Peranan Bundo Kanduang Mengembangkan Wisata Halal Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal di Tirtasari Tilatang Kamang

Authors

  • Rusyaida Rusyaida Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi
  • Noor Fadlli Marh Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/es.v4i2.3704

Keywords:

Islamic Tourism, Halal Tourism, local wisedom, creative economy

Abstract

Halal Tourism is becoming a new trend in the world and each destination strives to take advantage of this opportunity as a new step in tourism development. There are several tourist destinations that are managed by the community by involving all elements including women or “bundo kanduangâ€. The term Bundo Kanduang is a call to women according to the Minangkabau customary order, especially to mothers. Bundo kanduang who are successful in the nagari will be respected in adat, which take one step first, be exalted by one another, respected and respected by the people and the community in the village. This research is a field research with a qualitative approach. The informants of this study consisted of community leaders, Bundo Kanduang, and tourism actors. The purposive sampling was used so that the information obtained are in accordance with existing realities. The results showed that there was an important role of Bundo Kanduang in developing halal tourism relate to local wisdom that adheres to the principles and values of Islam in the Tirtasari area. Halal tourism is managed by the local government with the community, but the role of bundo is more dominant as a service and tourism actor .


Halal Tourism menjadi trend baru di dunia dan masing-masing destinasi berupaya kuat memanfaatkan peluang tersebut sebagai langkah baru dalam pengembangan wisata. Terdapat beberapa destinasi wisata yang dikelola masyarakat dengan melibatkan semua unsur termasuk  peran perempuan atau bundo kandung. Istilah Bundo Kanduang adalah panggilan kepada perempuan menurut tatanan adat Minangkabau khususnya kepada kaum ibu. Bundo kanduang yang sukses dalam nagari akan terpandang dalam adat, yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting, disegani dan dihormati kaum dan masyarakat dalam nagari Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.  Informan penelitian ini terdiri dari beberapa orang tokoh masyarakat, bundo kanduang, dan beberapa orang pelaku wisata.  Pendekatan purposive sampling digunakan agar informasi dan data yang diperoleh sesuai dengan realita yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  eksistensi peranan bundo kanduang  dalam  mengembangkan  wisata halal  sebagai wujud kearifan lokal yang berpegang teguh pada prinsip dan nilai Islam di daerah Tirtasari Tilatang Kamang. Wisata halal  dikelola oleh pemerintahan daerah setempat dengan masyarakat, namun peranan bundo kanduang lebih dominan sebagai pelayanan dan pelaku wisata  di destinasi wisata. Di antara peranan bundo kanduang yaitu penanggung jawab wahana permainan anak anak, penanggung jawab pakan ikan, pengelola kuliner khas daerah, penjual cinderamata, dan usaha home stay di rumah penduduk yang kosong.

 

References

Pardi, Ikhwanuddin Nasution, . Syaifuddin, and T. Thyrhaya Zein, ‘Hybrid Marriage Breakdown in Hamka’s Novel Merantau Ke Deli’, KnE Social Sciences, 2019 <https://doi.org/10.18502/kss.v3i19.4886>

(COMCEC), Commercial Cooperation of the Organization of Islamic Cooperation, ‘Muslim Friendly Tourism: Understanding the Demand and Supply Sides In the OIC Member Countries’, COMCEC Coordination Office, 2016

Afnarius Surya, Ningsih Vivi Mulya, Frihandana Devo, ‘Pembangunan Aplikasi Wisata Kuliner Sumbar Berbasis Mobile Geographic Information System’, Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer Dan Sistem Intelijen, 2014

Agung, Anak Agung Gede, ‘Pengembangan Model Wisata Edukasi-Ekonomi Berbasis Industri Kreatif Berwawasan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat’, Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2015

Chandrayanti, Teti, and Asep Mulyana, ‘Model Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Kreatif Di Sumatera Barat Dengan Pendekatan Terintegrasi Zaman Now’, Prosiding 4th Seminar Nasional Dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 2018

El-Gohary, Hatem, ‘Halal Tourism, Is It Really Halal?’, Tourism Management Perspectives, 2016 <https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.013>

Gustina, Gustina, Yenida Yenida, and Novadilastri Novadilastri, ‘Potensi Wisata Halal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat’, Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 2019

Han, Heesup, Amr Al-Ansi, Hossein G.T. Olya, and Wansoo Kim, ‘Exploring Halal-Friendly Destination Attributes in South Korea: Perceptions and Behaviors of Muslim Travelers toward a Non-Muslim Destination’, Tourism Management, 2019 <https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.10.010>

Handra, Iolantri, Syafrizayanti Syafrizayanti, and Zulkarnain Chaidir, ‘Isolasi Dan Identifikasi Mikroalga Sebagai Sumber Antioksidan Dari Perairan Tirtasari Sonsang, Agam, Sumatera Barat’, Chimica et Natura Acta, 2019 <https://doi.org/10.24198/cna.v7.n1.20076>

Hasan, Fahadil Amin Al, ‘Penyelenggaraan Parawisata Halal Di Indonesia (Analisis Fatwa DSN-MUI Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah)’, Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 2017

Hasan, Muhammad, ‘Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi’, JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2018 <https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063>

Hutabarat, LB. Ruth Florida W. M., ‘Strategi Pengembangan Usaha Kuliner Di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif’, Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 2015

Jaelani, Aan, ‘Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects’, SSRN Electronic Journal, 2017 <https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864>

