The Development of Environment-Based Audio-Visual Teaching Materials in Science and Social Learning
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v9i1.8694Keywords:
Audio Visual, Teaching Materials, Science, DevelopmentAbstract
The lack of teacher creativity in creating enjoyable learning means that students do not participate fully in the learning process because they only use lecture approaches and printed books as learning resources. One of the new innovations in this research is producing learning resources in the form of environment-based audio-visual teaching materials. The research and development (R&D) approach used in this research uses a 3D development model starting from define, design and develop. 10 grade IV students participated in research conducted at SDK Majamere. Media experts and material experts carried out data analysis. The information collected consists of quantitative data from expert validation results, teacher and student questionnaire responses, as well as qualitative data from assessor recommendations and comments. The validated presentation obtained a percentage of 88% from material experts, 82% from media experts, and 85% from language experts. The student questionnaire response was 82%, while the teacher response was 83% and 81%. The research conclusion shows that the environment-based audio visual teaching materials developed have a very suitable level of validation so they are good for use in class IV in elementary school science and social subjects
Abstrak
Kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa tidak berpartisipasi penuh dalam proses pembelajaran, karena hanya menggunakan pendekatan ceramah dan buku cetak sebagai sumber belajar. Salah satu inovasi baru dalam penelitian ini adalah menghasilkan sumber belajar berupa bahan ajar audio visual berbasis lingkungan. Pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D yang dimulai dari pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Sebanyak 10 siswa kelas IV berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan di SDK Majamere. Ahli media dan ahli materi melakukan analisis data. Informasi yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dari hasil validasi ahli, respon kuesioner guru dan siswa, serta data kualitatif dari rekomendasi dan komentar penilai. Presentasi yang divalidasi memperoleh persentase 88% dari ahli materi, 82% dari ahli media, dan 85% dari ahli bahasa. Respon kuesioner siswa sebesar 82%, sedangkan respon guru sebesar 83% dan 81%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar audio visual berbasis lingkungan yang dikembangkan memiliki tingkat validasi yang sangat layak sehingga baik untuk digunakan di kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan IPS sekolah dasar.
References
Aulia Muthiatus Sa’adah, and Mohammad Rofiq, ‘Pengembangan Bahan Ajar Audio Visual Menggunakan Animasi Dan Film Kartun Dengan Aplikasi Filmora Pada Materi Interaksi Sosial Kelas 3 MI/SD’, Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 10.2 (2024) <https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9454>
Gita Astuti, Dewi, and Sri Wahyu Andayani, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Pada Mata Pelajaran Boga Dasar’, Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9.1 (2023), 1–11 <https://doi.org/10.30738/keluarga.v9i1.12913>
Humayra*, Fajrina, Sulastri Sulastri, and Abdul Gani, ‘Persepsi Pendidik Terhadap Pembelajaran IPA Secara Terpadu Di SMP/MTs Kota Banda Aceh’, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10.4 (2022), 717–39 <https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013>
Ichsan, Jazilatur Rahmah, Maya Ayu Putri Suraji, Firda Anistasya Rosyada Muslim, Walimatus Aulia Miftadiro, and Nur Aini Fara Agustin, ‘Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 2021
Kaniawati, Elsa, Meisya Edlina Mardani Mardani, Shania Nada Lestari, Ulan Nurmilah, and Usep Setiawan, ‘Evaluasi Media Pembelajaran’, Journal of Student Research (JSR), 1.2 (2023)
Kua, Maria Yuliana, ‘Tabung Suntik Untuk Hukum Boyle, Simulasi Pengukuran Tekanan Udara Dengan Real World Problem Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah’, IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 4.2 (2021) <https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.225>
Kua, Maria Yuliana, Yanuarius Ricardus Natal, Yuvensia S. Sui, Maria H. Mego, Angelina Mori, Herman J. Ago Ladja, and others, ‘Pendampingan Belajar Berbasis Game Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sdk Niodede’, Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 1.3 (2023) <https://doi.org/10.38048/jckkn.v1i3.2158>
Kurnia, Feni Kurnia, and Yuanita, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis STEM Pada Tema Peduli Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar’, Cendekiawan, 5.2 (2023) <https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i2.300>
Lopa, Sebastiana Beo, Maria Yuliana Kua, Mahendra Dinatha, and Lawe Yosefina Uge, ‘Pengembngan Bahan Ajar Ipa Berpendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii’, Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 4.1 (2024), 1469–76
Lusidawaty, Vivi, Yanti Fitria, Yalvema Miaz, and Ahmad Zikri, ‘Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4.1 (2020) <https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333>
Magdalena, Ina, Fitri Ramadanti, Rideva Az-Zahra, Kata Kunci, : Belajar, and Bahan Ajar, Analisis Bahan Ajar dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci 20, Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2021, III
Maslina, A., A., B. Saputro, and R. Kusumawati, E., ‘Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar’, Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7.1 (2020)
Meduri, Ni Rury Heranda, Rangga Firdaus, and Helmy Fitriawan, ‘Efektifitas Aplikasi Website dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik’, Akademika, 11.02 (2022) <https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272>
Nggia, Saferin Goldiana, Maria Yuliana Kua, and Dek Ngurah Laba Laksana, ‘Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Materi Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bagi Siswa Smp Kelas Viii’, Jurnal Citra Pendidikan, 3.1 (2023), 708–14 <https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1104>
Ni Wayan Suparmi1, Ngurah Mahendra Dinatha2, Maria Yuliana Kua3, ‘Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Pada Materi Tata Surya’, Jurnal Kependidikan, 13.3 (2024)
Nonggi, F., Kua, M. Y., & Laksana, D. N. L., ‘Pengembangan Bahan Ajar IPA Dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Untuk Ssiswa SMP Kelas VII’, Jurnal Citra Pendidikan, 1.4 (2021), 1–10
Nugraha, Mohammad Fahmi, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Meiliana Nurfitri, and others, ‘Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1.1 (2020)
Nuryasana, Endang, and Noviana Desiningrum, ‘Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1.5 (2020) <https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177>
Rafikayati, Ana, Sambira Sambira, and Muhammad Muhyi, ‘Pengembangan Bahan Ajar Audio Dalam Pembelajaran Daring Untuk Mahasiswa Tunanetra Di Universitas PGRI Adi Buana’, Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6.2 (2020) <https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p120-124>
Rahmi, Aisyah Sabilla, Siti Fatiya Rosyidah, Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh, Ika Damayanti, Shabrina Salsabila, and Istiningsih Istiningsih, ‘Pengembangan Profesionalitas Guru Dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2.2 (2022) <https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.400>
Siswanto, Maya Afriana, and Ratnawati Susanto, ‘Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7.3 (2022) <https://doi.org/10.29210/30032101000>
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pasu, Maria Yuliana Kua, Afrianus Gelu, Ngurah Mahendra Dinath
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).