Pengaruh Habit of Mind dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v2i2.5954

Keywords:

Habit of Mind, Self-Efficacy, Pemecahan Masalah Matematis.

Abstract

This study aimed to determine the effect of the habit of mind and self-efficacy on students' mathematical problem-solving abilities. The approach used is quantitative with the ex post facto method. The population in this study were all eighth-grade students at one of the SMP in Bekasi city. The sample taken amounted to 69 students. The instrument used is a test in the form of a description of the problem-solving ability, a habit of mind questionnaire, and a self-efficacy questionnaire. Simple and multiple linear regression analysis was used to analyze the data in this study. Based on the results of the study, it can be concluded that the influence of habit of mind on mathematical problem-solving abilities is equal to 22.1%, and there is an influence of self-efficacy on mathematical problem-solving abilities that is equal to 22.9%. Furthermore, there is an influence of habit of mind and self-efficacy on mathematical problem-solving ability, which is 34.7%. Thus, it is found that habits of mind and self-efficacy significantly affect students' mathematical problem-solving abilities.


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh habit of mind dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bekasi. Sampel yang diambil berjumlah 69 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal uraian tentang kemampuan pemecahan masalah, angket habit of mind, dan angket self-efficacy. Analisis regresi linear sederhana dan berganda digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh habit of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 22,1%, terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 22,9%. Selanjutnya, terdapat pengaruh habit of mind dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 34,7%. Dengan demikian, diperoleh bahwa habit of mind dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Ernawati, R. Zulmaulida, E. Saputra, and M. Irham, Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

U. Umbara, Psikologi Pembelajaran Matematika (Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). Deepublish, 2017.

G. Roebyanto and S. Harmini, Pemecahan Masalah Matematika, 1st ed. Remaja Rosdakarya PT, 2017.

N. C. of T. of M. NCTM, Principles and Standards for Schools Mathematics. 2000.

R. Rezita and T. Rahmat, “Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika,†Lattice J. J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 1, p. 79, 2022, doi: 10.30983/lattice.v2i1.5062.

H. Susanto, Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Deepublish, 2015.

J. Ermita, “Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuk Basung,†Lattice J. J. Math. Educ. Appl., vol. 1, no. 1, p. 24, 2022, doi: 10.30983/lattice.v1i1.4971.

M. Bernard, N. Nurmala, S. Mariam, and N. Rustyani, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar,†SJME (Supremum J. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 77–83, 2018, doi: 10.35706/sjme.v2i2.1317.

Y. Gusmania and Marlita, “Pengruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matmatis Siswa Kelas X SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015," Pythagoras, vol. 5, no. 2, pp. 151–157, 2016.

G. Polya, How to Solve It. New Jersey: Pricenton University Press, 1995.

P. Akbar, A. Hamid, M. Bernard, and A. I. Sugandi, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 144–153, 2017, doi: 10.31004/cendekia.v2i1.62.

H. D. Putra, N. F. Thahiram, M. Ganiati, and D. Nuryana, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang,†JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, p. 82, 2018, doi: 10.25273/jipm.v6i2.2007.

D. V. Anggraini, “Hubungan Antara Mathematics Anxiety Dan Habits Of Mind Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang,†Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, 2020.

G. Dwirahayu, D. Kustiawati, and I. Bidari, “Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis,†J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 11, no. 2, pp. 1–13, 2018, doi: 10.30870/jppm.v11i2.3757.

A. R. Darmanita and A. Khair, “Hubungan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika SD,†vol. 001, no. 1, 2017.

A. Mawardi, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ( Survei Pada SMP Swasta di Kabupaten Bekasi ),†vol. 2, no. 2, pp. 171–178, 2019.

Asra, “Pengaruh Self Concept Matematis Habit Of Mind Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar,†2018.

A. Subaidi, “Self-efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika,†Sigma, vol. 1, no. 2, pp. 64–68, 2016, [Online]. Available: doi: http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v1i2.68.

A. Bandura, W. H. Freeman, and R. Lightsey, “Self-Efficacy: The Exercise of Control,†Journal of Cognitive Psychotherapy, vol. 13, no. 2. pp. 158–166, 1999, doi: 10.1891/0889-8391.13.2.158.

N. Indriani, E. Rukmigarsari, and S. S. Faradiba, “Pengaruh Self Efficacy Dan Independent Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas Viii Smp Ybpk Pujiharjo,†J. Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, vol. 16, no. 30, pp. 107–111, 2022, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14694.

D. Pratiwi, M. Suendarti, and Hasbullah, “Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,†JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, p. 117, 2019, doi: 10.30998/jkpm.v5i1.5329.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Mutia, “Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Bathin Solapan Pelajaran 2020/2021,†Institut Agama Islam (IAIN) Bukit Tinggi, 2021.

A. Kurniasari, “Pengembangan Pembelajaran Novick Dengan Strategi Mathematical Habits Of Mind Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,†Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.

I. A. V. Yandari, S. Supartini, A. S. Pamungkas, and E. Khaerunnisa, “The Role of Habits of Mind (HOM) on Student’s Mathematical Problem Solving Skills of Primary School,†Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 47–57, 2019, doi: 10.24042/ajpm.v10i1.4018.

N. Nurmala, E. E. Rohaeti, and R. Sariningsih, “Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp,†J. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 163–168, 2018, [Online]. Available: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/41.

L. Moma and W. O. Dahiana, “Pengembangan Habits Of Mind Matematis Mahasiswa Dalam Perkuliahan Geometri Analitik Ruang,†Pros. SEMNAS Mat. Pendidik. Mat. IAIN Ambon, pp. 142–150, 2018.

S. Somawati, “Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,†J. Konseling dan Pendidik., vol. 6, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.29210/118800.

Downloads

Submitted

2022-09-30

Accepted

2023-01-13

Published

2022-12-31