Pengembangan Game Berhitung dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri

Authors

  • Joko Kuswanto Universitas Baturaja Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30983/educative.v2i1.321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa game pembelajaran berhitung untuk Sekolah Dasar kelas II dengan menggunakan program Visual Basic 6.0 selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan dari game berhitung untuk Sekolah Dasar dan peningkatan keinginan belajar siswa kelas II di SD N 3 OKUT. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode prosedural dengan teknik pengumpulan data adalah kunsioner yang berupa angket. Analisis data dilakukan dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga tahap uji coba. Uji tahap satu yaitu ahli media dengan hasil dalam penggunaan warna huruf dengan persentase 78,33% dengan predikat baik dan penggunaan program 100%, lalu untuk ahli desain dengan hasil persentase 83,69% dengan predikat baik dan ahli materi dengan hasil persentase 80,43% dengan predikat baik dilihat dari uji tahap ini maka produk game berhitung dapat diterima dengan baik. Uji tahap dua yaitu uji coba skala kecil dengan hasil analisis yaitu 80,21% dengan mendapat predikat baik. Selanjutnya uji tahap tiga yaitu uji coba skala besar dengan hasil analisis yaitu 86,14 % dengan predikat sangat baik, jadi produk ini telah layak dan diterima baik oleh responden. Berdasarkan aplikasi yang telah dibuat, peneliti menyarankan agar menambahkan level permainan agar permainan lebih menarik dan menyenangkan Kata Kunci: Permainan, visual basic 6.0.

References

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa game pembelajaran berhitung untuk Sekolah Dasar kelas II dengan menggunakan program Visual Basic 6.0 selain itu penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan dari game berhitung untuk Sekolah Dasar dan peningkatan keinginan belajar siswa kelas II di SD N 3 OKUT. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode prosedural dengan teknik pengumpulan data adalah kunsioner yang berupa angket. Analisis data dilakukan dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga tahap uji coba. Uji tahap satu yaitu ahli media dengan hasil dalam penggunaan warna huruf dengan persentase 78,33% dengan predikat baik dan penggunaan program 100%, lalu untuk ahli desain dengan hasil persentase 83,69% dengan predikat baik dan ahli materi dengan hasil persentase 80,43% dengan predikat baik dilihat dari uji tahap ini maka produk game berhitung dapat diterima dengan baik. Uji tahap dua yaitu uji coba skala kecil dengan hasil analisis yaitu 80,21% dengan mendapat predikat baik. Selanjutnya uji tahap tiga yaitu uji coba skala besar dengan hasil analisis yaitu 86,14 % dengan predikat sangat baik, jadi produk ini telah layak dan diterima baik oleh responden. Berdasarkan aplikasi yang telah dibuat, peneliti menyarankan agar menambahkan level permainan agar permainan lebih menarik dan menyenangkan

Kata Kunci: Permainan, visual basic 6.0.

Downloads

Submitted

2017-08-01

Accepted

2017-08-01

Published

2017-06-20

Issue

Section

Articles