PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata kuliah kecerdasan buatan yang tervalidasi dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan lima tahapan (ADDIE), yaitu Analisis, Desain, Pengembangan/Development, Implementasi dan Evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan multimedia versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap, yaitu pengonsepan, pendesainan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji validitas dari 2 orang ahli media menunjukkan nilai 94 dengan kategori sangat valid; (2) uji praktikalitas dari 2 orang ahli materi menunjukkan nilai 92,88 dengan kategori sangat praktis; (3) uji efektifitas dari 9 orang mahasiswa pada perkuliahan kecerdasan buatan menunjukkan nilai 93,63 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas dan efektifitas, maka produk m-learning dinilai layak dan dapat digunakan pada pembelajaran mata kuliah kecerdasan buatan. Sehingga disarankan dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android, Kecerdasan Buatan.References
Binanto, Iwan, Multimedia Digital, Dasar Teori+Pengembangannya, (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).
Budiman, Haris, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Mei 2017.
Falahudin, Iwan, Pemanfaatan media dalam pembelajaran, Juliwi : Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1, No.4, Oktober-Desember 2014, h.108.
Hendri, Nofri dan Novrianti, Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Captive 7.0 pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer, JURNAL EDUCATIVE : Journal of Educational Studies, Vol 2, No 2, Juli-Desember 2017.
Idrus, Ali dan Andreo Yudherta, Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 18, No. 3, Desember 2016.
Saliman, Mukminan, Teknologi Informasi dan Media Pembelajaran IPS, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2008).
Sriyanti, Ida, M-learning : Alternatif media pembelajaran di LPTK, Artikel Makalah Seminar Nasional pendidikan, 2009, h. 5-6.
Suherman, Yuyus, 2009. Pengembangan Media Pembelajaran bagi ABK, Bandung, h. 65
T. Sutojo, dkk, Kecerdasan Buatan, (Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET, 2011)
Tamimuddin, Muh, Mengenal Mobile Learning, Artikel LIMAS, edisi 18, Juni 2017, h.1
Yekti, Resti dan Jaslin Ikhsan, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 2016, h. 89.
Imronasofi, Pengertian serta kelebihan dan kekurangan AI, https://www.lyceum.id/artificial-intelligence/`, diakses pada tanggal 06 Maret 2018.
Sativa Riza, Metode Penelitian Research and Development, http://oryza sativa135rsh.blogspot.com/2011/01/metode-penelitian-research-and.html, diakses pada tanggal 08 Maret 2018.
Maya, Software Aplikasi Mudah untuk Membangun Aplikasi Android, https://prelo.co.id/blog/software-aplikasi-mudah-untuk-membangun-aplikasi-di-android, diakses pada tanggal 08 Maret 2018.
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).