Islamic Religious Education Teacher and Character Education During a Pandemic: Problems and Solutions
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v8i1.6274Keywords:
Problems of Islamic Religious Education Teachers, Strengthening Character EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan menginterpretasikan proses yang sedang berlangsung atau kecenderungan yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, peran guru PAI diharapkan mampu mencipta, memperkaya diri, menjadi pengendali atau pembimbing dan menyesuaikan metode pengajaran yang menarik minat sehingga siswa mudah memahaminya. Mengingat keterlibatan seluruh civitas akademika; integrasi ke dalam kurikulum sesuai visi dan misi sekolah; pengajaran tambahan untuk kunjungan rumah; peran orang tua dalam mendampingi anak belajar. Dengan demikian, keterlibatan, kerjasama, tanggung jawab pendidik, keluarga, masyarakat, media sosial dalam menciptakan iklim yang kondusif misalnya, mendukung tercapainya penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring.
References
Books
Ahmad Shofiyuddin, ‘Problematika Guru PAI Dalam Membina Perilaku Sosial Siswa’, Pai, 2.1 (2019), 44–59
Bangun, D A, R Oktavianda, and ..., ‘Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi’, … Merdeka Belajar, 2021
Domenech, L, ‘Character Education During COVID-19: Strategies and Resources for Schools and Families’, 2020
Ridwan, Samsul, ‘Komnas PA: Tawuran Pelajar Naik 128 Kasus, 82 Siswa Tewas’ (Jakarta, 2011)
Maarif, Saiful, ‘Eufemisme Kekerasan Dan Tantangan Pandidikan Karakter’, 2023
Journals
Anisa, Zainiya, ‘Jurnal Teknologi Pendidikan : Pembelajaran Daring PAI : Implementasi Dan Problematika Penggunaan Google Classroom Pada Kelas XI IPA Di SMA Jurnal Teknologi Pendidikan ’:, 8.1 (2023), 262–69
Bustomi, Muhammad Isa, ‘Marak Tawuran Remaja Saat Ramadhan, Sosiolog: Matinya Pendidikan Karakter’ (Jakarta, 2023)
Chairunnisak, Siti Masyito, Anita Puji Astutik, Eni Fariyatul Fahyuni, and Benny Prasetiya, ‘Changes in the Behavior of Elementary School Students During the COVID-19 Pandemic’, KnE Social Sciences, 2022 (2022), 546–55 <https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11257>
Covid-, Situasi Pandemi, ‘Character Strengthening Children in the Family in the Pandemic Covid-19 Situation’, 12.02 (2021), 84–93 <https://doi.org/10.24036/jpk/vol12-iss02/800>
Dahniar, ‘Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi’, JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16.1 (2022), 1–12 <https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.26>
Is, Sitti Satriani, ‘Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’Ah’, TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.01 (2017), 33–42 <https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1018>
Jamila, Ahdar, and Emmy Natsir, ‘Problematika Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di UPTD SMP Negeri 1 Parepare’, L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3.2 (2021), 101–10
Kholifah, Nur, and Eni Fariyatul Fahyuni, ‘Strengthening Students’ Religious Character During the COVID-19 Pandemic’, KnE Social Sciences, 2022 (2022), 442–51 <https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11247>
Komara, Endang, ‘Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21’, 4.April (2018), 17–26
Lubis, A S, ‘Pola Interaksi Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas XI MA Muallimin Univa Medan’, 2018
Lubis, Rahmad Fauzi, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa’, Jurnal Kreatifitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9 (2020), 1–30
Massie, Allessandro Yosafat, and Kristina Roseven Nababan, ‘Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa’, Satya Widya, 37.1 (2021), 54–61 <https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61>
Muchith, M. Saekan, ‘Guru PAI Yang Profesional’, Quality, 4.2 (2016), 217–35
Muhammad Bagus Nasrul Ilmi, ‘Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Karakter Siswa’, December 2021
Mulyawan, Mulyawan, ‘Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah’, Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9.1 (2020), 165–86
Nurpratiwi, Suci, Muhamad Ridwan Effendi, and Amaliyah Amaliyah, ‘Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom’, Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 6.1 (2021), 16 <https://doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107>
Pendidikan, Menteri, D A N Kebudayaan, and Republik Indonesia, ‘Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia’, 08.01 (2013), 2013–15
Ramdhani, Diki Awaluddin, Ezzeddin Yazid Nashrullah, Indah Fadilah Rahmah, Siti Fitriyatul Khoerunnisa, and Zulfa Nursahandi, ‘Problematika Guru PAI Dalam Mengembangkan Akhlak Siswa’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.3 (2022), 4601–10 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2878>
Ratu, Dian, Ayu Uswatun, and Hascaryo Pramudibyanto, ‘Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan’, Jurnal Sinestesia, 10.1 (2020), 41–48
Sudjarwati, Shanti, and Eni Fariyatul Fahyuni, ‘Peran Literasi Moral Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia Dini’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10.2 (2020), 219–29 <https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5182>
Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad, ‘Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.1 (2021), 165–73 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251>
Syaifuddin, M.A, and E.F Fahyuni, ‘Melalui Kurikulum Muatan Lokal’, Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7.November (2019), 267–85
Tarbiyah, Fakultas, D A N Keguruan, Universitas Islam Negeri, Sultan Maulana, and Hasanuddin Banten, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi’, 22.1 (2017), 80–90
Terpadu, Manajemen Mutu, and Kode Mata Kuliah, ‘Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Manajemen Mutu Terpadu’, 2010
Ummah, Siti Miftachul, and Anita Puji Astutik, ‘Implementation of Problem Based Learning to Improve The Quality of PAI Learning During The Covid-19 Pandemic at School’, Academia Open, 6 (2021), 1–10 <https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2145>
Yenuri, Ali Ahmad, ‘Problematika Kompetensi Guru PAI Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di MA Arraudlah Tumapel Gresik)’, Kuttab, 3.2 (2019) <https://doi.org/10.30736/ktb.v3i2.227>
Zuhri, Achmad, ‘Upaya Guru Pai Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Ranah Afektif Di Sman 1 Bae Kudus Tahun 2017’, Quality, 5.2 (2017) <https://doi.org/10.21043/quality.v5i2.3061>
Zulaikah, Siti, ‘Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Bandar Lampung Pendahuluan Saat Ini Indonesia Sedang Dihadapkan Pada Permasalahan Melemahnya Karakter Bangsa .( Anwar and Salim 2018 ) Karakter Mulia , Kesopanan Dan Religiusitas Yang ’, 10.I (2019), 83–93
Interviews
Maria Ulfa, Interview {03 May 2023}
Maria Ulfa, Interview {04 May 2023}
Maria Ulfa, Interview {08 May 2023}
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).