Analisis Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa di MTsN 6 Padang Pariaman

Authors

  • Radhiatul Husni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Elsa Juni Saputri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Nurul Khasanah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Wilujeng Hariati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v2i1.7592

Keywords:

Sarana, Prasarana, Minat Belajar

Abstract

Abstrak

Sarana dan prasarana merujuk pada keseluruhan perangkat, baik yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Keberadaan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tempat penelitian di MTsN 6 Padang Alai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan Teknik analisis data berupa triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sarana dan prasarana di MTsN 6 Padang Pariaman masih terbatas. Keterbatasan dalam sarana dan prasarana di sekolah cenderung menurunkan minat belajar siswa. Siswa kurang bersemangat dan tekun dalam melaksanakan tugas dalam proses pembelajaran. Fasilitas sekolah yang terbatas berdampak pada rendahnya minat belajar siswa untuk tetap produktif. Para guru di MTsN 6 Padang Pariaman banyak memberikan semangat kepada siswanya untuk terus belajar walaupun dengan alat seadanya. Peran guru sangat diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan serta menjaga minat belajar siswa.

 

Abstract

Facilities and infrastructure refer to all devices, both directly and indirectly, that support the smooth teaching and learning process. The existence of facilities and infrastructure influences students' interest in learning. This research uses descriptive qualitative methods with the research location at MTsN 6 Padang Alai. Data collection techniques were carried out through interviews and observations with data analysis techniques in the form of triangulation. The results of this research state that the facilities and infrastructure at MTsN 6 Padang Pariaman are still limited. Limitations in facilities and infrastructure in schools tend to reduce students' interest in learning. Students are less enthusiastic and diligent in carrying out tasks in the learning process. Limited school facilities have an impact on students' low interest in learning to remain productive. The teachers at MTsN 6 Padang Pariaman give lots of encouragement to their students to continue learning even with minimal equipment. It is hoped that the teacher's role can improve, grow and maintain students' interest in learning.

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.

Arifa, N. M., Imaniyati, P., & Pratiwi, R. S. (2022). Pengaruh Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Keberhasilan Proses Belajar Mengajar Yang Dilaksakanan Di Sekolah. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 119–127.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.

Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 1(1), 44–52.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60–68.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 4(2), 47–53.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.

Khairuddin, K. (2014). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Dalam Peningkatan Akreditasi Madrasah Aliyah. Jurnal Serambi Ilmu, 15(1), 67–78.

Nur, H. W., Nirwandi, N., & Asmi, A. (2018). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma N 1 Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal MensSana, 3(2), 93–101.

Nur, J. (2015). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 3(1).

Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Rahayu, S. M., & Sutama, S. (2016). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27(2), 123–129.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293.

Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika sarana dan prasarana pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149.

Rosida, W., & Nurzaima, N. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah Pada Paud Nurul Maghfirah Kota Kendari. Edum Journal, 3(1), 72–78.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yan Mempengaruhinya,. In Rineka Cipta. PT. Riena Cipta.

Suri, W. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Smk. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi manajemen sarana dan prasarana. Karimah Tauhid, 1(2), 226–233.

Tanggela, M. (2013). Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Di SMP Negeri 2 Batu. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Yanti, S. D. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check