The Effect of Entrepreneurship Attitude and Knowledge on Entrepreneurial Intention of Students

Authors

  • Harfandi Harfandi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulhelmi Zulhelmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Era Sonita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v6i1.5562

Keywords:

Attitude, Knowledge of Entrepreneurship, intention in entrepreneurship. sikap, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha

Abstract

Intention in entrepreneurship is the basis in the formation of the entrepreneurial spirit of students, while intention in entrepreneurship itself can be influenced by entrepreneurial knowledge. For this reason, FEBI UIN Bukittinggi students are expected to be able to master entrepreneurial knowledge as a provision in entrepreneurship, which can be obtained through; entrepreneurship training, entrepreneurship practicum, and Student Entrepreneurship Program (PWM) held by the institution. The purpose of this study was to examine and analyze the effect of entrepreneurial attitudes and knowledge on entrepreneurial intention in FEBI UIN Bukittinggi students. The research sample was drawn by quota random sampling based on a balanced proportion of the existing study programs at FEBI. Respondents are students who will graduate (at least semester IV for DIII, and semester VI for S1), for the three study programs contained in FEBI UIN Bukittinggi, totaling 136 people. The results showed that entrepreneurial attitude had no effect on entrepreneurial intention, while entrepreneurial knowledge had an influence on entrepreneurial intention in FEBI UIN Bukittinggi students.

 

Minat berwirausaha menjadi dasar dalam pembentukan jiwa kewirausahaan mahasiswa, sedangkan  minat berwirausaha itu sendiri  dapat dipengaruhi oleh pengetahuan kewirausahaan. Untuk itu mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi diharapkan dapat menguasai pengetahuan kewirausahaan sebagai bekal dalam berwirausaha, yang dapat diperoleh  melalui;  pelatihahan kewirausahaan, pratikum kewirausahaan, dan Program Wirausaha Mahasiswa (PWM) yang diadakan oleh lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menguji dan menganalisa pengaruh sikap dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi. Adapun sampel penelitian ditarik dengan quota random sampling berdasarkan proporsi berimbang pada program studi yang ada pada FEBI. Responden adalah mahasiswa yang akan diwisuda (minimal semester IV untuk DIII, dan semester VI pada S1), untuk tiga program studi yang terdapat pada FEBI UIN Bukittinggi yang berjumlah 136 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sikap kewirausahaan tidak memiliki pengaruh pada minat berwirausaha, sedangkan pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi.

References

Adnyana, I., and N. Purnami, ‘Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5.2 (2016), 253915

Anam, Muhammad Syariful, Mochlasin Mochlasin, Wina Yulianti, Iqmahanis Afisa, and Niken Ayu Safitri, ‘Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Berwirausaha’, Jurnal Ilmu Manajemen, 9.4 (2021), 1369–82 <https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1369-1382>

Apriyeni, Deltri, Wati, and Meri Rahmania, ‘Analisis Biaya Produksi Dan Keuntungan Bagi Peternak Muslim Di Kawasan Sentra Deltri Apriyeni Wati Meri Rahmania Abstrak Pendahuluan Terbentuknya Kawasan Sentra Produksi Ini Didasarkan Kepada Kegiatan Ekonomi Yang Berkembang Di Suatu Wilayah , Seperti ; B’, EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4.2 (2020), 196–207

Ayuni, Annesya Dhyta, and - Kustini, ‘Kontribusi Pendidikan Kewirausahaan dan Internal Locus of Control Terhadap Intensi Kewirausahaan (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur)’, Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7.2 (2020), 152–60 <https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9140>

Berwirausaha, Minat, Siswa Smkn, Kota Jambi, Khairinal Khairinal, and Siti Syuhadah, ‘KEWIRAUSAHAAN , DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP’, 3.1 (2022), 163–74

Bharata, Wira, ‘Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Usaha Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)’, Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2.2 (2019), 98 <https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3985>

Bungatang, and Nourhalima, ‘Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Usaha ’, Jurnal Mirai Management, Volume 5.Issue 2 (2020), 256–66

Dhania, Rama, ‘Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Praktek Kewirausahaan Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa’, Manajemen Dan Kewirausahaan, 9.2 (2018), 64 <https://doi.org/10.31317/jmk.9.2.64-76.2018>

Gultom, Elida, ‘Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi …’, Journal of Business and Economics Research …, 2.2 (2021), 40–46