———, ‘Industri Wisata Halal Di Indonesia: Potenssi Dan Prospek (Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects)’, Munich Personal RePEc Archive Halal, 2017

Jamal, Ahmad, and Juwaidah Sharifuddin, ‘Perceived Value and Perceived Usefulness of Halal Labeling: The Role of Religion and Culture’, Journal of Business Research, 2015 <https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020>

Larasati, Yunita, and Rose Rahmidani, ‘Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang’, Jurnal Ecogen, 2019 <https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7334>

Masful, Mila Falma, ‘Pariwisata Syariah: Suatu Konsep Kepercayaan Dan Nilai Budaya Lokal Di Daerah Pedalaman Pilubang, Payakumbuh, Sumatera Barat’, Jurnal The Messenger, 2017 <https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.433>

Nugraha, Aryan Eka Prastya, Indri Murniawati, and Riyanto Riyanto, ‘Kajian Strategis Bisnis Syariah Di Indonesia’, I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 2019 <https://doi.org/10.19109/https://doi.org/10.19109/ieconomics.v5i1.3274>

Oktarina, Soraya, ‘Tantangan Organisasi Bundo Kanduang Dalam Mendorong Representasi Perempuan Di Lembaga Legislatif Sumatera Barat’, Journal Acta Diurna, 2018

<https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2018.14.2.1345>

Purnomo, Rohmad Aldi, Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Nulisbuku.Com, 2016

Ramadhany, Fitratun, and Ahmad Ajib Ridlwan, ‘Implikasi Pariwisata Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat’, Muslim Heritage, 3.1 (2018), 157–76

Razzaq, Serrin, C. Michael Hall, and Girish Prayag, ‘The Capacity of New Zealand to Accommodate the Halal Tourism Market - Or Not’, Tourism Management Perspectives, 2016 <https://doi.org/10.1016/j.tmp.2016.01.008>

Rozalinda, Rozalinda, Nurhasnah Nurhasnah, and Sri Ramadhan, ‘Industri Wisata Halal Di Sumatera Barat: Potensi, Peluang Dan Tantangan’, Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2019 <https://doi.org/10.15548/maqdis.v4i1.210>

Saksono, Herie, ‘Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah’, Jurnal Bina Praja, 2012 <https://doi.org/10.21787/jbp.04.2012.93-104>

Satriana, Eka Dewi, and Hayuun Durrotul Faridah, ‘Halal Tourism: Development, Chance and Challenge’, Journal of Halal Product and Research, 2018 <https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.1-issue.2.32-43>

Setiyawan, Agung, ‘Budaya Lokal Dalam Perspektif Agama: Legitimasi Hukum Adat (‘Urf) Dalam Islam’, ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 2012 <https://doi.org/10.14421/esensia.v13i2.738>

Setyawan, Dharma, ‘Gerakan Intelektual Kolektif Komunitas#Ayokedamraman Dalam Pemberdayaan Warga Membangun Pariwisata Alam Dan Ekonomi Kreatif’, NIZHAM, 2017

Subarkah, Alwafi Ridho, ‘Potensi Dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat)’, JURNAL SOSIAL POLITIK, 2018 <https://doi.org/10.22219/sospol.v4i2.5979>

Sugianti, Desy, ‘Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Pasar Terapung Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Banjarmasin’, JURNAL TATA KELOLA SENI, 2017 <https://doi.org/10.24821/jtks.v2i2.1820>

Suri, Lusi Andam, ‘Pembangunan Obyek Wisata Berbasis Komunitas Lokal Pada Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam’, Jurnal Sosiologi Andalas, 2019 <https://doi.org/10.25077/jsa.5.2.74-86.2019>

Susanti, Erna, and Dimas Perdana Oskar, ‘Penerapan Bauran Promosi Pada Saluran Distribusi Bagi Produk UMKM Di Kota Padang’, EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 3.1 (2019), 56–71

Suwondo, Tirto, ‘Karya-Karya Fiksi Ali Akbar Navis’, Al-Qalam, 1989 <https://doi.org/10.5281/ZENODO.1285150>

‘The SAGE Handbook of Qualitative Research’, Choice Reviews Online, 2005 <https://doi.org/10.5860/choice.43-1330>

Wardi, Yunia, Abror Abror, and Okki Tri Trinanda, ‘Peningkatan Pemahaman Dan Pengimplementasian Wisata Islami Bagi Pelaku Wisata Di Kota Padang’, International Journal of Community Service Learning, 2017 <https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12670>

Wiryomartono, Bagoes, Perspectives on Traditional Settlements and Communities: Home, Form and Culture in Indonesia, Perspectives on Traditional Settlements and Communities: Home, Form and Culture in Indonesia, 2014 <https://doi.org/10.1007/978-981-4585-05-7_1>

———, Perspectives on Traditional Settlements and Communities, Perspectives on Traditional Settlements and Communities, 2014 <https://doi.org/10.1007/978-981-4585-05-7>

Yuliani, Tessa, Liz Izmuddin, and Anne Putri, ‘Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pada Industri Kerajinan Kapuk’, EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4.1 (2020), 90–110

Yunus, Rasid, ‘Nilai-Nilai Kearifan Lokal ( Local Genius ) Sebagai Penguat Karakter Bangsa’, Deepublish Publisher, 2014

Downloads

Additional Files

Submitted

2020-11-17

Accepted

2020-12-16

Published

2020-12-31