Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
DOI:
https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i2.6486Abstract
Abstrak
Leadership (kepemimpinan) dapat dikatakan sebagai suatu metode dalam mengkoordinir, memberdayakan, dan mengendalikan seluruh komponen dalam sebuah organisasi atau menyiratkan bahwa pencapaian dibuat oleh individu atau perwakilan untuk mencapai tujuan hierarkis. Pencapaian tujuan-tujuan resmi hanya dapat dibayangkan karena upaya para penghibur di asosiasi berfungsi dengan baik. Seorang pendidik yang memiliki kinerja tinggi dan hebat dapat menjunjung tinggi pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh madrasah. Penelitian ini menggambarkan dan merinci gaya kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja pendidik dan kependidikan di MTsS Ainul Yaqin Batagak, serta menyelidiki variabel-variabel yang mempengaruhi gaya kepemimpinan. Tinjauan ini menggunakan metodologi subjektif yang dijelaskan dengan rencana penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah terlihat dari perilaku sehari-hari yang penuh perhatian, humoris, tegas, bijaksana, disiplin, dan memiliki emosi yang stabil, bahkan penugasan lembaga diselesaikan dengan baik. Dalam memonitor, kepala madrasah menggunakan gaya kepemimpinan kelompok dengan tujuan meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Kepala madrasah di MTsS Ainul Yaqin Batagak Kabupaten Agam menunjukkan perilaku peduli, dan penugasan yang diberikan dilakukan dengan adil dengan memberikan arahan terlebih dahulu.
Â
Abstract
Leadership (leadership) can be said to be a method of coordinating, empowering and controlling all components in an organization or implying that achievements are made by individuals or representatives to achieve hierarchical goals. The achievement of official goals is only conceivable due to the efforts of the entertainers in the well-functioning association. An educator who has high and great performance can uphold the achievement of the goals and targets set by the school. This research describes and details the leadership style of madrasah heads to improve the performance of educators and education at MTs Ainul Yaqin Batagak, as well as investigating the variables that influence leadership style. This review uses a subjective methodology explained by a case study research plan. The results of the research show that the leadership style of the madrasa head can be seen from his daily behavior which is attentive, humorous, firm, wise, disciplined and has stable emotions, even institutional assignments are completed well. In monitoring, the madrasa head uses a group leadership style with the aim of improving the performance of educators and education staff. The head of the madrasah at MTs Ainul Yaqin Batagak, Agam Regency shows caring behavior, and the assignments given are carried out fairly by giving directions first.References
Ajefri, Feska. 2017. “Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah.†Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7 (2): 99–119.
Arquitectura, EnergÃa Y, Tulo I Introducci, Tulo Iv, L A S Teatinas, Tulo V I I Conclusiones, Perspectivas DEUSO Contemporáneo, et al. 2015. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis. Vol. 53. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.
Badrudin, Badrudin, Teti Muliawati, Yunus Russamsi, and Ari Prayoga. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. â€Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 (1): 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151.
Bulgansyah, Ritonga. 2020. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Model.†Jurnal Ilmiah Edutech UMSU 6 (2).
Chatterjee, Moumita, and M Mohanty. 2018. “The Relationship between Leadership Styles & Perceived Leadership Effectiveness of Corporate Leaders in Kolkata.†International Journal of Management Studies.
Dakir. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dalam Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru PAI di SMA dan SMK Se-Kota Palangkaraya. Maret 2018. Yogyakarta: K-Media.
Effendi, Rajab, Idi Warsah, and Jumira Warlizasusi. 2022. “Implementasi Manajemen Mutu Lulusan Berbasis Karakter Spiritual Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada SMK IT AL Husna Lebong.†IAIN Curup.
Fahri, Faisal, and M Joharis Lubis. 2022. “Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa.†Jurnal Basicedu 6 (3): 3364–72.
Fauzi, Ahmad. 2017. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam.†Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2): 53–64.
Fitriani, Annisa. 2015. “Gaya Kepemimpinan Perempuan.†Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam 11 (2): 1–22.
Gunawan, Lina, Fifi Alifia, and Widwi Handari Adji. 2022. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. XYZ Bandung.†Ekonomis: Journal of Economics and Business 6 (1): 132–35.
Husaini, Usman. 2008. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. SCMS Journal January-March 2008.
Indonesia, Undang-Undang Republik. 2003. “Sistem Pendidikan Nasional.†Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Jaya, Wayan Satria. 2022. “Kinerja Guru Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (3): 1286–94.
Khalid, Idham, Rita Rita, Maisah Maisah, Lukman Hakim, and Kasful Anwar Us. 2021. “Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Jambi.†Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik 1 (2): 139–57.
Latifah, Ami, Andi Warisno, and Nur Hidayah. 2021. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam‎ Meningkatkan Mutu Lulusan Di MA Nurul‎ Islam Jati Agung.†Jurnal Mubtadiin 7 (02): 70–81.
Mahalinga Shiva, M S A, and Damodar Suar. 2012. “Transformational Leadership, Organizational Culture, Organizational Effectiveness, and Programme Outcomes in Non-Governmental Organizations.†Voluntas: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations 23: 684–710.
Mulyasa, Enco. 2003. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK.â€
Mulyasa, H Enco. 2022. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Northouse, Peter Guy. 2014. Introduction to Leadership: Concepts and Practice. Sage.
Nugraha, Deden Irfan. 2018. “Kepemimpinan Spiritual Kepala Madrasah.†UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rahardja, Untung, Qurotul Aini, and Siti Ria Zuliana. 2016. “Metode Learning Management System (LMS) IDu Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar MIT pada Perguruan Tinggi Raharja.†Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science 2 (2): 156–72.
Rahmat, Abdul. 2019. “Social Capital, Leadership and Compensation against Entrepreneurial Behavior.â€
Sabri, Ahmad, and Fenny Ayu Monia. 2023. Manajemen Pendidikan Islam. Global Eksekutif Teknologi.
Septrisia, Reni, Fenny Ayu Monia, and Imam Hanafi. 2020. “Gaya Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah: Tinjauan Perbedaan Gender dan Usia.†JURNAL Public Administration, Business and Rural Develoment Planning 2 (1): 11–27.
Sudarwan Danim. 2012. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Bumi Aksara.
Undang-Undang, R I. 2006. “No. 14 Tahun 2005.†Tentang Guru dan Dosen.
Werdiningsih, Wilis. 2021. “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring.†Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2 (1): 113–24.
Wibowo, Adi, Ita Nurmalasari, and Ade Arifin. 2015. “Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Menyusun Rencana Kerja Sekolah Melalui Pendampingan Manajerial Secara Kolaboratif di SMA Binaan Kota Batu.†Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 22 (2): 1–12. https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5393.
Wijoyo, Hadion. 2021. “Team Kerja Leadership.†Leadership di Era Digital, 99.