Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Authors

  • Syariful Akbar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Gema Hista Medika Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Mutia Farina SMAN 5 Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6558

Keywords:

Kooperatif jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Learning activities are a series of physical and spiritual exercises that are carried out actively which result in better behavior when learning new things. Learning outcomes are qualities that are achieved by modifying behavior that are enduring, consistent, and result from education or experience gained through the subject matter and which can be measured based on the teacher's assessment. This study aims to find out whether the activities and learning outcomes of students in class XI MIPA at SMAN 5 Bukittinggi in 2022 show an increase using the jigsaw cooperative learning model in circle material. The research method used was Classroom Action Research (PTK) on 34 students of SMAN 5 Bukittinggi in class XI MIPA 2 in the odd semester of the 2022 school year as research subjects. Based on the findings of research data, student learning activities increased from quite active to active, and student learning outcomes were obtained using the average value (X), Absorption (DS) and Learning Mastery (KB) increased from cycle I to cycle II respectively of 28.58, 28.58%, and 120%.

 

 

Aktivitas belajar adalah rangkaian latihan jasmani dan rohani yang dilakukan secara aktif yang menghasilkan tingkah laku yang lebih baik ketika mempelajari hal-hal baru. Hasil belajar adalah kualitas yang dicapai dengan modifikasi perilaku yang bertahan lama, konsisten, dan dihasilkan dari pendidikan atau pengalaman yang diperoleh melalui mata pelajaran dan yang dapat diukur berdasarkan penilaian guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi 2022 menunjukkan peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran. Adapun Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap 34 siswa SMAN 5 Bukittinggi di kelas XI MIPA 2 pada semester gasal tahun ajaran 2022 dijadikan sebagai subjek penelitian. Berdasarkan temuan data penelitian, aktivitas belajar siswa meningkat dari cukup aktif menjadi aktif, dan hasil belajar siswa didapatkan menggunakan nilai rata-rata (X), Daya Serap (DS) dan Ketuntasan Belajar (KB) meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar 28,58, 28,58%, dan 120%.

References

Satria, T., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Journal On Education, 01(03), 166–172.

Afri, L. D., & Utami, N. P. (2019). Perkembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Diterapkan Pembelajaran Think Pair Square. Math Educa Journal, 2(2), 206–218. https://doi.org/10.15548/mej.v2i2.189

Daryanto, & R, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.

Syahrir. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Teams Game Turnamen ( TGT) Terhadap Motivasi Keterampilan Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Pendidikan FMIPA UNY, November, 978–979.

Nugroho, & Tri, F. (2021). Pengertian Evaluasi, Tujuan, Fungsi, Proses, dan Tahapannya. Bola.Com. https://www.bola.com/ragam/read/4724329/pengertian-evaluasi-tujuan-fungsi-proses-dan-tahapannya

Sardiman, A. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. CV ALFABETA.

Zainal Arifin. (1991). Evaluasi Intruksional Prinsip-prinsip Prosedur. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi). Bumi Aksara.

Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009b). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di Smpn 2 Cimalaka. In Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 13, Issue 1, p. 15). https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.302

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Gramedia Widiasarana Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Cooperative_Learning_Cover_Baru/D06wE99Ne6wC?hl=id&gbpv=1&dq=cooperative+learning,+lie+2002+pdf&printsec=frontcover

Krismanto Harianja, J., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Sastika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Rahmawati, I., Lestari, H., & Panjaitan, M. M. J. (2022). Tipe-tipe Model Pembelajaran Kooperatif (A. Karim & J. Simarmmata (eds.)). https://www.google.co.id/books/edition/Tipe_Tipe_Model_Pembelajaran_Kooperatif/mIBqEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview

Muhammad, Z. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 65–71.

Batu, L. I. K., Noviantari, P. S., & Wibawa, K. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Persamaan Lingkaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI AK 4 SMK Saraswati 1 Denpasar. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA) TAHUN 2020 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar, 26–23. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/download/889/798/

Hasan, I. (2003). Pokok-Pokok Materi Statistik1 (Statistik Deskriptif). Bumi Aksara.

Arends, R. I., Helly Prajjitno, S., & Sri Mulyantini, S. (2008). Learning To Teachbelajar Untuk Mengajar (Edisi Ke-8). Pustaka Pelajar. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=453040

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama, hal. 111. 1(1), 96–102..

Murti, B. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Kec. Kauman.

Downloads

Submitted

2023-07-27

Accepted

2023-08-11

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles