Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika


Authors :
(1) Della Anggun Prameswari Mail (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia)
(2) Muniri Muniri Mail (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia)

Abstract


In the process of solving math problems/problems, especially in the matter of relations and functions, between one student and another student must have a different mental process. Students' mathematical abilities in solving problems quickly and immediately are influenced by mental activity that is supported by intuitive thinking. Students who find it difficult to solve math problems with analytical (formal) abilities will use their intuition to help solve problems. So the purpose of this study is to describe the characteristics of students' intuitive thinking used in solving relations and function problems which are viewed from the mathematical abilities of each level of mathematical ability. Researchers use qualitative methods in this study. The results of the data analysis show that: (1) students who have high mathematical abilities in working on relations and function problems involve the characteristics of intuitive thinking globality, status theory, self-evidence, and coerciveness; (2) students who have mathematical abilities are working on relations and function problems involving the characteristics of intuitive thinking theory status, globality, and implicitness; and (3) students who have low mathematical ability in working on relations and function questions involve the characteristics of intuitive thinking extrapolativeness, self-evidence, and globality..

 

Dalam proses menyelesaikan masalah/soal matematika, khususnya pada materi relasi dan fungsi, antara siswa satu dan siswa lainnya pasti memiliki proses mental yang berbeda. Kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah dengan cepat dan segera dipengaruhi oleh aktivitas mental yang didukung oleh pemikiran intuitif. Siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dengan kemampuan analitis (formal) akan menggunakan intuisinya untuk membantu memecahkan masalah. Maka tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan karakteristik berpikir intuitif dari siswa yang digunakan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi yang mana ditinjau dari kemampuan matematika dari masing - masing jenjang kemampuan matematika. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam mengerjakan soal relasi dan fungsi melibatkan karakteristik berpikir intuitif globality, theory status, self evidence, dan coerciveness; (2) siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam mengerjakan soal relasi dan fungsi melibatkan karakteristik berpikir intuitif theory status, globality, dan implicitness; dan (3) siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam mengerjakan soal relasi dan fungsi melibatkan karakteristik berpikir intuitif extrapolativeness, self-evidence, dan globality.


Keywords


Karakteristik berpikir intuitif, kemampuan matematika, relasi dan fungsi

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6554

References

N. Tatag, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Topik Theorema Phytagoras di Kalangan Siswa Kelas VIIIA SMP Maria Assumpta Klaten,” Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta, 2020.

Muniri, “Karakteristik Intuitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogakarta, Yogyakarta, 2013.

Muniri, “Peran Berpikir Intuitif dan Analitis dalam Memecahkan Masalah Matematika,” Jurnal Tadris Matematika, vol. 1, no. 1, hlm. 1–14, 2018.

A. Puspita, “Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di SMPN 1 Boyolangu,” Skripsi:IAIN Tulungagung, IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2019.

D. Arum, “Analisis Berpikir Intuitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian DISC,” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2021.

F. Nur, “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Mengubah Soal Cerita Menjadi Model Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar,” Skripsi, IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2017.

E. Fischbein, Intuition In Science and Mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers, 2002.

F. Putri, Luvia, Manoy, dan J. Trineke, “Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Solo,” Jurnal Jurusan Matematika , vol. 2, no. 1, 2013.

S. Sa’o, “Karakteristik Berpikir Intuitif,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, 2018.

E. Rizki, R. Johar, dan T. Fuadi, “Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, 2017.

A. Lutfi, “Proses Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung,” Skripsi, IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2018.

Z. Abidin, “Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender,” Jurnal Didaktik Matematika, vol. 4, no. 1, 2017.

M. Retna, “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Sidoarjo, vol. 1, no. 2, 2018.

A. Muiz, “Profil Berpikir Intuituf Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Teka-Teki Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif,” UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2018.

B. Usodo, “Karakteristik Intuitif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Siswa dan Perbedaan Gender,” Jurnal Aksioma, vol. 1, no. 1, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Della Anggun Prameswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License