Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi SPLDV

Authors

  • Rachael Khoirunnisya Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Gabriella Inggrid Yurike Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Elsa Susanti Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v4i1.8376

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

This research aims to investigate the relationship between critical thinking skills and communication skills on junior high school students' mathematical problem solving abilities. A total of 31 class VIII students were selected through simple random sampling as research subjects. To measure each ability, a test was carried out using essay questions which were then analyzed quantitatively using correlation and multiple regression analysis. From this research, the results obtained show that both the correlation between critical thinking and problem solving abilities and communication and problem solving abilities are both in the high category. The coefficient of determination test results obtained were 0.540, which means that the contribution of critical thinking abilities and mathematical communication skills together to problem solving abilities was 54%.

 

Penelitian ini ingin menyelidiki hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Sebanyak 31 siswa kelas VIII dipilih melalui simple random sampling sebagai subjek penelitian. Untuk mengukur masing-masing kemampuan dilakukan tes menggunakan soal uraian yang selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan analisis korelasi dan regresi berganda. Dari penelitian ini didapati hasil bahwa baik korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menyelesaikan masalah maupun kemampuan komunikasi dan keterampilan menyelesaikan masalah sama-sama berada pada kategori tinggi. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,540 yang maksudnya besarnya kontribusi kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar  54%.

References

N. S. Rahmawati, M. Bernard, and P. Akbar, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV),” J. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 344–352, 2019.

R. S. Konoras, F. E. Chandra, and A. Afandi, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV),” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, p. 57, 2022, doi: 10.33387/dpi.v11i1.4307.

E. Susanti and Hartono, “An Analysis Mathematical Problem Solving and Mathematical Critical Thinking Skills of Junior High School Students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1320, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1320/1/012071.

Arfah, “Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng,” J. Nalar Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 86–94, 2018.

A. D. Prasetyo and D. Firmansyah, “Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,” Lattice J. J. Math. Educ. Appl., vol. 3, no. 2, p. 170, 2023, doi: 10.30983/lattice.v3i2.7596.

A. M. Janna et al., “Pengaruh Penggunaan Metode Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP,” Pedagogy, vol. 7, no. 2, pp. 126–145, 2019.

M. Bernard, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash Cs 4.0,” Infin. J., vol. 4, no. 2, p. 197, 2015, doi: 10.22460/infinity.v4i2.84.

I. Iltavia, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah dan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Di Kelas VII-C MTs DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang,” Universitas Negeri Padang, 2011.

J. Cai and F. K. Lester, “Solution Representations and Pedagogical Representations in Chinese and U.S. Classrooms,” J. Math. Behav., vol. 24, no. 3–4, pp. 221–237, 2005, doi: 10.1016/j.jmathb.2005.09.003.

M. I. Simamora and N. R. Rizqi, “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis antara Pembelajaran TPS dan NHT,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 8, no. 1, p. 87, 2022, doi: 10.32884/ideas.v8i1.571.

H. F. H. Su, F. A. Ricci, and M. Mnatsakanian, “Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition,” Int. J. Res. Educ. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 190–200, 2016, doi: 10.21890/ijres.57796.

H. T. La’ia and D. Harefa, “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 7, no. 2, p. 463, 2021, doi: 10.37905/aksara.7.2.463-474.2021.

H. Kusmanto, “Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga),” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 3, no. 1, 2014, doi: 10.24235/eduma.v3i1.6.

J. Sulianto, N. Cintang, and M. Azizah, “Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis terhadap Siswa SD Kota Semarang,” POR UMS, pp. 237–246, 2018.

H. Mustika, P. Astuti, S. Y. Ningsih, G. H. Medika, H. T. Arjelia, And R. Fitri, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Perbedaan Gender,” Ensiklopedia J., vol. 2, no. 2, pp. 155–164, 2020.

S. D. Handayani, “Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 1, pp. 240–250, 2023.

H. T. La`ia, “Hubungan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Operasi Hitung Bentuk Aljabar terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teluk dalam Tahun Pembelajaran 2018/2019,” J. Educ. Dev., vol. 7, no. 4, pp. 327–330, 2019.

P. R. Fitri and H. Pujiastuti, “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP Kelas 9,” vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2020.

R. Rezita and T. Rahmat, “Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika,” Lattice J. J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 1, p. 79, 2022, doi: 10.30983/lattice.v2i1.5062.

M. Wati, G. H. Medika, and J. Junaidi, “Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Math Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 54–61, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/1823

N. Nicomse and L. Napitupulu, “Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar,” Sepren, no. October, pp. 156–163, 2022, doi: 10.36655/sepren.v4i0.829.

M. F. Azka, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV),” Universitas Islam Negeri Walisongo, 2022.

N. Wahida Saefaddina, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Permasalahan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022,” vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2022.

M. Jannah, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Steadiness Berdasarkan Gender dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi SPLDV,” 2022.

F. Yusup, P. Studi, T. Biologi, U. Islam, and N. Antasari, “Uji Validitas dan Reliabilitas,” vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018.

E. Susanti and Hartono, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.

R. D. Anggreini, H. Bharata, and S. H. Noer, “Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik,” Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 03, pp. 202–211, 2022, doi: 10.22437/edumatica.v12i03.19475.

A. ode Samura, “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah,” J. Math. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 20–28, 2019.

D. A. Pradipta, “Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” Ekuialen - Pendidik. Mat., vol. 31, no. 1, pp. 66–71, 2018.

W. Ode, N. Mbay, M. Anggo, and A. Sani, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ),” J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 57–66, 2017.

Downloads

Submitted

2024-06-06

Accepted

2024-07-17

Published

2024-06-30 — Updated on 2024-07-17

Versions

Issue

Section

Articles