The Influence of Religiosity, Zakat Knowledge and Social Media on the Interest in Paying Zakat of Educated Millennial Muslims

Authors

  • Syarif Hidayatullah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Asyari Asyari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v7i2.8084

Keywords:

Religiosity, Zakat Knowledge, Social Media, Intention to Pay Zakat

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, pengetahuan tentang zakat dan penggunaan media sosial terhadap minat muslim millenial terdidik untuk membayar zakat. Metode studi yang digunakan adalah penelitian korelasional (correlation research) dengan jumlah total responden sebanyak 222 orang yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi Islam Negeri di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, lalu dianalisis dengan metode Partial Least Square Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menemukan bahwa religiusitas mempengaruhi minat untuk membayar zakat. Pengetahuan zakat mempengaruhi minat membayar zakat. Media sosial tidak memiliki pengaruh terhadap minat membayar zakat dengan arah hubungan positif. Studi ini merekomendasikan strategi untuk meningkatkan minat membayar zakat dari generasi muslim millenial terdidik dengan cara memperhatikan tingkat religiusitas dan pengetahuan zakat serta informasi zakat yang tersedia pada media sosial generasi millenial muslim terdidik

This study was conducted to analyse the influence of religiosity, knowledge about zakat, and the use of social media on the interest of educated millennial Muslims to pay zakat. The study method used is correlation research with a total of 222 respondents who are students from the Faculty of Islamic Business Economics from three (three) state Islamic universities in West Sumatra. The data collection method was carried out by distributing questionnaires, which were then analysed by the partial least squares equation modelling (PLS-SEM) method using the SmartPLS 4 application. The results found that religiosity affects interest in paying zakat. Zakat knowledge affects the interest in paying zakat. Social media does not influence interest in paying zakat with a positive relationship direction. This study recommends strategies to increase the interest in paying zakat of the educated millennial Muslim generation by paying attention to their level of religiosity and zakat knowledge, as well as the zakat information available on social media.

 

References

Abidin, M. Z. (2020). Kedudukan Zakat Dalam Islam Perspektif al-Qur’andan Hadis. La Zhulma| Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 29–43.

Afiyana, I. F., Nugroho, L., Fitrijanti, T., & Sukmadilaga, C. (2019). Tantangan pengelolaan dana zakat di indonesia dan literasi zakat. Akuntabel, 16(2), 222–229.

Agit, A., Putra, I., Putra, G. K., Prameswari, F. D., Hani, U., Pudjiastuti, A., Nugroho, M., Astuti, F. Y., Pratiwi, N. A., & Nuryakin, R. A. (2024). Pengantar Manajemen Usaha. PT Penamuda Media.

Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media sosial dan tantangan masa depan generasi milenial. Avant Garde, 8(2), 134–148.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Ajzen, I. (2005). ttitudes, Personality, and Behavior. 2nd Edition. Open University Press.

Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324.

Aligarh, F., Nugroho, A., Raharja, B. S., Pratama, B. C., & Wirayuda, A. W. (2021). Do Individual Factors, Religiosity Factors, and Demographic Factors Predict Intention to Pay Zakat? Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 5(1), 151–165.

Anggita, A., & Yuliafitri, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat. ISEI Accounting Review, 4(1), 8–13.

Arifin, J. (2020). Budaya kemiskinan dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(2), 114–132.

Arifin, M. Z. (2021). Filantropi zakat; kajian sosio-historis dan dampaknya terhadap kesejahteraan sosial. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 4(1), 1–12.

Basyirah, L., Hapsara, O., & Hamidah, S. (2023). KONSEP BISNIS ISLAM. Mafy Media Literasi Indonesia.

Baznas. (2023). Outlook Zakat Indonesia 2023. Puskas Baznas.

BPS. (2023). Profil Kemiskinan di Indonesia Tahun 2023.

Cahyani, U. E., Sari, D. P., & Afandi, A. (2022). Determinant of behavioral intention to use digital zakat payment: The Moderating Role of Knowledge of Zakat. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 9(1), 1–16.

