Optimalisasi Kepemimpinan Guru Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Islam di Era Revolusi 5.0

Authors

  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Susanda Febriani SMP Negeri 4 Bukittinggi, Indonesia
  • Muhammad Afif Al Faruq Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v2i2.8516

Keywords:

Kepemimpinan Guru Madrasah, Mutu Pembelajaran Islam, Era Revolusi 5.0

Abstract

Abstrak

Integrasi teknologi dalam pendidikan tidak selalu berjalan mulus, terutama di lingkungan madrasah yang harus menjaga keseimbangan antara pendidikan umum dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi optimalisasi kepemimpinan guru di MTsN 1 Padang Pariaman dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran Islam di era revolusi industri 5.0 dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru madrasah, kepala madrasah, dan peserta didik serta observasi secara langsung di kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) MTsN 1 Padang Pariaman secara aktif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dan melaksanakan pelatihan profesional bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (2) Meskipun menghadapi tantangan seperti infrastruktur terbatas dan kesenjangan digital, teknologi telah meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. (3) Kepemimpinan guru berperan penting dalam mengatasi hambatan dan mendorong penggunaan teknologi, sementara dukungan pimpinan madrasah dan kebijakan yang fleksibel memfasilitasi keberhasilan integrasi. (4) Pelatihan yang terfokus pada keterampilan digital dan pedagogis telah memperbaiki efektivitas pembelajaran. Upaya ini menunjukkan komitmen madrasah untuk beradaptasi dengan era digital, dengan harapan bahwa pengembangan profesional dan akses yang merata akan memperkuat kualitas pendidikan dan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan.

 

Abstract

The integration of technology in education does not always run smoothly, especially in madrasah environments which must maintain a balance between general education and Islamic values. This research aims to identify strategies for optimizing teacher leadership at MTsN 1 Padang Pariaman in an effort to improve the quality of Islamic learning in the era of the industrial revolution 5.0 using a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out through interviews with madrasa teachers, madrasa heads and students as well as direct observations in the classroom during the learning process. Data collection techniques use techniques snowball sampling. The research results show that (1) MTsN 1 Padang Pariaman actively integrates technology in learning and carries out professional training for teachers to improve the quality of education. (2) Despite facing challenges such as limited infrastructure and the digital divide, technology has increased student motivation and engagement. (3) Teacher leadership plays an important role in overcoming barriers and encouraging the use of technology, while madrasa leadership support and flexible policies facilitate successful integration. (4) Training focused on digital and pedagogical skills has improved learning effectiveness. This effort shows the madrasa's commitment to adapting to the digital era, with the hope that professional development and equitable access will strengthen the quality of education and prepare students for the future.

References

REFERENSI

Ahmad, A. K., Rahayu, K. M., & Lisnawati, S. (2023). Pembelajaran Berbasis E-Learning di Madrasah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan: Kasus MTsN Al Azhar. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 275–289.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.

Akhyar, M. (2024). Penerapan Pendekatan Differensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Irfani (e-Journal), 20(2), 277–295.

Akhyar, M., Hanani, S., & Gusli, R. A. (2024). Relevansi Positivisme Auguste Comte Dalam Kemajuan Sistem Pendidikan Islam Modern. QATHRUNÂ, 11(2), 84–96.

Ananda, R., Amiruddin, A., & Rifa’i, E. M. (2017). Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan.

Anugerah, R. B. (2023). Transformasi Madrasah dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 8(2), 153–170.

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 93–116.

Chaerudin, A. (2018). Manajemen pendidikan dan pelatihan SDM. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dacholfany, M. I. (2024). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidikan Di Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Dan Bimbingan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 5–13.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasanah, U., & Zalnur, M. (2024). Proses Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(3), 724–737.

Hayati, M. (2020). Kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran e-learning di masa pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). KEBIJAKAN DAN INOVASI PENDIDIKAN: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Juwairiah, J., Tendri, M., Bariroh, S., Zulkifli, N., Toto, H. D., & Nurdiana, N. (2023). Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA 1 Kota Sungai Penuh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6495–6507.

Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64–82.

Marpaung, R. W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558.

Mohsen, M., Siregar, I., & Ahmad, A. K. (2023). Pengelolaan Program Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia: Studi Kasus di MAN IC Sorong. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 352–370.

Nastiti, P. T., & Wathon, A. (2019). Membangun Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 161–187.

Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Wijayanto, P. W., & Qana’a, M. (2024). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Komunikasi Efektif Bagi Siswa SMK Plus Al Aitaam Bandung. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2).

Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media.

Downloads

Published

2024-12-31

Citation Check