Analisis Kinerja Guru Sertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Kampar, Riau: Faktor Pendukung dari Perspektif Islam

Authors

  • Andre Marsal Mawirta Universitas Komputer, Bandung, Indonesia
  • Yuniar Yuniar SD Negeri 007 Sungai Jaring, Lubuk Basung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.7531

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja guru sertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Kampar, Riau, dengan fokus pada identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja mereka. Metode kuantitatif digunakan dengan desain survei komparatif antara guru di SMA Negeri berakreditasi A dan B. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebar kepada 100 guru dari masing-masing kelompok. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam kompetensi pedagogik, dengan rata-rata skor guru Akreditasi A (84,26%) lebih tinggi dibandingkan Akreditasi B (74,9%). Motivasi kerja juga berbeda secara signifikan, di mana guru Akreditasi A (77,20%) mendapatkan skor lebih tinggi daripada Akreditasi B (67,50%). Dari perspektif nilai Islam, pentingnya kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru dalam mencapai tujuan pendidikan Islam tergarisbawahi. Oleh karena itu, dukungan sekolah diperlukan untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi guru guna mendukung peningkatan kualitas pembelajaran.

 

Abstrack

This research focuses on evaluating the performance of certified teachers in public high schools in Kampar Regency, Riau. The objective of this study is to identify the factors influencing teacher performance. The research employs a quantitative method with a comparative survey design involving teachers from A and B accredited public high schools. Data is collected through an online questionnaire distributed to 100 teachers from each group. The analysis reveals a significant difference in pedagogical competence between teachers in the two groups. The average score of Accreditation A teachers (84.26%) is higher than Accreditation B teachers (74.9%). Additionally, there is a significant difference in work motivation, where Accreditation A teachers (77.20%) score higher compared to Accreditation B teachers (67.50%). From an Islamic values perspective, pedagogical competence and teacher motivation are considered crucial in achieving Islamic educational goals. Therefore, school support is necessary to enhance teachers' competence and motivation to contribute to the improvement of the quality of education.

References

Abdurrohman, Muhammad Cholid, Santi Lisnawati, and Hasbi Indra. 2023. “Kompetensi Guru Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk).†Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (01): 151–68.

Efendi, Nur, and Muh Ibnu Sholeh. 2023. “Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.†Academicus: Journal of Teaching and Learning 2 (2): 68–85.

Fahrani, Novi Savarianti. 2023. Evaluasi Kebutuhan Tenaga Guru Di Indonesia. Vol. 1. CV. Mitra Cendekia Media.

Febrianti, Indri, and Makmur Syukri. 2023. “Peran Akreditasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Lembaga Pendidikan.†JUMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (1): 11–23.

Halalutu, Farida. 2023. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Kompotensi Pedagogik Guru dalam Menyusun, Mengembangkan CP, TP Dan ATP Melalui KKG Di MIM Unggulan Kota Gorontalo.†Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (2): 424–31.

Hasanah, Maratul, and M Nasor. 2023. “Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri.†Unisan Jurnal 2 (2): 589–602.

Larasati, Vinta, and Abdul Gafur. 2018. “Hubungan Kompetensi Pedagogis dan Kompetensi Profesional Guru PPKn dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah.†Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 15 (1): 45–51.

Mardhatillah, Olivia, and Jun Surjanti. 2023. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 15 (1): 102–11.

Munthe, Lastiur Monica, and Dorlan Naibaho. 2024. “Memahami Peserta Didik Melalui Prinsip-Prinsip Kepribadian.†Nian Tana Sikka: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2 (1): 46–52.

Muslimin, Muslimin. 2020. “Program Penilaian Kinerja Guru Dan Uji Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru.†Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 4 (1): 193–200.

Muspawi, Mohamad. 2021. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.†Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21 (1): 101–6.

Nasution, Inom, Salsabila Mayla Nadhira Syifa, Ika Safitri Ainun, Meryna Aulia, Ovi Ardilla, and Abdul Latif Sitompul. n.d. “Upaya Peningkatan Kualitas Guru dalam Kemajuan Proses Pembelajaran di Sekolah SD Rahmat Islamiah.â€

Nugraha, Daffa Irsyad, Nopyta Sari, Ruli Mahruliana, Shifa rangga Saputra, and Yunita Larasati. 2023. “Pengaruh Karakteristik Guru terhadap Hasil Evaluasi Pembelajaran di SMKN 1 Katapang.â€

Pulkkinen, Jonna, and Juhani Rautopuro. 2022. “The Correspondence between PISA Performance and School Achievement in Finland.†International Journal of Educational Research 114 (July 2021): 102000. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.102000.

Ramli, Akhmad, Rahmadani Putri, Eliza Trimadona, Ayuliamita Abadi, Yolla Ramadani, Andi Muh Akbar Saputra, Pebrina Pirmani, Nurhasanah Nurhasanah, Iin Nirwana, and Khotimah Mahmudah. 2023. Landasan Pendidikan: Teori dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sabri, Ahmad, and Fenny Ayu Monia. 2023. Manajemen Pendidikan Islam. Global Eksekutif Teknologi.

Sujana, Heni, Siti Patimah, and Sri Andayani. 2023. “Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.†In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 3:126–33.

Ulfah, Dhini Yatol. 2023. “Kode Etik Guru terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Siswa.â€

Veirissa, Audi Hifi. 2021. “Kualitas Guru di Indonesia.†In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4:267–72.

Downloads

Published

2023-12-31

Citation Check