Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam


Authors :
(1) Novia Roza Mail (STKIP Yayasan Dharma Bakti Lubuk Alung, Indonesia)
(2) Jumrawarsi Jumrawarsi Mail (STKIP Yayasan Dharma Bakti Lubuk Alung, Indonesia)
(3) Elfa Rafulta Mail (STKIP Yayasan Dharma Bakti Lubuk Alung, Indonesia)

Abstract


This research began with the decline in mathematics learning outcomes for class X students at SMAN 1 2X11 Kayutanam. Factors that cause low student mathematics learning outcomes include internal factors, namely student self-confidence. The aim of this research is to determine the relationship between self-confidence and mathematics learning outcomes for class X students at SMAN 1 2x11 Kayutanam. The hypothesis of this research is that there is a relationship between self-confidence and the Mathematics learning outcomes of class X students at SMAN 1 2x11 Kayutanam. This type of research uses quantitative descriptive methods. The population in this study were class X students of SMAN 1 2x11 Kayutanam for the 2022/2023 academic year. The sampling technique in the research was taken using systematic sampling, totalling 43 class X students. The instrument used in this research was a questionnaire given to students. The analytical technique used to test the hypothesis is Pearson product-moment correlation analysis and using the t-test to determine the relationship between self-confidence and Mathematics learning outcomes for class X SMAN 1 2x11 Kayutanam students. The results of the research show that there is a relationship between self-confidence and the Mathematics learning outcomes of class X SMAN 1 2x11 Kayutanam studen. The results of the research show that there is a relationship between self-confidence and the Mathematics learning outcomes of class X SMAN 1 2x11 Kayutanam, whichis indicated by at tstat value of 2,663 and ttable of 1,682 at a 5% error level.

Penelitian ini berawal dari menurunnya hasil pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayutanam. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa di antaranya adalah faktor internal yaitu kepercayaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayutanam. Hipotesis penelitian ini terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayutanam. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayutanam Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan sampling sistematis yang berjumlah 43 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada berupa angket yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi pearson product moment dan menggunakan uji t agar dapat mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayutanam. Hasil penelitian menunjukkaan adanya hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,663 dan ttabel sebesar 1,682 pada taraf kesalahan 5%.


Keywords


Kepercayaan diri; Hasil belajar; Matematika

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7566

References

S. Y. V. I. Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, “Vol. 14 No. 2 / April – Juni 2021,” J. Holistik, vol. 14, no. 2, pp. 1–17, 2021.

A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

A. Aniswita, Y. Saputra, and G. H. Medika, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 4, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.24014/juring.v4i1.12589.

I. Vandini, “Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 3, pp. 210–219, 2016, doi: 10.30998/formatif.v5i3.646.

H. Adhia, D. Ardila, U. Mahaputra, and M. Yamin, “Hubungan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok,” vol. 2, no. 1, pp. 22–29, 2017.

Iltavia, “Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing pada materi fungsi pembangkit,” J. Kependidikan, vol. 3, no. 9, pp. 236–248, 2019.

H. Hendriana, Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswi. Refika Aditama, 2017.

R. Rahayu, “Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa kelas viii dalam menyelesaikan masalah matematika pada model pmri,” no. 1, 2014.

H. Hendriana, “Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 19, no. 1, p. 52, 2014, doi: 10.18269/jpmipa.v19i1.424.

M. Ibrahim, “Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan CTL,” vol. 16, no. 1, pp. 55–77, 2018.

E. Rustan and M. S. Bahru, “Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v6i1.282.

J. Suzana, Yenny & Imam, Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara, 2021.

T. Hakim, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara, 2002.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sukabumi: Alfabeta, 2016.

D. Hayat, “Hubungan Konsep Kepercyaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Jambi,” Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, 2021.

K. E. Lestari and M. R. Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama, 2015.

N. Mawaddah, S. Syahrilfuddin, and E. Noviana, “Hubungan Antara Self Confidence Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 136 Pekanbaru,” Tunjuk Ajar J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 261, 2020, doi: 10.31258/jta.v3i2.261-274.

N. Agustyaningrum and S. Suryantini, “Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 27 Batam,” vol. 1, 2016.

L. Fatmala and R. E. Andrianto, “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII,” no. 1, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novia Roza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License