Harie, Subhan, and Westri Andayanti, ‘Pengaruh Motivasi Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa’, Intelektium, 1.2 (2020), 107–14 <https://doi.org/10.37010/int.v1i2.187>

Kurnia, Dede, Kusnendi, and Chairul Furqon, ‘Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Wirausaha’, 2018, 6.2 (2018), 48–56

Made, Ni, ‘Peran Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha’, 4.1 (2020), 13–24

Marfuah, Marfuah, ‘Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan , Motivasi Berwirausaha Dan Menanamkan Jiwa Leadership Terhadap Minat Berwirausaha’, SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7.1 (2021), 1–12 <https://doi.org/10.37842/sinau.v7i1.56>

Maullah, Siti, and Mohammad Rofiuddin, ‘Mengukur Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior Dan Religiusitas’, Journal of Management and Digital Business, 1.2 (2021), 105–21

Munawar, Asep, and Nono Supriatna, ‘Pengaruh Sikap Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa’, OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II (2018), 14–23 <https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.916>

Munthe, Marabona, and Mohd Winario, ‘Perception of Riau Muslim Entrepreneurs on the Merger of Islamic Commercial Banking into Indonesian Islamic Bank’, EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 5.2 (2022), 98–111

Nurhayati, Ade, ‘Implementasi Jiwa Wirausaha Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswi Purwakarta’, Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7.2 (2020), 87–94 <https://doi.org/10.34308/eqien.v7i2.141>

Pormes, Ludwina, and Selly Sipakoly, ‘Pengaruh Sikap Dan Motivasi Terhadap Niat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ambon)’, Jurnal Maneksi, 8.2 (2019), 204–12

Prasetya, Hendra -, and Hendra - Prasetya, ‘Pengaruh Sikap Dan Pendidikan Kewirausahaan Pada Minat Berwirausaha’, EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9.1 (2021), 81–89 <https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i1.506>

Puteri, H E, ‘Menentukan Populasi Dan Sampel Dalam Riset-Riset Ekonomi Dan Perbankan Islam’, Retrieved Oktober, 15 (2020), 2020

Rahmadani, Rafika, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Kewirausahaan(Entrepreneurship Education) Di Perguruan Tinggi Negeri Kota Bandung’, SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1.1 (2018), 47–53 <https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9522>

Sanchaya Hendrawan, Josia, and Hani Sirine, ‘PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan)’, AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02.03 (2017), 2477–3824

Sari, Bida, and Maryati Rahayu, ‘Pengaruh Lingkungan, Pendidikan Kewirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI’, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 2.3 (2020), 23

Sekaran, Uma, and Roger Bougie, Research Methods for Business: A Skill Building Approach (John Wiley & Sons, 2016)

Selvi, Evi, and Dewi Untari, ‘Sikap Motivasi Dan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Kridatama’, Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3.1 (2019), 51–60 <https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5102>

Siti, Aslimah, Nur Aini Lia, and Romadona Ugik, ‘Jurnal Inovasi Penelitian’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1.1 (2017), 37–42

Studi, Program, Pendidikan Ekonomi, and Universitas Hamzanwadi, ‘Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Kewirausahaan Lintas Prodi’, 5.2 (2021), 365–75 <https://doi.org/10.29408/jpek.v5i2.4842>

Suarjana, Anak Agung Gde Mantra, and Luh Mei Wahyuni, ‘Faktor Penentu Minat Berwirausaha Mahasiswa (Suatu Evaluasi Pembelajaran)’, Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13.1 (2017), 11–22 <https://doi.org/10.31940/jbk.v13i1.687>

Sulastri Rini Rindrayani, ‘Pengaruh Praktik Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga Dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Tulungagung’, Jurnal Pendidikan Ekonomi …, Kewirausah (2017), 37–53

Sumarno dan Gimin, ‘Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 Di Indonesia’, JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13.2 (2019), 1 <https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.12557>

Wirawati, Nydia, Cliff Kohardinata, and Deandra Vidyanata, ‘Analisis Sikap Kewirausahaan Sebagai Mediasi Antara Pendidikan Kewirausahan Terhadap Intensi Kewirausahaan Di Universitas Ciputra’, Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3.6 (2019), 709–20

Yusuf, Ramayani, Heny Hendawati, and Lili Adi Wibowo, ‘Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1.2 (2020), 506–15 <https://doi.org/10.38035/JMPIS>

Submitted

2022-05-16

Accepted

2022-07-18

Published

2022-07-24