Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Afrianti Afrianti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi
  • M. Imamuddin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.6013

Keywords:

Kecerdasan Spritual, Hasil Belajar Matematika

Abstract

In addition to intellectual intelligence and social intelligence, spiritual intelligence must be strongly possessed by students in helping and welcoming this continuously complex life. Students' spiritual intelligence is able to bridge the behavior that leads to positive student behavior. In addition, spiritual intelligence is able to lead students not only to improve student spirituality, but also be able to direct students to a better life in the world, especially in the hereafter. This study aims to determine or analyze the influence of students' spiritual intelligence on the mathematics learning outcomes of class VIII SMP Palupuh. Sampling was taken randomly with totaling 45 students. The instrument used is a spiritual intelligence questionnaire to collect data related to students' spiritual intelligence. Meanwhile, data collection on students' mathematics learning outcomes was carried out with documentation from the results of the Student Final Assessment (PAS). Data were analyzed by simple regression and hypothesis testing using t-test. The results of this study explain that the higher the religious level of students, the higher the student learning outcomes. In addition, based on the hypothesis test, it was obtained that students' spiritual intelligence had a significant effect on students' mathematics learning outcomes. It is expected that mathematics teachers are able and always develop students' spiritual intelligence by using Islamic integrated mathematics learning.

Selain kecerdasan Intelektual dan kecerdasan sosial, maka kecerdasan spritual harus kuat dimiliki oleh siswa dalam membantu dan menyongsong hidup yang terus menerus kompleks ini. Kecerdasan spritual siswa mampu menjembatani perilaku yang mengarah kepada perilaku positif. Selain itu, kecerdasan spritual mampu mengantarkan siswa tidak hanya untuk meningkatkan spritualitas, tetapi juga mampu mengarahkan diri siswa kepada kehidupan yang lebih baik di dunia dan di akhirat kelak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh kecerdasan spritual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Palupuh. Pengambilan sampel diambil secara acak yang berjumlah 45 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan spritual untuk mengumpulkan data terkait kecerdasan spritual siswa. Sedangkan pengumpulan data hasil belajar matematika dilakukan dengan dokumentasi dari hasil Penilaian Akhir Siswa (PAS). Data dianalisis dengan regresi sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat religius siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Selain itu, berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa kecerdasan spritual siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Diharapkan guru-guru matematika mampu dan selalu mengembangkan kecerdasan spritual siswa dengan pembelajaran matematika yang terintegrasi Islam.

References

G. R. Knight, Filsafat & pendidikan: Sebuah pendahuluan dari perspektif Kristen, vol., no. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009. [Online]. Available: http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/development/the-world-economy_9789264022621-en#.WQjA_1Xyu70%23page3%0Ahttp://www.sciencemag.org/cgi/doi/10.1126/science.1191273%0Ahttps://greatergood.berkeley.edu/images/application_uploads/Diener-Subje

Y. Busthomi, S. A’dlom, R. Catur, and R. Kusmayadi, “Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman,†SALIMIYA J. Stud. Ilmu Keagamaan Islam, vol. 1, no. 2, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

A. Wahab and Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001.

P. V. Sagala., B. Wibawanta, and O. D. Appulembang, “HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL (SI) DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPK KALAM KUDUS YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA [THE RELATIONSHIP BETWEEN SPIRITUAL INTELLIGENCE (SI) AND COGNITIVE LEARNING OUTCOMES OF GRADE 8 STUDENTS SMP,†JOHME J. Holist. Math. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 22–33, 2018, doi: : https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i1.1021.

M. I.- M. Imamuddin, I. Isnaniah, A. A. Annisa Aulia, Z. Zulmuqim, and S. Nurdin, “Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika,†Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 1, p. 16, 2020, doi: 10.22373/jppm.v4i1.7284.

K. H. Basuki, “Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika,†Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 2, pp. 120–133, 2015, doi: 10.30998/formatif.v5i2.332.

M. Imamuddin, S. Syahrul, and R. Dantes, “Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera Barat,†KABILAH J. Soc. Community, vol. 5, no. 1, pp. 14–25, 2020, doi: 10.35127/kbl.v5i1.3884.

M. Imamuddin, “Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa Iain Bukittinggi T.a 2016/2017,†Ekon. SYARIAH J. Econ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 34–47, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.30983/es.v1i1.448.

N. Kasanah, “HUBUNGAN SPIRITUAL QUOTIENT ( KECERDASAN SPIRITUAL ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP,†Ekuivalen, vol. 47, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i1.7850.

R. Sulastyaningrum, T. Martono, and B. Wahyono, “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritualterhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS diSMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018,†BISE J. Pendidik. Bisnis dan Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 1–19, 2019.

R. A. Noerpratama and E. S. Indrawati, “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Fakultas Sains Dan Matematika Undip,†J. Empati, vol. 8, no. Nomor 1, pp. 99–104, 2019.

M. Fitrian and Afrinaldi, “Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kec. Akabiluru,†PJPTAM, vol. 6, no. 2, pp. 10733–10740, 2022, doi: doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4129.

Jufri, Sumadin, and Ikhwan Sawaty, “Pentingnya Kecerdasan Spritual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik,†Istiqra’, vol. VI, no. 2, pp. 29–40, 2019.

M. Imron and H. Samparadja, “Pengaruh Kecerdasan Emosional , Kecerdasan Spiritual , Kecerdasan Intelektual Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah ( The Effect of Emotional Quotient , Spiritual Quotient , Intelligence Quotient , and Learning Be,†pp. 19–30, 2015.

Sambas Ali Muhidin and Dkk, Analisis korelasi, regresi dan jalur pada penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Husaini Usman, Pengantar Statistika, vol. 6, no. 1. Jakarta: Bumi Aksara, 2009. [Online]. Available: http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/development/the-world-economy_9789264022621-en#.WQjA_1Xyu70%23page3%0Ahttp://www.sciencemag.org/cgi/doi/10.1126/science.1191273%0Ahttps://greatergood.berkeley.edu/images/application_uploads/Diener-Subje

D. Zohar and I. Marshall, Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury, 2000.

Hasbi Ashshidieqy, “‘Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi,’†Penelit. Dan Pengukuran Psikol., vol. 07, pp. 70–76, 2018.

N. P. T. W. Pratiwi, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI,†Widya Akunt. dan Keuang., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2019.

E. Warti, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur,†Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 177–185, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.273.

W. Sanjaya, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetens Kota: Jakarta Penerbit: Kencana. Jakarta: Kencana, 2005.

E. Nurdiansyah, “Pengaruh Kecerdasan Spiritual , Kecerdasan Emosional , Dampak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,†J. EST, vol. 2, no. 3, pp. 171–184, 2017.

Muhammad Syawahid, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI DENGAN PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL Muhammad,†Beta J. Tadris Mat., vol. 6, no. 2, pp. 125–142, 2013.

Abdillah, “PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DAN CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN AMBON,†Integr. J. Mat. Dan Pembelajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 84–104, 2013.

M. Imamuddin, I. Isnaniah, Z. Zulmuqim, S. Nurdin, and A. Andryadi, “Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah),†AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 117, 2020, doi: 10.29240/jpd.v4i2.1928.

Tobroni, “Spiritual Leadership: a Solution of the Leadership Crisis in Islamic Education in Indonesia,†Br. J. Educ., vol. 3, no. 11, pp. 40–53, 2015.

Downloads

Submitted

2022-11-11

Accepted

2022-12-31

Published

2022-12-31