Pengembangan Bahan Ajar Menulis Makalah dan Laporan Penelitian pada Program Studi PBSI di Universitas Baturaja

Authors

  • Muhamad Doni Sanjaya Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.30983/educative.v4i1.1104

Keywords:

development, textbooks, writing papers, research reports, teaching, materials

Abstract

This study aims to (1) describe the need for textbook in writing learning to write papers and research reports that’s become as the development of instructional material, (2) design an appropriate textbook to students’ needs analysis, (3) develop the textbook of writing papers and research reports at the two-semester, Study Program of Language and Literature Indonesian, Faculty of Teacher Training and Education, University of Baturaja, and, (4) determine the potential effects of writing papers and research reports development of textbook on learning outcomes. This study is a research and development. Subjects in this study were students of Language and Literature Indonesian, the Faculty of Teacher Training and Education, University of Baturaja amounted to 23 students. The results of the research indicated that the textbook writing papers and research reports as the result of this development have the potential effects to influence and improve student’s understanding of the materials on the course of writing in a university

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan buku teks dalam pembelajaran menulis makalah dan laporan penelitian yang dijadikan bahan ajar pengembangan, (2) merancang buku teks yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa, (3) mengembangkan buku teks menulis makalah dan laporan penelitian di semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja, (4) mengetahui pengaruh potensial pengembangan buku teks menulis makalah dan laporan penelitian terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja sebanyak 23 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks Menulis Makalah dan Laporan Penelitian hasil pengembangan ini mempunyai pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi menulis di perguruan tinggi.


References

B.Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Dick, Walter, Lou Carey, dan James O. Carey, The Systematic Design of Instruction, (Boston: Pearson, 2005)

Ghazali, A Syukur, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2010)

Hasnun, Anwar, Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis, (Yogyakarta: Absolut, 2004)

Khalid, Teknik Pembelajaran Writing dalam Bahasa Inggris, (Medan: Majalah Ukhuwah Universitas Al–Washliyah, 2011)

Kuncoro, Mudrajat, Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku, (Jakarta: Erlangga, 2009)

Nurjamal, Daeng. 2011, Terampil Berbahasa, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Tompkins, G.E, Teaching Writing: Balancing Process and Product, (New York: Macmillan College Publishing Company, Inc, 1994)

Tomlinson, Brian. (Ed), Materials Development in Language Teaching, (Cambridge: Cambridge University Press, 1998)

UPI, Media Pembelajaran, (Bandung: UPI, 2007)

Jurnal Ilmiah

Meilan, Asanti, Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA, Jurnal Kredo, Vol 1, No 2, April 2018, h. 71.

Kristian, Nova, Pengembangan Bahan Ajar

Menulis Laporan Penelitian Berbasis

Pengayaan Skemata Bacaan, Jurnal

Pendidikan Pascasarjana Universitas

Negeri Malang, Vol 2, No 2, Februari

, h. 203.

Zuriah, Nurul, IBM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal, Jurnal Dedikasi, Vol 13, Mei 2016, h. 40.

Inawati, Sanjaya, Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU, Jurnal Bindo Sastra, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, h. 174.

Inawati, Sanjaya, Efektivitas Bahan Ajar Mari Membaca Cepat Pada Pembelajaran Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri, Jurnal Lentera Kependidikan, Vol. 2, No. 1, 2017, h. 3.

Romansyah, Khalimi, Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurnal Logika, Vol. XVII, No. 2, Agustus 2016, h. 62.

Kantun, Sri, Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi Yang Digunakan Oleh Guru Di SMA Negeri 4 Jember, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. IX, No. 2, Mei 2015, h. 134.

Muqodas, Zaenal, Rizal, Desain dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi, Journal Of Mechanical Engineering, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, h. 108.

Sanjaya, Doni, Muhammad, Pengembangan Bahan Ajar Menulis Ringkasan dan Ikhtisar Pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis FKIP Universitas Baturaja, Jurnal Educative, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2018, h. 6.

Rojaki, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu, Jurnal Ilmiah Guru, No. 2, November 2012, h. 59.

Mahmud, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol 1, No. 2, November 2017, h. 33.

Herlili, Tinjauan Tentang Kemampuan Menulis Surat Edaran Pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Bandar Lampung, Jurnal Lentera Kependidikan, Vol 1, 2017, h. 131.

Azmussya’ni, Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di SDN 3 Sakra, Jurnal Prima Edukasia, Vol 2, No 1, 2014, h. 2.

Kurniadi, Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1, No. 2, Desember 2017, h. 269.

Khairani. Fadilah. Firman & Zikra, ‘Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Agresivitas’, Jurnal Ilmiah Konselor, 3.Agresivitas (2015), 7

Al Mufti, Alex Yusron, ‘Komparasi Hasil Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Inklusi Dan Homeschooling’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3.2 (2018), 188 <https://doi.org/10.30983/educative.v3i2.547>

Sesmiarni, Zulfani, Junaidi Junaidi, Darul Ilmi, and Wedra Aprison, ‘the islamic education strategies inlocal culture perspective of west sumatera society’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3.1 (2018), 30 <https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.674>

Downloads

Submitted

2019-01-12

Accepted

2019-03-31

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles