PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • Ariyun Anisah Fakultas dan Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v1i2.435

Abstract

Perbankan syariah di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan hingga saat ini masih menunjukkan pertumbuhan yang kurang menggembirakan terutama dalam hal jaringan usahanya, di mana Unit Layanan Syariah Bank Nagari Muaralabuh merupakan satu-satunya institusi perbankan syariah yang beroperasi di daerah ini. Penelitian ini akan melihat persepsi tokoh masyarakat terhadap perbankan syariah, apa saja faktor-faktor yang membentuk persepsi tersebut, dan bagaimana peranan tokoh masyarakat tersebut dalam mensosialisasikan perbankan syariah di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek atau sumber data primer adalah tokoh masyarakat yang terlibat dalam struktur kepengurusan BAMUS Nagari sebanyak 55 orang yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi responden terhadap perbankan syariah di Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan adalah baik dengan persentase skor 72,1%, namun tidak didukung dengan sikap yang baik dari responden di mana persentase skor untuk melihat sikap tersebut hanya berada pada angka 37,9% dengan kategori kurang baik. faktor situasi (lokasi dan kondisi) merupakan faktor dominan yang berpengaruh dalam pembentukan persepsi responde terhadap perbankan syariah. Sementara itu karena keterbatasan pengetahuan dan pemahaman, hanya 40% responden yang bisa mensosialisasikan perbankan syariah kepada masyarakat.

References

Rodoni, Ahmad dan Abdul Hamid, 2008,Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim

Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia dan Institut Pertanian Bogor, , “Potensi Preferensi dan Prilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Studi Wilayah Kalimantan Selatan Tahun 2014â€, http//www.bi.co.id diunduh tanggal 4 April 2016

Fatwa MUI No 1 Tahun 2004 Tentang Bunga (Interest/Fai’dah)

Muhammad Ayub, 2007, Understansing Islamic Finance, England: Jhon Wiley & Sons, Ltd

Harian Umum Haluan, Tanggal 14 Maret 2013

Laporan Publikasi Unit Usaha Syariah Bank Nagari Tahun 2015

Kerjasama Bank Indonesia dengan Pusat Pengkajian Bisnis dan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Potensi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Studi pada Wilayah Propinsi Jawa Timur November 2000, http://storage.jak-stik.ac.id/ProdukHukum/BankIndonesia /BPSESJatimindonesia.pdf, diunduh tanggal 4 April 2016

Kerja sama Bank Indonesia dan Center for Banking Research Universitas Andalas Padang, Identifikasi Faktor Penentu Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syari’ah Vs bank Konvensional Tahun 2006, www.bi.co.id, diunduh tanggal 14 April 2016

Perwataatmadja, Karnaen A. a dan Hendri Tanjung, 2011, Bank Syariah Teori, Praktik, dan Peranannya, Jakarta: Celestial Publishing

Muhammad Syafie Antonio, 2001, Bank Syariah dari Teori Ke Praktek, Jakarta: Gema Insani.

Undang-undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Pebankan Syariah

Departemen Agama RI, 2005, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: al-Huda,

Djazuli dan Yadi Jamwari, 2002, Lembaga-lembaga Perekonomian Ummat (Sebuah Pengenalan), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murabahah

Walgito, Bimo, 1991, Psikologi Kesehatan, Jakarta: Andi Offset

Gerungan w.a, 1991, Psikologi Sosial, Bandung: Eresco

Robbins, Stephen P, 2001, Organizational Behavior 9th Edition, (New Jersey: Prentice-Hall International

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation And Control, New Jersey: prentice-hall International

James F, Engel dkk, 1995, Consumer Behavior 8th Edition, Orlando Florida USA: The Dryden Press Harcourt Brace College Publisher

Graham R, Little, 2016, a Theory of perception, www.grlphilosophy.co.nz/paperI.htm, h.4, diunduh tanggal 7 Mei 2016

Schiffman, Leon G & Kanuk Leslie Lazar, 2001, Consumer Behavior 8th Edition, (New Jersey: Pearson Prentice Hall

Solomon, Michael R, 1996, Concumer Behavior: Buying, Having, and Being 3th Edition, New Jersey: Prentice-Hall International

http://dokumen.tips/documents/hubungan-persepsi-sikap-dan-prilaku.html, diunduh tanggal 30 Agustus 2016

Musni Umar, Tanggung Jawab Pemimpin dan Tokoh Masyarakat terhadap Rakyat dan Pembangunan, musniumar.wordpress.com, dipostkan 12 Juni 2013, diunduh tanggal 3 Mei 2016

Hakimy, Idrus Dt. Rajo Penghulu, 2004, Pokok-Pokok Pengetahuan Adat Alam Minangkabau, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta

Silalahi, Ulber, 2010, Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama,

http://lentera-pena.blogspot.co.id/2012/06/panduan-penentuan-skoring-kriteria.html, diunduh tanggal 27 Agustus 2016

Faisal, Yusuf, 2010, Skripsi Persepsi Masyakat Terhadap Bank Syariah di Padang Sidimpuan, Padang: IAIN IB Padang

Downloads

Submitted

2017-12-22

Accepted

2018-01-17

Published

2018-02-07