KEMAMPUAN SPASIAL MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.30983/jh.v1i2.223Abstract
Kemampuan spasial adalah kemampuan untuk berpikir melalui transformasi gambar mental. Menurut National Academy of Science (2006) berpikir spasial merupakan kumpulan dari ketrampilan-kterampilan kognitif, yaitu terdiri dari gabungan tiga unsur yaitu konsep keruangan, alat representasi, dan proses penalaran. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam belajar matematika sebagai berikut:1. Laki-laki lebih unggul dalam penalaran, perempuan lebih unggul dalam ketepatan, ketelitian, kecermatan, dan keseksamaan berpikir, 2. Laki-laki memiliki kemampuan matematika dan mekanika yang lebih baik daripada perempuan, perbedaan ini tidak nyata pada tingkat sekolah dasar akan tetapi menjadi tampak lebih jelas pada tingkat yang lebih tinggi. Sementara Maccoby dan Jacklyn (1974) mengatakan laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan kemampuan antara lain sebagai berikut:1. Perempuan mempunyai kemampuan verbal lebih tinggi daripada laki-laki, 2. Laki-laki lebih unggul dalam kemampuan visual spatial (penglihatan keruangan) daripada perempuan, 3. Laki-laki lebih unggul dalam kemampuan matematika. Mahasiswa laki-laki dominan menggunakan kemampuan spasialnya sedangkan mahasiswa perempuan kurang menggunakan kemampuan spasialnya. Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Laki-laki dan PerempuanReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur`an dan Terjemahannya, (Jakarta: CV Darus Sunnah, 2010)
Brandon, P., Newton, B.J., and Hammond,O.W. 1985. The Superiority of Girls over Boys in Mathematics Achievment in Hawaii. Paper presented at annual meeting of American Educational Research Association.
Herman Hudoyo, Mengajar Belajar Matematika, (Jakarta: DEPDIKBUD, 1998)
Herman Hudoyo, Strategi Mengajar Belajar Matematika, (Malang: IKIP Malang, 1990)
Keitel, Christine. 1998. Social Justice and Mathematics Education Gender, Class, Ethnicity and the Politics of Schooling. Berlin: Freie Universität Berlin.
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)
Krutetskii, V.A. 1976. The Psychology of Mathematics Abilities in school children.Chicago: The University of Chicago press.
Lestari, N.D.F. 2010. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika. Tesis. Surabaya: Unesa
Maccoby, E.E & Jacklin, C.N. 1974. The Psychology of Sex Differences. Stanford:Stanford University.
M. Ali Maghfur, Mutiara Hikmah Mencari Ilmu, (Surabaya: Al-Miftah, 2007)
Narwoko Dwi dan Bagong Yuryanto. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004).
Nur Imam Rahmadi Putranto, “Bumi itu datar menurut Al-Qur`an?†dalam http://www.n-imam.blogspot.com , diakses tanggal 19 Mei 2014
Nurani Soyomukti, Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)
Rendik Widyanto, “Pentingnya Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran Geometri†dalam http://www.rendik-widiyanto.blogspot, diakses 19 Mei 2014.
Syaiful Bahri Djamrah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Sugihartono. Nur, Kartika F. Farida Harahap Dkk. Psikologi Pendidikan. (Yogyakarta : UNY Press, 2007)
Susento. 2006. Mekanisme Interaksi Antara Pengalaman Kultural-Matematis, Proses Kognitif, dan Topangan dalam Reivensi Terbimbing. Disertasi. Surabaya: Unesa.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistic, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007)
Undang – undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional), (Jakarta: Sinar Grafika, 2009)
Yeni Tri Asmaningtias, Kemampuan Matematika Laki-laki dan Perempuan, (Malang: Tesis UM Tidak diterbitkan, 2009)
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).