Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks
DOI:
https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5422Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, MatriksAbstract
This research was backgrounded by teaching materials used in the Private Ma mus Canduang, Agam Regency in the form of LKS and still unable to make students active in the learning process. This study aims to determine the practicality of the Student Worksheet (LKPD) based on a scientific approach to class XI matrix material. One of the materials that is difficult for students to understand is in matrix material. A common error is the wrongness of putting the matrix element. The research conducted was development research using the Plomp model which consisted of three stages, namelypreliminary research, prototyping phase, and assessment phase. This research was carried out until the prototyping phase, namely in practicality testing. The results of the LKPD validity test based on the scientific approach by the validator obtained a value of 86.8% with very valid criteria and the results of LKPD practicality based on a scientific approach obtained a value of 90.13% with very practical criteria. Based on the results of the study, it can be concluded that LKPD based on a scientific approach to the matrix material of class XI private MA students of MUS Canduang is very valid and very practical.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan di MA Swasta MUS Canduang Kabupaten Agam yang berupa LKS dan masih belum dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi matriks kelas XI. Salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa adalah pada materi matriks. Kesalahan yang umum terjadi yaitu salahnya meletakkan elemen matriks. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Penelitian ini dilakukan sampai tahapan prototyping phase, yaitu pada uji kepraktisan. Hasil uji validitas LKPD berbasis pendekatan saintifik oleh validator diperoleh nilai 86,8% dengan kriteria sangat valid serta hasil kepraktisan LKPD berbasis pendekatan saintifik diperoleh nilai 90,13% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi matriks kelas XI siswa MA swasta MUS Canduang sangat valid dan sangat praktis.
References
T. Siti Aisyah, Evih Novianti, “Bahan Ajar Sebagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia,†J. Salaka, 2020.
S. Astuti, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Prinsip-Prinsip Matematika Dan Kemampuan Penalaran Logis Siswa Di Sman 1 Jarai Kabupaten Lahat,†EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 71–75, 2017, doi: 10.20527/edumat.v5i1.3823.
H. M. Z. Elok Pawestri, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran,†Tri Rahayu, vol. 6, pp. 903–913, 2020.
Y. K. Eufrasia Jeramat, Fransiskus Nendi, Silfanus Jelatu, Alberta Parinters Makur, “Studi evaluasi pelaksanaan assesmen berbasis kelas di sekolah menengah pertama,†vol. 4, no. 20, pp. 22–27, 2019.
D. Fitriani, “Pengembangan lkpd kimia berbasis pendekatan saintifik materi tata nama senyawa kelas x sma skripsi,†2018.
Umbaryanti, “Pentingnya LKPD pada Pendekatan Saintifik Pembelajaran Matematika,†Lampung, 2017.
D. hifarianti, Vindy, “Desain LKPD Berorientasi Kompleksitas Konten dan Proses Kognetif pada Materi Vektor untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA.,†Pillar Phys. Educ., pp. 185–192, 2017.
F. R. Fairuz, N. Fajriah, and A. Danaryanti, “Pengembangan Lkpd Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama,†EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 29–38, 2020, doi: 10.20527/edumat.v8i1.8343.
D. Asmaranti, Widuri, “Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter,†Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia, 2018.
H. L. Ajeng Ariantasari, “Penerapan Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry,†J. Mhs. Univ. Negeri Surabaya, 2018.
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2015.
S. A. Aflah, Nur Mita, “Analisa Kebutuhan (Need Analysis) mata kuliah Bahasa Ingris untuk Mahasiswa Kejuruan,†J. Pendidik. Bhs., pp. 77–89, 2018.
M. S. Siti Zahara, Fitriani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PRMI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Materi Kubus dan Balok,†Ilm. Mhs. Pendidik., 2020.
D. Pranoto, “Pengembangan Lembar Kerja Peseta Siswa (LKS) IPA Terpadu Berpendekatan SETS dengan Tema Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V SD Negeri Bumiayu 04 Tahun Pelajaran 2018/2019,†Universitas Parabadan, 2019.
S. Sastriadmojo, Pengantar Statistik Pendidikan. 2018.
R. Praspita, “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Di Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Tuban,†J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 504–515, 2020.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).