Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Pengembangan Bisnis Di PT BPRS Sungai Pua Syariah

Authors

  • Nadya Zikra UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Blue Ocean Strategy, Pengembangan Bisnis, PT BPRS Sungai Pua Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui strategi persaingan dalam mengembangkan bisnis di PT BPRS Sungai Pua Syariah dengan pendekatan Blue Ocean strategi dan kendala yang dihadapi oleh PT BPRS Sungai Pua Syariah dalam menghadapi persaingan bisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara lansung, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik pengolahan dan analisa data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap akhir adalah penarikan kesimpulan. Dalam penelitaian ini jumlah informan yang mau di wawancarai yaitu sebanyak 5 orang yang di tujukan kepada karyawan yang ada di PT BPRS Sungai Pua Syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi persaingan industri keuangan dapat dilakukan dengan pendekatan Blue Ocean Strategy yang menekankan pada kesetaraan anatara nilai dan inovasi. Dimana PT BPRS Sungai Pua Syariah konversi dari konvensional menjadi syariah. dimana hal ini bisa menarik minat nasabah dan menjaga loyalitas nasabah. Karena pasar yang masih sangat terbuka lebar dan adanya keuntungan dari strategi bank konvensional, maka pengembangan produk-produk bank syariah yang kompetitif dan inovatif perlu ditingkatkan.

 

This study aims to find out the competitive strategy in developing business at PT BPRS Sungai Pua Syariah using the Blue Ocean Strategy approach and the constraints faced by PT BPRS Sungai Pua Syariah in facing business competition. This type of research is field research which is qualitative in nature. Furthermore, the data collection method used is direct interviews, observation and documentation. Then the data processing and analysis techniques are carried out through three stages, namely: data collection, data reduction, data presentation, and the final stage is drawing conclusions. In this study, the number of informants who wanted to be interviewed was as many as five people who were addressed to employees at PT BPRS Sungai Pua Syariah. The results of this study indicate that in facing competition in the financial industry, the Blue Ocean Strategy approach can be carried out which emphasizes equality between value and innovation. Where PT BPRS Sungai Pua Syariah converted from conventional to sharia. where this can attract customer interest and maintain customer loyalty. Because the market is still very wide open and there are advantages from conventional bank strategies, the development of competitive and innovative Islamic bank products needs to be increased

References

Alvi Khikmatin, & Putri Setianingsih. (2021). Analisis Peluang Dan Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Terhadap Lembaga Keuangan Konvensional Di Indonesia. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 49–62. https://doi.org/10.51339/iqtis.v3i1.257

Amalia, N., Wati, R., Putri, B., & Mairiza, D. (2023). Eksistensi Prinsip Ekonomi Mikro Islam Terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro Di Era Digitalisasi. Sharing: Journal of Islamic Economics, Management and Business, 2(2), 142–156. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.23419

Amang Andi, D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis. Sulur Pustaka.

Andriamahefazafy, M., Bailey, M., Sinan, H., & Kull, C. A. (2020). The paradox of sustainable tuna fisheries in the Western Indian Ocean: between visions of blue economy and realities of accumulation. Sustainability Science, 15(1), 75–89. https://doi.org/10.1007/s11625-019-00751-3

Audina, M. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION TRANSAKSI KEUANGAN DIGITAL (E-WALLET) PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA PALEMBANG. Media Riset Bisnis & Manajemen, 21(2), 99–186.

Beik, I. S., & Arsyianti, L. D. (2015). Construction of CIBEST model as measurement of poverty and welfare indices from Islamic perspective. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 7(1), 87–104.

Choudhary, P., G, V. S., Khade, M., Savant, S., Musale, A., G, R. K. K., Chelliah, M. S., & Dasgupta, S. (2021). Empowering blue economy: From underrated ecosystem to sustainable industry. Journal of Environmental Management, 291. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2021.112697

Dewi, N. P. S., Hidayat, F., Doriza, S., Budi, Y., Santosa, P., Azzarah, M. A., Suradi, A., Fadjarajani, S., Ariyani, R., & Krisdiyanto, K. (2023). Dasar metode penelitian. PT MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.

Fauzi, A. S., Runtiningsih, S., & Hidayat, F. (2022). Determinants of Poverty in Indonesia and its Policy Implications, Multidimensional Approach to Measuring Poverty. JOVISHE: Journal of Visionary Sharia Economy, 1(1), 12–24.

Gajdzik, B., Wolniak, R., & Grebski, W. (2023). Process of Transformation to Net Zero Steelmaking: Decarbonisation Scenarios Based on the Analysis of the Polish Steel Industry. Energies, 16(8). https://doi.org/10.3390/en16083384

Husna, M., Puteri, H. E., & Winarno, W. (2019). Determinan Sustainabilitas Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah dan Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Agam. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 3(2), 61–74.

Jamaludin, N., Miftahurrahmah, M., & Muizzudin, M. (2023). Islamic Micro Finance Institutions’ Existence, Role, and Challenges in Developing the Indonesian Micro Business Sector Post Covid 19 Pandemic. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 7(2), 155–165.

Kasmir. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua. Kencana.

Keen, M. R., Schwarz, A. M., & Wini-Simeon, L. (2018). Towards defining the Blue Economy: Practical lessons from pacific ocean governance. Marine Policy, 88, 333–341. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2017.03.002

Nasution, Y. S. J. (2018). Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam. At-Tawassuth, Vol. 3(1).

Ningsih, R., Asyari, A., & Izmuddin, I. (2020). Pengaruh Islamic Human Capital Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 163–178.

Rosihana, R. E., Simanjuntak, M., Wahyuni, S., Hidayat, F., Hastalona, D., Nainggolan, E., Januarty, W., Elmizan, G. H., Salmiah, S., & Mistriani, N. (2024). Pengantar Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Rustandi, N. (2020). Agama Dan Perubahan Sosial Ekonomi. Tsaqofah, 18(02), 185–216.

Susanto, H. (2014). Analisis Kemampuan Keuangan Daerah Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Zikra, N. (2025). Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Pengembangan Bisnis Di PT BPRS Sungai Pua Syariah. UNCANG : Journal of Sharia Banking and Islamic Finance, 1(1), 52–63. Retrieved from https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/uncang/article/view/9339

Issue

Section

Articles