulloh, and Hanung Sudibyo, ‘Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19’, PSEJ 2, 2.2 (2017), 38–48

Jaya, Petrus Redy Patrus, and Felisitas Ndoet, ‘Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif’, PERNIK Jurnal PAUD, 1.1 (2018), 10–25

Junanto, Subar, and Nur Arini Asmaul Kusna, ‘Evaluasi Program Pendidikan Di PAUD Inklusi Dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP)’, INKLUSI: Journal of Disability Studies, 5.2 (2018), 179–94 <https://doi.org/doi.org/10.14421/ijds.050202>

Juwanti, Arum Ema, Unik Hanifah Salsabila, Cikal Jiwai Putri, Alma Livia Dewi Nurany, and Fitri Nur Cholifah, ‘Project Based Learning (PjBL) Untuk PAI Selama Pembelajaran Daring’, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3.2 (2020), 72–82 <https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.752>

Kuntarto, Eko, ‘Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi’, Journal Indonesian Language Education and Literatur, 3.1 (2017), 99–110

Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah, ‘Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD’, JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1.1 (2020), 7–13

Mahmudi, ‘CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan’, Jurnal At-Ta’dib, 6.1 (2011)

Nasution, Syaiful Hamzah, ‘Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika’, Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2.1 (2018), 14–18

Nuryati, Dwi Wahyu, Siti Masitoh, and Fajar Arianto, ‘Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Masa Pandemi’, Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5.2 (2020), 98–106 <https://doi.org/dx.doi.org/10.32832/educate.v5i2.3375>

Pradinata, Andry, ‘Evaluasi Program Pendidikan Model CIPP’, Andripradinata.Blogspot.Com, 2012

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun, ‘Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4.4 (2020), 869–70

Rezki, Indra Kurniawan, Joni Karnando, and Elfi Tasrif, ‘Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh’, JAVIT (Jurnal Vokasi Informatika), 1.1 (2021), 1–4

Rigianti, Henri Aditia, ‘Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara’, Elementary School, 7.2 (2020), 297–302

Risalah, A., and Dkk, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa)’, JIEES, 1.1 (2020), 10–16

Sudibyo, Hanung, Sugiyo, and Supriyo, ‘Model Evaluasi Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Berbasis Context, Input, Process, Product (CIPP)’, Jurnal Bimbingan Konseling, 2.1 (2013), 57–63

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Prakteknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Supriyantoko, Iwan, and Dkk, ‘Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory Dengan Model Evaluasi CIPP Di SMK Negeri DKI Jakarta’, JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 2.2 (2020), 1–10

Tafonao, Talizaro, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa: Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan’, Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.2 (2018), 103–14

Utami, Wicka Yunita Dwi, Martini Jamaris, and Sri Martini Meilanie, ‘Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD Di Kabupaten Serang’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.1 (2020), 67

Widiyoko, E. P., Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Pendidik Dan Calon Pendidik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Wulandari, Ayu, and Gusti Ngr Sastra Agustika, ‘Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, MIMBAR PGSD Undiksha, 8.3 (2020), 515–26

Downloads

Submitted

2021-08-19

Accepted

2021-12-31

Published

2022-01-01

Issue

Section

Articles