Peran Public Relation dalam Mengoptimalkan Eksistensi Wisata Panorama Baru melalui Media Sosial

Authors

  • Siska Sri Dewi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitttinggi
  • Habibatur Ridhah UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Public Relations, Media Sosial, panorama baru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena viralitas destinasi wisata panorama baru Bukittinggi pada media sosial. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui informasi mengenai bagaimana peranan Public Relations/Humas Destinasi Panorama Baru dalam mengelola media sosial yang digunakan sebagai alat komunikasi dan promosi destinasi.  Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan Public Relations/Humas menurut Dozier and Broom , yaitu sebagai Penasehat Ahli (Expert Prescriber), Fasilitator Komunikasi (Communication Fasilitator), Fasilitator Proses Pemecahan Masalah (Problem Solving Process Fasilitator), Teknisi Komunikasi (Communican Technician). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan adanya peranan public relations/Humas pada destinasi Panorama Baru. Hasil penelitian ditemukan bahwa Public Relations/Humas Panorama Baru berperan aktif dalam memanfaatkan media sosial sebagai publikasi destinasi wisata Panorama Baru Bukitinggi. Praktisi public relations/humas juga menjadi perantara antara publik internal dan ekstenal. Jika dikaji dari teori peran public  relation  oleh  Dozier  and  Broom  didapatkan  bahwa  peranan  public  relations/humas  Destinasi Panorama Baru sebagai teknisi komunikasi, fasilitator komunikasi serta sebagai fasilitator proses pemecahan masalah. Dengan adanya pelayanan yang baik dari public relations/Humas maka eksistensi Panorama Baru dapat dioptimalkan sesuai dengan tujuan organisasi.

This research is motivated by the virality phenomenon of the new Bukittinggi panoramic tourist destination on social media. T he purpose of this study is to find out information about the role of New Panorama Destination Public Relations/PR in managing social media which is used as a communication and destination promotion tool.   This research uses a qualitative descriptive method. The theory used in this research is the theory of the role of Public Relations according to Dozier and Broom, namel y as an Expert Prescriber, Communication Facilitator, Problem Solving Process Facilitator, Communication Technician). Data collection methods in this research were carried out using interviews, observation and documentation methods. The findings fr om this research indicate the role of public relations/PR in the New Panorama destination. The research results found that Panorama Baru Public Relations/Public Relations plays an active role in utilizing social media as a publication for the Panorama Baru Bukitinggi tourist destination. Public relations practitioners also act as intermediaries between internal and external publics. If we examine the theory of the role of public relations by Dozier and Broom, it is found that the role of public relations/public relations at the New Panorama Destination is as a communication technician, communication facilitator and as a facilitator of the problem solving process. The results of this research also show a good response or image from the public . With good service from public relations/PR, the existence of Panorama Baru can be optimized in accordance with organizational goals.

 

References

Anggraini, Citra, and Yugih Setyanto, „Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana‟, Prologia, 3.2 (2019), 408, BAB III METODA, “Metope”, Oxford Art Online, 2018, 31–38

Barrimi, M., R. Aalouane, C. Aarab, H. Hafidi, H. Baybay, M. Soughi, and others,Kepercayaan‟, Encephale, 53.1 (2013), 59–65.

Batoebara, Maria Ulfa, and Domitila Zebua, „Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan‟, Network Media, 4.2 (2021), 20–39.

Burhana, Aditya, „Makna Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Kediri (Studi Interaksionisme Simbolik)‟, 2020, 12.

Cutlip and Center‟s, Effective Public Relations, ed. by sally yagan, Eleventh e (Angshuman Chakraborty) Departemen pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4th edn, 2017, VI.

Desri Yani, „Peran Humas Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Mempromosikan Wisata Air Terjun Batu Tilam, Science, 7.1 (2022), 1–86

Dharmawan, Ir. Agus, „Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif, 21.58 (1990), 99–104.

Dinantiyah, Agustin Indah, „Peran Public Relation Dalam Menigkatkan Citra Positif Perusahaan (Studi Kasus Cafe Di Pancor Kabupaten Lombok Timur)‟, 2020, 1–78.

Dini, Safitri, Public Relation Pada Media Sosial, ed. by Larasati Gustia Ayopma (Sumatera barat: Mitra Cendekia Media, 2023).

Gradian Pratama Ariyanto, „Strategi Public Relation Dalam Membentuk Citra Positif Di Masyarakat‟, 5 (2023), 28–29.

Hamdi Maulana Hasibuan, Nurhanifah, Jaman Wahidin Harahap, Muhammad Darisal Hasibuan, „Analisis Public Relations Pariwisata Bali Dalam Menjaga Citra Diri‟, Maktabatun: Jurnal …, 2.1 (2022), 1–6

HD Wijayanto, „Peran Dinas Sosial Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Kabupaten Magetan‟, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2019), 8

el Ishaq, Ropingi, Kuliah Public Relations: Pengantar Dan Praktik, ed. by Prima Ayu Rizqi Mahanani (Kediri: STAIN Kediri Press, 2015) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Lidara, Anisa, „Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram @Infopku_ Sebagai Media Informasi Online Kota Pekanbaru‟, UIN Suska Riau (Skripsi), 5317, 2022, 20–21.

M F Akbar, Y Evandianti, and I Asniar, „Public Relations (Bantul: Ikatan Guru Indonesia, 2021)‟, 2021, 18–35

Musi, and others, Penulisan Kreatif Public Relations, ed. by Asni Djamereng (Yogyakarta: NasMedia Pustaka, 2022).

Nevyra, Vira Indar, „Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara‟, Communication & Social Media, 1.2 (2021), 20–21

Pena, Tim Prima, „Teori Peran (Role Theory)‟, Jakarta : Gita Media Press, 2019, 15

Soendari, Tjutju, „Teknik_analisis_dt.Kual.Ppt_[Compatibility_Mode]‟, 2017

Soesilo, 1999, „“Destinasi Pariwisata”‟, 2008, 7

Suhendra Catur Saputra, „Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Objek Wisata Palembang Bird Park Kota Palembang Sumatera Selatan‟, Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1.2 (2021), 6–43

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sri Dewi, S., & Ridhah, H. (2025). Peran Public Relation dalam Mengoptimalkan Eksistensi Wisata Panorama Baru melalui Media Sosial. MUSAFIR : Journal of Islamic Tourism and Pilgrimage, 1(1), 1–14. Retrieved from https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/musafir/article/view/10074

Issue

Section

Articles