Dann, S., & Dann, S. (2017). E-marketing: theory and application. Bloomsbury Publishing.

Febrianti, B., & Yasin, A. (2023). Pengaruh Literasi Zakat, Altruisme, dan Citra Lembaga terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Lazis Nurul Falah Surabaya dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2921–2939.

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(1), 101–116.

Haki, U. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga terhadap minat Muzakki dalam membayar Zakat Fitrah. Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 4(1), 81–97.

Hakimi, F., Widiastuti, T., Al Mustofa, U. M., & Al Husanaa, R. (2021). Positive Effect of Attitude, Peer Influence, and Knowledge Zakat on Zakat Compliance Behavior: Update in Covid 19. Journal of Islamic Economic Laws, 4(2), 1–16.

Hasanah, U., Maghfur, M., & Qomar, M. N. (2021). Literasi Zakat: Interpretasi Masyarakat Terhadap Kewajiban Membayar Zakat. Journal of Islamic Social Finance Management, 2(1), 83–92.

Karim, A., Mudhofi, M., & Arwani, W. (2020). Analisis spasial potensi zakat dan kemiskinan di indonesia. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 13(2), 117–130.

Kurniaputri, M. R., Dwihapsari, R., Huda, N., & Rini, N. (2020). Intensi Perilaku dan Religiusitas Generasi Millenials terhadap Keputusan Pembayaran ZIS melalui Platform Digital. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 15–22.

Maghfirah, F. (2020). Peningkatan Perolehan Dana Zakat Melalui Penggunaan Teknologi Online. Az Zarqa, 12(2), 57–76.

Mukhibad, H., Fachrurrozie, F., & Nurkhin, A. (2019). Determinants of the intention of muzakki to pay professional zakat. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 8(1), 45–67.

Mulyono, D., N. (2016). The Influence of Social Media in Brand Awereness, Word of Mouth, Intention and Donation Decisionat Rumah Zakat. Jurnal Aplikasi Manajemen, 1(2), 12–23.

Murobbi, M. N., & Usman, H. (2021). Pengaruh Zakat, Infak Sedekah, dan Inflasi Terhadap Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(2), 847–856.

Nasution, M. S., & Razali, R. (2021). Zakat dan keadilan sosial: analisis terhadap kitab al-amwal karangan Abu Ubaid. At-Tijarah, 3(1), 13–24.

Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat pada BAZNAS di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 1–9.

Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret generasi milenial pada era revolusi industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187–197.

Purwadani, E., & Ridwan, A. A. (2022). Millennial Intention to Pay Zakat: The Effect of Religiosity and Attitudes. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 9(1), 73–92.

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Rosihana, R. E., Simanjuntak, M., Wahyuni, S., Hidayat, F., Hastalona, D., Nainggolan, E., Januarty, W., Elmizan, G. H., Salmiah, S., & Mistriani, N. (2024). Pengantar Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Saad, R. A. J., Farouk, A. U., & Abdul Kadir, D. (2020). Business zakat compliance behavioral intention in a developing country. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(2), 511–530.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Sukrianto, M. (2023). Minat Berzakat Generasi Milenial Indonesia. Jurnal Analisis Kebijakan Kementerian Agama, 1(2), 210–221.

Syafira, F. N., Ratnasari, R. T., & Ismail, S. (2020). The Effect of Religiosity and Trust on Intention to Pay in ZISWAF Collection Through Digital Payments. JEBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), 98–115.

Ulum, R. F., & Cahyono, E. F. (2020). Evaluasi persepsi muzakki tenaga kependidikan universitas airlangga tentang keimanan, pendapatan, kepercayaan dan citra lembaga terhadap minat membayar zakat profesi. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(10), 1961–1976.

Zahara, M. N., Wildan, D., & Komariah, S. (2020). Gerakan hijrah: Pencarian identitas untuk muslim milenial di era digital. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 52–65.

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 48. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2812

Downloads

Additional Files

Submitted

2024-02-01

Accepted

2024-02-21

Published

2023-12-31