Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMPN I Patamuan

Authors

  • Febri Nanda Ramadhani STKIP YDB Lubuk Alung, Padang
  • Mira Amelia Amri STKIP YDB Lubuk Alung, Padang
  • Maria Para Siska STKIP YDB Lubuk Alung, Padang

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4670

Keywords:

Pemecahan Masalah, Strategi Scaffolding

Abstract

This study aims to determine the application of scaffolding strategy to students' mathematical problem solving in class VIII SMP. This type of research is a true-experimental study with a randomized posttest only control group design. The population in this study were students of class VIII SMP in Padang Pariaman Regency. Sampling was done by random sampling technique. Data analysis of mathematical problem solving abilities carried out in the cognitive domain. Based on data analysis, it can be concluded that students' mathematical problem solving abilities using scaffolding strategies are better than mathematical problem solving abilities using scientific approaches.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi scaffolding terhadap pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian true-eksperimen dengan rancangan penelitian randomized posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Padang Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilakukan pada ranah kognitif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan strategi scaffolding lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematis yang menggunakan pendekatan saintifik.

 

 

References

E. dkk Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. 2003.

R. Siagian, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika,†J. Form., vol. 2, no. 2, pp. 122–131, 2012.

Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media., 2014.

A. N. Cahyo, Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: DIVA Press, 2013.

Z. Chairani, “Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika.,†Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2015.

H. Ulya, “SCAFFOLDING BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA,†pp. 56–69, 2017.

A. dkk Prayitno, “Pemberian Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Berpikir Siswa Dalam MATEMATIKA,†no. December 2018, 2019, doi: 10.15642/jrpm.2018.3.2.161-172.

W. Retnodari, “Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika,†Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2020.

E. Poetri Astutik, “SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA Scaffolding in Mathematic Learning Based on the Wisdom of Banyuwangi Osing Culture to Improve Student ’ s Mathematical Representation,†vol. 24, no. 1, pp. 49–58, 2020.

Downloads

Submitted

2021-08-18

Accepted

2021-12-31

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles