Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Siswa (Studi Kasus di MA Muhammadiyah Lakitan Sumatera Barat)


Authors :
(1) Ahmad Putra Mail (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
(2) Prasetio Rumondor Mail (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


This paper discusses several forms of student delinquency that occurred at MA Muhammadiyah Lakit, West Sumatra, the things that influence and how Islamic religious education efforts in preventing phenomena that occur. This research uses a qualitative approach with qualitative descriptive analysis. Based on the results and data obtained, the problems that occur in students are considered to be serious, often repeated and make the school and the teacher worry about the habits of some students, such as being caught smoking in school stalls, jumping school fences, skipping school hours, fighting, and coming to school late. The school has also often warned and the last solution is the calling of parents of students involved in delinquency. The causes of delinquency done by students are due to the influence of peers, environmental influences, weak parental supervision and the influence of social media. There are two attempts by the school in preventing student delinquency, the first giving advice, and the second punishment. Although not yet running optimally. However, there has been a bright spot for students, so they understand the impact he has. In fact, the rules made by schools to shape themselves as moral and educated students, and make both parents happy.

Tulisan ini membahas tentang beberapa bentuk kenakalan siswa yang terjadi di MA Muhammadiyah Lakitan Sumatera Barat, hal-hal yang mempengaruhi serta bagaimana upaya pendidikan agama Islam dalam mencegah fenomena yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dan data yang diperoleh, permasalahan yang terjadi pada siswa sudah dianggap serius, sering terulang dan membuat pihak sekolah beserta guru khawatir dengan kebiasaan yang dilakukan beberapa siswa, seperti ketahuan merokok di warung sekolah, melompat pagar sekolah, bolos pada jam sekolah, berkelahi, dan telat datang ke sekolah. Pihak sekolah juga telah sering memperingatkan dan solusi terakhir ialah pemanggilan orang tua siswa yang terlibat kenakalan. Penyebab dari kenakalan yang dilakukan siswa dikarenakan pengaruh teman sepermainan, pengaruh lingkungan, pengawasan orang tua yang lemah dan pengaruh media sosial. Ada dua upaya yang dilakukan sekolah dalam mencegah kenakalan siswa, yang pertama memberikan nasehat dan kedua hukuman. Walaupun belum berjalan maksimal. Akan tetapi telah ada titik terangnya kepada siswa, sehingga mereka paham akan dampak yang ia didapatkan. Sejatinya, aturan yang dibuat sekolah untuk membentuk diri siswa yang bermoral dan berpendidikan, serta membahagiakan kedua orang tua.




Keywords


Islamic, religious education, student delinquency, delinquency prevention.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v4i1.2172

References

Afif Affan, Muhammad, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Di SMA N 1 JATINOM.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1993)

Alang, M. Sattu, Kesehatan Mental Dan Terapi Islam, (Makassar: Berkah Utami, 2005)

Bakry, Sama’un, Menggagas Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005)

Basri, Hasan, Remaja Berkualitas, Problematika Remaja Dan Solusinya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Daradjat, Zakiah, Kesehatan Mental, (Jakarta: Haji Masagung, 1990)

———, Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1995)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Bandung: Ponegoro, 2000)

Depdiknas, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Depdiknas, 2006)

Hafidhuddin, Didin, Membentuk Pribadi Qur’ani, (Bandung: Harakah, 2002)

Kahmad, Dadang, Sosiologi Agama, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006)

Khasanah, Uswatun, “Peran Guru PAI Dalam Upaya Pengendalian Perilaku Menyimpang Siswa Di SMA N 1 Pleret.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Khoiri, Qolbi, Model Dan Pendekatan Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja Di Kelurahan Tengah Padang Kota Bengkulu, Tadrib, Vol. 4, No. 2, Desember 2018, h. 313-314.

Lestari, Yuli Eka Indah, “Upaya Mencegah Kenakalan Siswa Di SMA N 5 Yogyakarta (Analisis Sekolah Berbasis Afeksi).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Majid, Abd., dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004)

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001)

Muhammad, Re-Formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Nur Insani, 2003)

Nasruhi, Sudiro, Islam Melawan Narkoba, (Yogyakarta: Pustaka Mandani Cipta, 2000)

Nasution, M. Yunan, Islam Dan Problema-Problema Kemasyarakatan, (Jakarta: Bulan Bintang, 1998)

Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001)

Setiawan, Nunung, “Kenakalan Siswa Madrasah Salafiyah Ula (Studi Kasus Di Kelas 5 MSU Al Ukhuwah Joho Sukoharjo Tahun Ajaran 2007/2008).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Simanjutak, B, Pengantar Kriminologi Dan Sosiologi, (Bandung: Tarsito, 1977)

Soma, Safari, Menanggulangi Remaja Kriminal, Islam Sebagai Alternatif, (Bogor: Bintang Tsurayya, 1995)

Sumara, Dadan Sumara, Sahadi Humaedi, Santoso, dan Meilanny, Budiarti, Kenakalan Remaja Dan Penangannya, Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 4, No. 2, Juli 2017, h. 347.

Sunarto. Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Sutikno, Pola Pendidikan Islam Dalam Surat Luqman Ayat 12-19,

Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), Vol. 1, No. 2, 2013, h. 292.

Umah, Yuli Choirul, Pendidikan Agama Islam Sebagai Pencegah

Juvenile Delinquency, Jurnal Lentera, Vol. 14, No. 2, September 2016, h. 182.

Zulaicha, Ika, “Strategi Guru PAI Dalam Menanggulangi Problem Pribadi Siswa Kelas XI Di SMA N 1 Srandakan Bantul.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v4i1.2172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Putra, Prasetio Rumondor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2549-41392549-4120
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/educative

E : educative.uinbukittinggi@gmail.com - educative@uinbukittinggi.ac.id
"View Educative Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License