Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30983/lattice.v4i2.8652Keywords:
Locus of control, Kemampuan Eksplorasi, Kemampuan Eksplorasi matematisAbstract
Mathematical exploration ability is an important ability to have nowadays. Various factors are thought to influence a person's mathematical exploration ability, both from a cognitive and affective aspects. One of the affective aspects that affect one's learning achievement is locus of control. This study aims to investigate whether there is an influence of locus of control on mathematical exploration ability of grade XI students of MAN 4 Banjar. The research method used is correlational research. Population of this research is all students of class XI MAN 4 Banjar which amounted to 102 students, while the research sample is one of class XI which amounted to 34 students. The data collection techniques used were tests and questionnaires using mathematical exploration ability test instrument and locus of control questionnaire. The statistical test used is simple regression analysis. The results showed that the locus of control of the XI grade students of MAN 4 Banjar was in the moderate category. Likewise, the mathematical exploration ability of students is in the medium category as well. Simple regression analysis test results show that there is an effect of locus of control on the students' mathematical exploration ability.
Kemampuan eksplorasi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki saat ini. Berbagai faktor diduga mempengaruhi kemampuan eksplorasi matematis seseorang, baik dari segi kognitif dan afektif. Salah satu aspek afektif yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang adalah locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh locus of control terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas XI MAN 4 Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 4 Banjar yang berjumlah 102 siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah salah satu kelas XI yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket menggunakan instrumen tes kemampuan eksplorasi matematis dan angket locus of control. Uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan locus of control siswa kelas XI MAN 4 Banjar berada pada kategori sedang. Begitu juga dengan kemampuan eksplorasi matematis siswa berada pada kategori sedang pula. Hasil uji regresi linier menunjukkan ada pengaruh locus of control terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa
References
E. S. Nurbaya and A. Warmi, “Analisis kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas VIII pada materi statistika,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 12, no. 3, pp. 318–329, 2021.
M. Sari and C. Hasanudin, “Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari,” Pros. Semin. Nas. Daring, pp. 1906–1912, 2023.
S. Nurbaya and A. Warmi, “Analisis kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas VIII pada materi statistika A . Pendahuluan Pendidikan merupakan kebutuhan utama manusia sebagai makhluk hidup yang berpikir yang membedakan dengan makhluk hidup lainnya . Karena dengan adanya pendidikan,” vol. 12, no. 3, pp. 318–329, 2021.
N. Nurhasanah, E. Suherman, and P. B. Lestari, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika pada Siswa,” Educ. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, no. 2, pp. 10–19, 2013.
K. E. Lestari and M. R. Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Riefka Aditama, 2018.
E. Susilawati, A. H. Syaf, and W. Susilawati, “Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” J. Anal., vol. 3, no. 2, pp. 138–147, 2017, doi: 10.15575/ja.v3i2.2015.
N. N. Azizah and K. E. Lestari, “Pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending terhadap kemampuan eksplorasi matematis siswa,” Pythagoras J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, pp. 188–196, 2023, doi: 10.33373/pythagoras.v12i2.5472.
W. J. Popham, E. L. Baker, and A. Hadi, Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.
I. Magdalena, A. Hidayah, and T. Safitri, “Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang,” J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 48–62, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
F. Fadilah and S. R. Mahyuny, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 2, pp. 100–105, 2019, doi: 10.24815/jipi.v2i1.10731.
A. A. Widyaninggar, “Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 2, pp. 89–99, 2015, doi: 10.30998/formatif.v4i2.143.
R. Adinda and T. Rahmat, “Pengaruh Locus of Control terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTsN 6 Agam,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 3051–3057, 2022.
J. D. Insani and F. NRH, “Locus of Control Internal Dan Job Insecurity Pada Karyawan Cv. Elfana Semarang,” J. Empati, vol. 4, no. 4, pp. 173–179, 2015.
T. T. Suprayogi, “Locus Of Control Dan Kinerja Karyawan : Uji Komparasi Toteng Temy Suprayogi,” Ris. dan Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 131–138, 2017.
H. S. Friedman and M. W. Stuchstack, Kepribadian: Teori Klasik dan Modern. Jakarta: Erlangga.
Leonard and Abzani, “Pengaruh Locus of Control Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Pros. Disk. Panel Nas. Pendidik. Mat., pp. 549–558, 2017.
L. Y. La Kalamu and H. Djafar, “Pengaruh locus of control terhadap penalaran matematis siswa,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, p. 68, 2022, doi: 10.33387/dpi.v11i1.4356.
A. A. Rahman and K. E. Lestari, “Pengaruh Kemampuan Eksplorasi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa,” J. Didact. Math., vol. 6, no. 2, pp. 212–221, 2024.
L. Selviana, W. Afgani, and R. A. Siroj, “Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative Correlational Research,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 5118–5128, 2024, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
F. Antoni, F. M. Yendi, and T. Taufik, “Peningkatan Locus of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa,” SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 4, no. 2, p. 29, 2019, doi: 10.23916/08399011.
L. Tambunan, “Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1051–1061, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.491.
Winarti, “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak,” J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidkan, vol. Vol. VIII, no. 2, pp. 123–132, 2013.
R. Ridwan, “Peranan Etika Kerja Islam terhadap Hubungan Locus of Control dengan Kinerja Karyawan,” Trikonomika, vol. 12, no. 1, p. 72, 2013, doi: 10.23969/trikonomika.v12i1.461.
N. F. Amir and A. Andong, “Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan,” J. Elem. Educ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.30984/jeer.v2i1.48.
E. S. N. Hartiningrum, Y. Anggraini, and Anzora, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Pros. Conf. Res. Community Serv., vol. 3, no. 1, pp. 338–345, 2021.
Syatriadin, “Locus Of Control: Teori Temuan Penelitian dan Reorientasinya Dalam Manajemen Penanganan Kesulitan Belajar Peserta Didik,” Fondatia J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 144–164, 2017.
B. N. Achadiyah and N. Laily, “Pengaruh Locus of Control Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 11, no. 2, pp. 11–18, 2013, doi: 10.21831/jpai.v11i2.1687.
Devie Amalia Lestari, I Made Putrawan, and Diana Vivanti Sigit, “Pengaruh Locus of Control dan Kepribadian (Personality) Terhadap Keinginan Untuk Bertindak (Intention to Act) Siswa,” IJEEM - Indones. J. Environ. Educ. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 139–151, 2020, doi: 10.21009/ijeem.052.03.
Trisnawati, S. B. Thalib, and Rachmawaty, “Pengaruh internal locus of control terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Sinjai Barat,” Pros. Semin. Nas. Biol. dan Pembelajarannya, pp. 485–490, 2012.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafizah, Hasby Assidiqy, Mayang Gadih Ranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).