Korelasi Antara Indeks Prestasi Kumulatif dan Nilai Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa

Authors

  • Zebbil Billian Tomi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi
  • Nuryanuwar Nuryanuwar Universitas Fort De Kock Bukittinggi, Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6021

Keywords:

Korelasi, Indeks Prestasi Komulatif, Praktek Pengalaman Lapangan

Abstract

This study aims to determine the correlation of the Cumulative Grade Point Average (GPA) with the value of Student Field Experience Practice (PPL) of FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi students. This research includes ex post facto correlational research. The population in this study were all participants in the Field Experience Practice (PPL) of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi in 2021, a total of 538 people. The sample size of the study was 54 people determined by simple random sampling technique. The data in this study are in the form of a Cumulative Grade Point Average (GPA) with the value of Student Field Experience Practice (PPL) for FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi students in 2021. Using correlation analysis of the Spearmans Rho test a significant value was obtained between the Cumulative Grade Point Average (GPA) and the value of Student Field Experience Practice (PPL) is 0.978. The results of the study showed that there was no significant correlation between the Cumulative Grade Point Average (GPA) and Field Experience Practice Scores (PPL) of FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi students in 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi Indeks Prestasi Komulatif  (IPK) dengan nilai Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa (PPL) mahasiswa FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tahun 2021 yang berjumlah 538 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 54 orang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data pada penelitian ini berupa Indeks Prestasi Komulatif  (IPK) dengan nilai Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa (PPL) mahasiswa FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tahun 2021. Dengan menggunakan analisis korelasi Uji Spearmans Rho diperoleh nilai signifikan antara Indeks Prestasi Komulatif  (IPK) dengan nilai Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa (PPL) yaitu 0.978. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan  antara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Nilai Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa FTIK UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tahun 2021.

References

D. P. Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV.Mitra Karya, 2003.

E. Siregar and H. Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

E. Siregar and H. Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

M. Thobroni, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media, 2015.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

E. Suherman, Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA, 2001.

W. Ahmadi, Abu; Supriyono, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

E. Mulyani, S. Wahyuningsih, I. Natalliasari, P. Matematika, and U. Siliwangi, “Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Adversity Response Profile merupakan instrumen yang valid yang dapat Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika,†vol. 8, pp. 119–130, 2019.

G. H. Medika, A. Kardena, Y. Afrida, and Z. B. Tomi, “The Correlation Among Grade Point Average to The Students ’ Comprehensive Test Score at Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Bukittinggi The Correlation Among Grade Point Average to The Students ’ Comprehensive Test Score at Faculty of Tarbiyah a,†no. January, 2019.

A. Lestari, N. Ma, and M. Ihsan, “Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar,†vol. 8, no. 1, pp. 51–60, 2020.

KEMENRISTEKDIKTI, Peraturan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi., 2015.

L. I. Bukittinggi, Pedoman Akademik IAIN Bukittinggi. Bukittinggi, 2021.

L. I. Bukittinggi, Pedoman dan Penilaian Praktek Pengalaman Lapangan. Bukittinggi, 2015.

K. Pepe, “A Research ofthe Relationship Between Study Skills of Students and their GPA,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 47, pp. 1048–1057, 2012.

S. Lutfiyah, Zakiyatul; Utaya, Sugeng; Susilo, “Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa,†J. Pendidik. Geogr., vol. 2, pp. 80–88, 2016.

S. Atikah, “HUBUNGAN ANTARA INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) DENGAN PRESTASI BELAJAR PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UNG,†Universitas Negeri Gorontalo, 2018.

G. H. Medika and Z. B. Tomi, “Hubungan Lama Studi dengan Nilai Ujian Komprehensif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi,†Sainstek J. Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, p. 1, 2020.

Downloads

Submitted

2022-11-14

Accepted

2023-01-11

Published

2022-12-31