Analisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Payakumbuh

Authors

  • Sandra Dewi IAIN Bukittinggi
  • Sabri Sabri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Vina Pandu Winata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v2i2.723

Abstract

This study aims to determine the effect of ease of use, efficiency and security on the interest in transactions using BSM Mobile Banking. To conduct discussions and research, using primary data directly obtained from the object of research through a structured list of statements or questionnaires that have been answered by respondents, this study uses the help of SPSS version 15, and data testing techniques use binary logistic regression analysis. The results of the analysis show that ease of use, efficiency and security have a positive and significant influence on the interest in transacting using BSM Mobile Banking, both partially and simultaneously. The most dominant variable influencing the interest in transacting using BSM Mobile Banking is efficiency.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Adi Mahasatya, Jakarta.

Anastasia, Diana, 2001, Mengenal E-Business,Yogyakarta.

Chopipah, Fifip, 2013,Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Klik BCA Terhadap Kepuasan Nasabah, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Huda, Ahmad, 2010,Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Pembantu Jamsostek Jakarta, Skripsi ABFII Perbanas Jakarta.

Herawati, Jajuk, 2011, Pengaruh Dimensi Internet Banking Service Quality dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah, Jurnal Ekonomi.

Jogiyanto, 2007,Sistem Teknologi Keperilakuan, Penerbit Andi.Yogyakarta.

Mayasari, Feronika, 2011, Anteseden Dan Konsekuen Sikap Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM), Jurnal Ekonomi.

Rahardjo, Budi, 2001, Aspek Teknologi dan Keamanan dalam Internet Banking, Jakarta.

Supranto, 2006,Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan,Penerbit Rineka. Jakarta.

Supriyono, Maryanto, 2010, Buku Pintar Perbankan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suparyanto, 2013, Sekilas Tentang Minat, http://dr-suparyanto.blogspot.com (diunduh pada tanggal 28 Januari 2017)

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Bandung.

Maharsi, S, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Menggunakan Kerangka Techbology Acceptance Model (TAM), Jurnal Ekonomi.

Tjiptono, 2007, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.

Turban, Efraim dkk, 2005, Pengantar Teknologi Informasi, Edisi Ketiga, Penerjemah: Deny Arnos Kwary dkk, Salemba Infotek, Jakarta.

Umar, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen . PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yusnaini, 2009, Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta, Jurnal Ekonomi.

Downloads

Submitted

2018-11-23

Accepted

2018-12-27

Published

2018-12-28