Kemampuan Spasial Siswa Laki-Laki dan Perempuan terhadap Pemecahan Masalah Geometri
DOI:
https://doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7549Keywords:
kemampuan spasial, metal rotation, spatial orientationAbstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan spasial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan kemampuan spasial antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas VIII.2 MTsN 3 Agam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial siswa laki-laki dan siswa perempuan keduanya berada pada kategori sedang. Rata-rata skor siswa laki-laki adalah 56, sedangkan siswa perempuan memiliki rata-rata skor 46, keduanya termasuk dalam kategori sedang. Dalam analisis unsur kemampuan spasial, siswa laki-laki menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dalam unsur Mental Rotation dibandingkan dengan unsur lainnya. Di sisi lain, siswa perempuan menunjukkan pencapaian yang lebih tinggi dalam unsur Spasial Orientation dibandingkan dengan unsur lainnya. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa laki-laki cenderung lebih unggul dalam kemampuan Mental Rotation, sementara siswa perempuan cenderung lebih baik dalam kemampuan Spasial Orientation.
References
Kartono, “Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa,†J. Mat. Kreat., vol. 1, no. 1, pp. 21–32, 2010.
T. Subroto, “Kemampuan spasial (Spatial Ability),†Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. STKIP Sebel. April Sumedang, no. April 2012, pp. 252–259, 2016.
H. Saputra, “Kemampuan Spasial Matematis,†IAI Agus Salim Metro Lampung, no. August, pp. 1–8, 2018.
C. Wulandari, “Menanamkan Konsep Bentuk (Bangun Datar),†J. Pengabdi. Masy. Ipteks, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2017.
M. Kholil and S. Zulfiani, “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa,†Educ. J. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 151–168, 2020.
H. MUSTIKA, P. ASTUTI, S. Y. NINGSIH, G. H. MEDIKA, H. T. ARJELIA, and R. FITRI, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER,†Ensiklopedia J., vol. 2, no. 2, pp. 155–164, 2020.
N. Hermita, Pembelajaran berbasis jamak di SD. deepublish, 2017.
M. Yaumi, Pembelajaran berbasis multiple intelegences. Dian Rakyat, 2012.
howard Gardner, Multiple Intelligences. tangerang: INTERAKSARA, 2015.
T. Amstrong, kecerdasan mutiple dalam kelas. indeks, 2013.
Isnaniah, “Analissi Spatial Abilities Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STAIN Bukittinggi,†Menara Ilmu, vol. 10, no. 64, pp. 89–103, 2016.
P. H. Maier, “Anual Conference of Didactics of Mathematics,†Spat. Geom. Spat. Abil. to make solid?, pp. 69–81, 1998.
H. Alimuddin and A. Trisnowali, “Logis,†J. Pendidik. Mat. 2, vol. 2, no. 2, pp. 169–182, 2018.
A. N. Wulansari, “Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,†pp. 504–513, 2019.
L. R. Gay, G. E. Mills, and P. Airasian, Educational Research. New Jerssey: Pearson Education, Inc., 2012.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. jakarta, 2013.
suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. bumi aksara, 2013.
M. C. Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Slameto, Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988.
K. Ismi, K. Al, K. R. A. Kurniawati, and H. R. P. Negara, “Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa Kelas VIII,†J. Focus Action Res. Math. (Factor M), vol. 4, no. 1, pp. 53–62, 2021, doi: 10.30762/factor_m.v4i1.3327.
S. D. Narpila, “Perbedaan Kecerdasan Spasial Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan Kelas X Sma Ypk Medan Pada Materi Geometri,†J. Prinsip Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 34–41, 2019, doi: 10.33578/prinsip.v2i1.39.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).