The Implementation of Cooperative Learning Method: Revitalizing the Learning Process of Islamic Religious Eduation
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v9i2.8677Keywords:
Student Engagement, Student Activeness, Cooperative LearningAbstract
Good classroom management is the key to creating active learning in Islamic Religious Education (IRE) learning. Cooperative learning is an alternative method for teachers to revitalize IRE learning to be more enjoyable and increase student activity. The purpose of this study was to evaluate the impact of the cooperative learning method in increasing student activity in IRE learning in schools, especially at SMP Putra Pakuan Bogor. The research method used in this study was a descriptive qualitative approach with observation and interviews with teachers and students as data collection techniques. Data were analyzed using thematic analysis to identify core themes related to student activity in IRE learning. The results showed that the application of the cooperative learning method succeeded in increasing student activity in IRE learning in schools. By creating a fun learning environment, students become active participants in learning so that it has an impact on students in understanding the material more easily. From this study, the author recommends that teachers consistently apply the cooperative learning method in IRE learning to continue to increase student activity and understanding of the material being taught.
Pengelolaan kelas yang baik menjadi kunci untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Cooperative learning menjadi alternatif metode bagi guru untuk merevitalisasi pembelajaran PAI menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak metode pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam Pembelajaran PAI di sekolah, khususnya di SMP Putra Pakuan Bogor. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi dan wawancara terhadap guru dan siswa sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema inti yang terkait dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learning berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI di sekolah. Dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa menjadi aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga hal tersebut berdampak pada siswa dalam memahami materi menjadi lebih mudah. Dari penelitian ini penulis merekomendasikan agar guru secara konsisten menerapkan metode cooperative learning dalam pembelajaran PAI untuk terus meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
References
Journal
Antika, Defi, Eka Yusnaldi, Khairunnisa Khairunnisa, Nurul Sakinah, Wahyu Azhari, and Yuli Deliyanti, ‘Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Terhadap Pembelajaran IPS’, El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4.3 (2024), 142–47
Anwar, Niptahul, Tajriyan Nur Romadhon, Aris Sandro, and Khikmawanto Khikmawanto, ‘Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Dalam Mendorong Kreativitas Siswa’, JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4.3 (2023), 208–14
Arbain, Arbain, Novi Anjani, La Ode Sirad, and Halidin Halidin, ‘Meningkatkan Keaktifan, Komunikasi, Kolaborasi, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model PBL’, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 15.1 (2024), 141–54
Arifin, Nur, ‘Pemikiran Pendidikan John Dewey’, As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2.2 (2020), 168–83
Astuti, Yeni Puji, Agus Wahdian, and Jamilah Jamilah, ‘Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Teknik Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.3 (2024), 8
Baharun, Hasan, and Zulfaizah, ‘Revitalisasi Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah’, Elementary: Islamic Teacher Journal, 6.1 (2018), 43–62
Christy, Nirena Ade, ‘Revitalisasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19’, ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1.1 (2020), 1–15
Fadli, Muhammad Rijal, ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21.1 (2021), 33–54
Handayani, Ucik Fitri, ‘Analisis Hambatan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Matematika’, Jurnal Pusaka, 9.2 (2020), 22–36
Hasanah, Zuriatun, and Ahmad Shofiyul Himami, ‘Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa’, Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1.1 (2021), 1–13
Kismanto, ‘Peningkatan Pemahaman Dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Assisted Individualization) Di SMA Negeri 6 Surakarta’, Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17.01 (2019), 34–44
Musdalifah, ‘Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2.1 (2023), 47–66
Nasution, Siti Nurhalijahh, Tria Tansa Audina, Khodijah Khodijah, and Artia Marini, ‘Systematic Literature Review: Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dengan Menggunakan Cooperative Learning’, Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2.6 (2023), 784–808
Parhan, Muhamad, and Bambang Sutedja, ‘Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia’, TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6.2 (2019), 114–26
Rachma Thalita, Almira, Andin Dyas Fitriyani, and Pupun Nuryani, ‘Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4.2 (2019), 147–56
Rahayu, Rizcka Fatya, and M. Dahlan R, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembalajaran Jarak Jauh’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6.1 (2021), 18–35
Ridha, Muhammad, ‘Teori Motivasi Mcclelland Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI’, Palapa, 8.1 (2020), 1–16
Robani, Melia Erba, Fia Anisa Rachim, Amelia Febriani, and Ega Rizqi Fitri A, ‘Metode Learning By Doing Dalam Mengoptilalisasi Kualitas Belajar Siswa Smp’, Jurnal Ilmiah Edukasia, 1.1 (2021), 24–30
Rovita, Roin, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Cooperative Learning Teknik Demonstrasi Untuk Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 1 SDN Songgokerto 02 Batu’, Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2.2 (2023), 854–76
Rozali, Yuli Asmi, ‘Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik’, Forum Ilmiah, 19.1 (2022), 68–76
Santoso, Muhamad Hadi, and Soeryanto, ‘Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa’, JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11.1 (2021), 1–10
Sapmawati, Tuti, ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA’, Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1.01 (2021), 42–45
Srirahmawati, Ija, ‘Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021’, Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2.2 (2021), 114–23
Sudrajat, Ajat, Ojat Darojat, Sofjan Aripin, and Enceng, ‘Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Digitalisasi 4.0 Bagi Guru Di Kabupaten Sumedang’, Warta Pengabdian, 18.1 (2024), 1–14
Syahnaz, Assya, Febri Widiandari, and Nailurrohmah Khoiri, ‘Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.1 (2023), 5295–5311
Syamsiyah, Yuni Noer, ‘Penerapan Model Kooperatif Tipe Inquiri Pada Pembelajaran Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar’, SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2.2 (2022), 144–51
Tambak, Syahraini, ‘Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14.1 (2017), 1–17
Tohari, Begjo, and Ainur Rahman, ‘Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky Dan Jerome: Model Pembelajaran Aktif Dalam Pengembangan Kognitif Anak’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4.1 (2024), 209–28
Wahyuni, Fitry, ‘Penerapan Problem-Based Learning: Studi Pada Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa’, Journal of Didactic Mathematics, 1.2 (2020), 104–10
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wahyuni Eka Sandy, Agus Fakhruddin, Muhamad Parhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).