Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika

Authors

  • Aditya Rizky Putra Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Kamid Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
  • Tria Gustiningsi Universitas Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v5i1.9351

Keywords:

Kemampuan Numerasi, SMP, Masalah Kontekstual Matematika

Abstract

This study is motivated by the diverse levels of students’ numeracy skills, the underlying factors of which remain unclear based on numeracy indicators. The purpose of this research is to describe junior high school students’ numeracy abilities in solving contextual mathematical problems. A qualitative descriptive method was employed, with the study conducted at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. The research subjects were Grade VIII students who participated in the 2024 AKM assessment and had studied the topic of relations and functions, categorized by high, medium, and low mathematics achievement. Data were collected through numeracy tests, interviews, and documentation. The findings reveal that students with high and medium mathematics achievement generally demonstrated high numeracy skills. Meanwhile, those with low academic performance in mathematics exhibited moderate numeracy abilities. However, mathematics achievement did not consistently reflect students’ actual numeracy levels. This was evidenced by cases where a high-achieving student displayed only moderate numeracy, while some medium and low achievers showed high numeracy proficiency.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya kemampuan numerasi siswa yang belum diketahui faktornya berdasarkan indikator kemampuan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMP dalam memecahkan masalah kontekstual matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti tes AKM tahun 2024 dan telah belajar materi relasi dan fungsi dengan nilai hasil belajar matematika tinggi, sedang dan rendah. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan numerasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan nilai hasil belajar matematika tinggi dan sedang memiliki tingkat kemampuan numerasi yang tinggi. Siswa dengan nilai hasil belajar matematika rendah memiliki kemampuan numerasi yang sedang. Hasil belajar matematika siswa tidak menunjukkan tingkat kemampuan numerasi siswa, terbukti dari adanya salah satu siswa bernilai tinggi dengan kemampuan numerasi sedang, serta salah satu siswa bernilai sedang dan rendah dengan kemampuan numerasi tinggi

References

A. N. Arofa and I. Ismail, “Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar,” MATHEdunesa, vol. 11, no. 3, pp. 779–793, 2022.

I. Tresnasih, N. Ratnaningsih, and D. V. Rahayu, “Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM,” Prisma, vol. 11, no. 2, p. 478, 2022.

W. Lubaidi, D. Darmiany, H. Setiawan, and U. Umar, “Profil Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V MI. Minhajussa’adah Tahun Ajaran 2021/2022,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3c, pp. 1944–1950, 2022.

D. Alicia, “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Fak. Kegur. Dan Ilmu Pendidik. UNIM, pp. 225–233, 2022.

W. Han et al., “Materi Pendukung Literasi Numerasi,” Kementrian Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 9, pp. 1–58, 2017.

H. Basri, B. Kurnadi, S. Syarifuddin, C. F. Tafriliyanto, and P. B. Nugroho, “Investigasi Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika,” Prox. J. Penelit. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 4, pp. 72–79, 2021.

Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah, 2nd ed. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. pp. 1–33, 2021.

OECD, PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, vol. 46, no. 183. 2023.

A. Winata, I. S. R. Widiyanti, and Sri Cacik, “Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 2, pp. 498–508, 2021.

N. Nurhayati, A. Asrin, and N. K. Dewi, “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2b, pp. 723–731, 2022.

A. F. Sukaryo and R. M. M. Sari, “Systematic Literature Review: Kemampuan Numerasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika,” J. THEOREMS (The Orig. Res. Math., vol. 8, no. 2, pp. 461–472, 2024.

A. Rahmanuri, R. Winarni, and A. Surya, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Literasi Matematika: Systematic Literature Review,” Didakt. Dwija Indria, vol. 11, no. 6, pp. 1–6, 2023.

D. S. Karmeliana and E. Ladyawati, “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 6, no. 2, pp. 166–186, 2023.

R. Pakpahan, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 1, no. 3, pp. 331–348, 2017.

M. K. Kasipahu, A. Asrin, and A. K. Jaelani, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Numerasi Siswa,” J. of. Classr. Action Res., vol. 4, no. 2, pp. 140–146, 2022.

S. D. Ekayana, D. Hermanto, and M. Affaf, “Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 8, no. 2, p. 165, 2020.

E. N. K. Aviyanti and R. Setianingsih, “Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika,” J. Penelit. Pendidik. Mat. Dan Sains, vol. 4, no. 2, p. 103, 2021.

R. Wati and Y. D. W. K. Ningtyas, “Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa,” J. Gammath, vol. 5, pp. 44–52, 2020.

D. I. Rohmah and A. H. Rosyidi, “Analisis Kegagalan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Kesebangunan,” MATHEdunesa, vol. 11, no. 3, pp. 765–778, 2022.

L. Muniroh and A. Buchori, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV),” FARABI J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 49–58, 2024.

R. Vebrian, Y. Y. Putra, S. Saraswati, and T. T. Wijaya, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 4, p. 2602, 2021.

W. L. Setianingsih, A. Ekayanti, and J. Jumadi, “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (Akm),” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 4, p. 3262, 2022.

S. Khoirunnisa and A. G. Adirakasiwi, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Pada Era Merdeka Belajar,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 6, no. 3, pp. 925–936, 2023.

S. K. Rahmat and H. R. Arham, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial,” Sepren, vol. 2, no. 1, pp. 27–39, 2022, doi: 10.36655/sepren.v4i0.815.

M. Wati, G. H. Medika, and J. Junaidi, “Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Math Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 54–61, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/1823

A. E. Fauzanah, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan,” UNISSULA Intitutional Repos., 2022.

B. A. Putri, D. P. Utomo, and Z. Zukhrufurrohmah, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar,” JRPM (Jurnal Rev. Pembelajaran Mat., vol. 6, no. 2, pp. 141–153, 2021.

M. R. Baharuddin, S. Sukmawati, and C. Christy, “Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan,” Pedagog. J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 90–101, 2021.

N. Napsiyah, N. Nurmaningsih, and R. Haryadi, “Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 2, no. 2, pp. 45–59, 2022.

S. W. Murniati, A. Arjudin, and M. Hakim, “Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 28–33, 2024.

M. P. Fedora, “Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Numerasi Berdasarkan Teori Newman,” UNISSULA Intitutional Repos., 2023.

S. Susanto, H. T. M. S, and V. Karolina, “Hubungan Antara Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi AKM,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 2153–2157, 2024.

M. D. Mubarak, “Korelasi Antara Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal AKM Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, pp. 232–239, 2023.

N. U. Darojah, A. Siska, M. Muhtarom, and A. Kurniawati, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMKN 7 Semarang Dalam Menyelesaikan Persamaan Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Awal,” Lebesgue J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 5, no. 2, pp. 1093–1114, 2024.

I. A. Nurfalah, C. Novtiar, and E. E. Rohaeti, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi,” JPMI J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 1, pp. 205–214, 2021.

J. Takaria, N. Pattimukay, and K. M. Kaary, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis (KAM),” J. Pedagog. dan Din. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 318–327, 2022.

E. F. Fitria and R. Rismawati, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Verbal SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis,” Kogn. J. Ris. HOTS Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 671–684, 2024.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Putra, A. R., Kamid, & Gustiningsi, T. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 5(1), 44–56. https://doi.org/10.30983/lattice.v5i1.9351

Issue

Section

Articles

Citation Check