Hubungan Sebab-Akibat Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: SEM-PLS

Authors

  • Rizka Pitri UIN Raden Intan Lampung, Lampung
  • Miranda Dimas Irawan UIN Raden Intan Lampung, Lampung
  • Linda Rassiyanti Institut Teknologi Sumatera, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30983/lattice.v4i2.9069

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar, Structural Equation Model

Abstract

Interpersonal intelligence is a person's ability to work together and understand between individuals with others. The utilization of interpersonal intelligence in mathematics learning will have an impact on improving the quality of learning outcomes. However, currently the social interaction that occurs in educational units is still low. Thus, resulting in low quality of learning outcomes. Based on this, an analysis is needed to measure the causal relationship between interpersonal intelligence and learning outcomes using Structural Equation Modeling (SEM)-PLS. This study used 75 samples of grade X students at SMAN Martapura. The purpose of this research is to see the cause-and-effect relationship between interpersonal intelligence and learning outcomes. The method used was SEM-PLS method. The instruments used in the study consisted of essay questions and interpersonal intelligence questionnaire. This study shows that there is a significant causal relationship between interpersonal intelligence and students' learning outcomes in mathematics.

 

Kecerdasan interpersonal merupakan suatu kemampuan seseorang dalam bekerja sama dan memahami antar individual dengan yang lainnya. Pemanfaatan kecerdasan interpersonal dalam pembelajaran matematika akan berdampak pada peningkatan kualitas hasil belajar. Namun, saat ini interaksi sosial yang terjadi di satuan pendidikan masih rendah. Sehingga, mengakibatkan rendahnya kualitas hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu analisis untuk mengukur hubungan sebab-akibat antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)-PLS. Penelitian ini menggunakan 75 sampel siswa kelas X di SMAN Martapura. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan sebab-akibat antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode SEM-PLS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari soal essay dan angket kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan sebab-akibat yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar peserta didik di bidang matematika.

References

T. Armstrong, Multiple Intelligences in The Classroom. Alexandria, VA: ASCD, 2013.

A. Hamid, R. Jaenudin, and D. Koryati, “Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Pada Pembelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 5, no. 1, pp. 1–16, 2018.

H. Amalia Dewi, M., & Kurniawan, “Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 228–233, pp. 228–233, 2019.

M. Y. Putlely, Z., Lesnussa, Y. A., Wattimena, A. Z., & Matdoan, “Structural Equation Modeling (SEM) Untuk Mengukur Pengaruh Pelayanan, Harga, dan Keselamatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Angkutan Umum Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Ambon,” vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2021.

A. D. Wardani, N. Hajarisman, and Zulhanif, “Analisis Multigroup Structural Equation Modeling (SEM),” pp. 1–10, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

P. . Altares et al., Elementary Statistics:A Modern Approach. Manila: Rex Book Store, Inc, 2003.

T. Safaria, Interpersonal Intelligence: Metode Pegembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books, 2005.

B. S. Bloom, Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: Loneman, 1984.

J. R. Fraenkel, N. E. Wallen, and H. H. Hyun, How to design and evaluate research in education, 8th editio. New York: Mc Graw Hill, 2012.

I. W. Ratih Pratiwi, I. G. A., Manuaba, I. B. S., & Sujana, “Kontribusi Kecerdasan Interpersonal Dan Aktualisasi Diri Dalam Kelompok Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 209, 2020.

W. W. Chin, “Modern Methods for Business Research,” 1998, pp. 295–336.

M. Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Los Angeles: SAGE Publications, 2021.

H. Ghozali, I., & Latan, Partial Least Squares: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2015.

M. Surya, N. Gusriano, and I. Irianingsih, “Analisis Faktor yang Memengaruhi Brand Loyaliti Gojek dengan Efek Mediator Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM),” J. Mat. Integr., vol. 16, no. 2, pp. 127–137, 2020.

R. R. Henseler, J., Ringle, C. M., & Sinkovics, “The Use of Partial Least Squares Path Modeling in International Marketing,” Adv. Int. Mark., vol. 20, pp. 277–319, 2009.

M. Ernawati, E. H. Hermaliani, and D. N. Sulistyowati, “Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile,” Ikraith-Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 58–67, 2021.

Downloads

Submitted

2024-12-24

Accepted

2025-01-08

Published

2024-12-31