Langkah Strategis untuk Kemajuan Pendidikan

Authors

  • Riko Anas MTsN 6 Lima Puluh Kota, Indonesia
  • Aisyah Syafitri SMPN 2 Tigo Nagari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6447

Abstract

Abstrak

Langkah strategis untuk kemajuan pendidikan sangat berguna sebagai bahan pertimbangan para pemangku kepentingan dalam merencanakan perencanaan pendidikan melalui langkah-langkah kunci dalam langkah strategis sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik dan dapat meminimalisir resiko serta kemungkinan yang akan terjadi terutama pada zaman 4.0. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana langkah strategis untuk kemajuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (library research). Penelitian ini menggali obyek penelitiannya berdasarkan beragam informasi yang bersumber dari kepustakaan (ensiklopedi, buku, jurnal ilmiah, majalah, koran dan dokumen). Penelitian ini menunjukkan bahwa kerangka pengembangan pendidikan terdiri atas lima langkah utama, di antaranya perumusan misi, asesmen lingkungan internal dan eksternal, perumusan tujuan, pemilihan strategi, dan pemeliharaan strategi. Setiap langkah dalam kerangka ini memiliki peran penting dalam merumuskan langkah strategis yang baik. Dalam era yang kompleks dan cepat berubah, lembaga pendidikan harus menerapkan langkah strategis dengan cermat untuk mencapai visi dan misi mereka. Dengan memahami konsep langkah strategis, menetapkan tujuan yang jelas, dan menerapkan analisis SWOT, lembaga pendidikan dapat mengambil  langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pendidikan mereka. Dengan demikian, langkah strategis adalah landasan yang krusial untuk kemajuan pendidikan di masa depan.

Kata Kunci : Langkah Strategis, Manajemen Strategi, Kemajuan Pendidikan

 

Abstract

Strategic steps for the advancement of education are very useful as material for consideration by stakeholders in planning educational planning through key steps in strategic steps so that the goals to be achieved can be carried out properly and can minimize the risks and possibilities that will occur, especially in the 4.0 era. This study aims to explain how strategic steps are for the advancement of education using a library approach(library research). This study explores the research object based on a variety of information sourced from the literature (encyclopedias, books, scientific journals, magazines, newspapers and documents). This study shows that the educational development framework consists of five main steps, including mission formulation, internal and external environment assessment, goal formulation, strategy selection, and strategy maintenance. Each step in this framework has an important role in formulating a good strategic move. In a complex and rapidly changing era, educational institutions must carefully implement strategic steps to achieve their vision and mission. By understanding the concept of strategic moves, setting clear goals, and applying SWOT analysis, educational institutions can take effective steps to improve the quality and efficiency of their education. Thus, strategic steps are a crucial foundation for the advancement of education in the future.

Keyword : Strategic Steps, Strategic Management, Education Progress

References

Buku

Harefa, D., Telaumbanua, K., & Publisher, P. M. (2020). Teori Manajemen dan Bimbingan Konseling: Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan. PM Publisher. https://books.google.co.id/books?id=SH7-DwAAQBAJ.

Harjito, A. (2016). Berfikir Strategis: Konsep, Implementasi dan Pengalaman. Penerbit Ekonisia.

Subyantoro, A., & Suwarto, F. X. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi. Penerbit Andi.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Penerbit Andi.

Jurnal

Apriyanti, M. E. (2020). Percaya Diri dan Berpikir Strategis untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis. Jurnal Usaha, 1(2), 26–40.

Baedowi, M. (2022). Manajemen Strategik Sebagai Paradigma Baru dalam Lembaga pendidikan Pendidikan. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 108–125.

Faujiah, S., Syaifudin, M., & Andriani, T. (2023). Implementasi Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(3), 641–650.

Ikhwan, A. (2019). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 111–154.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Lembaga pendidikan dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 2(1), 80–101.

Rifa’i, A. A. (2012). Urgensi Berfikir Strategis dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 277–290.

Silitonga, D. (2019). Komparasi Perencanaan Strategis (Renstra) Kemendikbud dan Sma Negeri 68 Jakarta Berdasarkan Analisis Teori. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2).

Syafitri, A., Kamal, M., & Wati, S. (2022). Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Hasil Belajar (Kognitif) Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Koloni, 1(2), 135–144.

Syafitri, A., Sesmiarni, Z., & Devi, I. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di SMPN 2 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11401–11410.

Yusril, M., & Yusri, A. F. (2023). Konsep Perencanaan Strategis di Lembaga Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 2(2), 205–212.

Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Feriyansyah. (2021). Manajemen Strategik SMK Negeri 2 Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. In Disertasi (pp. 1–276). UIN Raden Intan Lampung.

Siti Maesaroh. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di MAN 2 Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia). http://repository.iainpurwokerto.ac.id/13361

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

Citation Check