Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa


Authors :
(1) Sinta Fanisia Mail (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)
(2) Aniswita Aniswita Mail (UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


This research was motivated by the results of interviews and observations of researchers in class VII SMPN 1 Candung. The low mathematical disposition of students, this can be seen from the lack of self-confidence, interest and curiosity of students. Then the low achievement of students' mathematics learning, this can be seen from the scores of the odd semester midterms of students. There are still many students who get scores below the KKM, which is around 77.67%. The low mathematics learning achievement of students is suspected by several factors, including mathematical disposition. The objectives of this research are: a) to find out whether there is a relationship between mathematical dispositions and students' mathematics learning achievement in grade VII SMPN 1 Candung in the 2020/2021 academic year. b) to find out how big the contribution of mathematical disposition to students' mathematics learning achievement in grade VII SMPN 1 Candung in the 2020/2021 academic year. The data collection technique in this study used a mathematical disposition test and questionnaire. This study uses a significant correlation test. The results of the study obtained t_count = 4.434 and t_table = 1.703. So that t_count>t_table, then H0 is rejected and H1 is accepted, that is, there is a significant relationship between mathematical dispositions and mathematics learning achievement for class VII students of SMPN 1 Candung in the 2020/2021 academic year. This means that there is a contribution of mathematical disposition to the mathematics learning achievement of grade VII students of SMPN 1 Candung in the 2020/2021 academic year, which is 42.13%.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi di kelas VII SMPN 1 Candung dan didapatkan informasi tentang rendahnya disposisi matematis siswa, hal ini dapat dilihat dari rasa percaya diri, minat dan rasa ingin tahu siswa yang kurang. Kemudian rendahnya prestasi belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari nilai ujian tengah semester ganjil bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu berkisar 77,67%. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa diduga oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disposisi matematis. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Candung Tahun Pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa di kelas VII SMPN 1 Candung Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket disposisi matematis. Penelitian ini  menggunakan  uji kebermaknaan korelasi. Hasil penelitian diperoleh  dan , sehingga , maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat hubungan signifikan antara disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Candung Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini berarti terdapat kontribusi disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Candung Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu sebesar 42,13%.

Keywords


Disposisi Matematis, Prestasi Belajar Matematika Siswa


| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5364

References

Permendiknas, Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas, 2006.

X. Xie, “The Cultivation of Problem-Solving and Reason in NCTM and Chinese National Standard. Nanjing Normal University,” p. 5.

H. Hendriana, dkk., Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung. Bandung: PT Refika Aditama, 2017.

U. Sumarmo, “Berfikir dan Disposisi Matematik : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik,” J. FPMIPA UPI, 2010.

E. K. Lestari and M. R. Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2015.

G. E. Mayratih, “Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Kependidikan Mat., vol. 1, no. 1, 2019.

A. Mahmudi and B. A. Saputro, “Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” J. Pendidik. Mat. STKIP Garut, vol. 5, no. 3, 2016.

I. Lestari and Y. Andinny, “Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking ditinjau dari Disposisi Matematis,” J. Elem., vol. 6, no. 1, 2020.

Mardiah, “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, 2020.

C. A. Gumilar, “Disposisi Matematis dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open-ended,” J. Mat. Ilm. STKIP Muhammadiyah Kuningan, vol. 2, no. 2, 2020.

Annajmi, “Konstribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai,” J. Edumatika, 2018.

N. Widyasari dkk., “Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, 2016.

KOMPRI, Belajar, Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Darmadi, Pengembangan Model, dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Refika Cipta, 2006.

W. Sanjaya, Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2013.

S. Siregar, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

K. Mandur, “Konstribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar dengan Setting Kooperatif. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan,” e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sinta Fanisia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

The Journal Indexed by:
MORAREF GARUDA Google Scholar Crossref

Creative Commons License
Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License