Kemampuan Spasial Siswa Laki-Laki dan Perempuan terhadap Pemecahan Masalah Geometri

Authors

  • Merin Destiani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Iswantir UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7549

Keywords:

kemampuan spasial, metal rotation, spatial orientation

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan spasial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan kemampuan spasial antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas VIII.2 MTsN 3 Agam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial siswa laki-laki dan siswa perempuan keduanya berada pada kategori sedang. Rata-rata skor siswa laki-laki adalah 56, sedangkan siswa perempuan memiliki rata-rata skor 46, keduanya termasuk dalam kategori sedang. Dalam analisis unsur kemampuan spasial, siswa laki-laki menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dalam unsur Mental Rotation dibandingkan dengan unsur lainnya. Di sisi lain, siswa perempuan menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dalam unsur Spasial Orientation dibandingkan dengan unsur lainnya. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa laki-laki cenderung lebih unggul dalam kemampuan Mental Rotation, sementara siswa perempuan cenderung lebih baik dalam kemampuan Spasial Orientation.

References

Kartono, “Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa,†J. Mat. Kreat., vol. 1, no. 1, pp. 21–32, 2010.

T. Subroto, “Kemampuan spasial (Spatial Ability),†Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. STKIP Sebel. April Sumedang, no. April 2012, pp. 252–259, 2016.

H. Saputra, “Kemampuan Spasial Matematis,†IAI Agus Salim Metro Lampung, no. August, pp. 1–8, 2018.

C. Wulandari, “Menanamkan Konsep Bentuk (Bangun Datar),†J. Pengabdi. Masy. Ipteks, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2017.

M. Kholil and S. Zulfiani, “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa,†Educ. J. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 151–168, 2020.

H. MUSTIKA, P. ASTUTI, S. Y. NINGSIH, G. H. MEDIKA, H. T. ARJELIA, and R. FITRI, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER,†Ensiklopedia J., vol. 2, no. 2, pp. 155–164, 2020.

N. Hermita, Pembelajaran berbasis jamak di SD. deepublish, 2017.

M. Yaumi, Pembelajaran berbasis multiple intelegences. Dian Rakyat, 2012.

howard Gardner, Multiple Intelligences. tangerang: INTERAKSARA, 2015.

T. Amstrong, kecerdasan mutiple dalam kelas. indeks, 2013.

Isnaniah, “Analissi Spatial Abilities Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STAIN Bukittinggi,†Menara Ilmu, vol. 10, no. 64, pp. 89–103, 2016.

P. H. Maier, “Anual Conference of Didactics of Mathematics,†Spat. Geom. Spat. Abil. to make solid?, pp. 69–81, 1998.

H. Alimuddin and A. Trisnowali, “Logis,†J. Pendidik. Mat. 2, vol. 2, no. 2, pp. 169–182, 2018.

A. N. Wulansari, “Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,†pp. 504–513, 2019.

L. R. Gay, G. E. Mills, and P. Airasian, Educational Research. New Jerssey: Pearson Education, Inc., 2012.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. jakarta, 2013.

suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. bumi aksara, 2013.

M. C. Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Slameto, Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988.

K. Ismi, K. Al, K. R. A. Kurniawati, and H. R. P. Negara, “Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa Kelas VIII,†J. Focus Action Res. Math. (Factor M), vol. 4, no. 1, pp. 53–62, 2021, doi: 10.30762/factor_m.v4i1.3327.

S. D. Narpila, “Perbedaan Kecerdasan Spasial Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan Kelas X Sma Ypk Medan Pada Materi Geometri,†J. Prinsip Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 34–41, 2019, doi: 10.33578/prinsip.v2i1.39.

Downloads

Submitted

2023-11-18

Accepted

2023-12-30

Published

2023-12-30