Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Anak Asuh
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v3i2.745Keywords:
layanan bimbingan kelompok, interaksi sosial, anak asuhAbstract
The problem in this study was caused by children who had problems in social interaction. The purpose of this study was to improve the quality of social interaction of foster children, namely children at the Aisyiyah Orphanage, Batusangkar Branch. This type of research is pre-experiment with type one group pre-test-post-test design. From the research carried out, the results showed that group guidance services had a significant effect on the quality of social interaction of foster children at a significance level of 1%. This means that group guidance services are effective in improving the quality of social interaction of foster children.
Â
Masalah pokok dalam penelitian ini dilaterbelakangi oleh banyaknya anak asuh yang memiliki masalah dalam interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kualitas interaksi sosial anak asuh, yaitu anak binaan di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan tipe one group pre-test-post-test design. Dari penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap kualitas interaksi sosial anak asuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik bahwa thitung >ttabel  pada taraf signifikan 1%. Hal ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kualitas interaksi sosial anak asuh.
References
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). 2013. Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI/SDLB, SMP/MTs/ SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/ MAK. Jakarta: Diperbanyak oleh UNP Press.
Ahmadi, A. 2007. Psikologi Sosial. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Aliwanto., D. Y. P. Sugiharto, dan A. Sutoyo. 2014. Bimbingan Kelompok Berbasis Pendekatan Humanistik untuk MeningkatkanMotivasi Belajar Siswa.(http://Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk.ISSN 2252-6889).diakses 14 Oktober 2016.
Andriati, N, 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. (Jurnal Konseling Gusjigang Vol 2, No. 2). Diakses September 2016
Arifin, B. S. 2015. Psikologi Sosial. CV. Pustaka Setia. Bandung.
Ardimen. 2017. Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas dan Aplikasinya melalui Bimbingan Teman Sebaya di Era Globalisasi. (Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 2). Diakses13 Februari 2018.
Ardimen. 2017. Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah. (Jurnal Edukasi; Bimbingan dan Konseling. ISSN 2460-5794). Diakses 11 Februari 2018.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rhineka Cipta. Jakarta.
Gibson, Robert & Mariane Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Maulana, A.M, Wibowo, E.M, Tadjri, I, 2014., Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Jawa dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP Kota Semarang. (Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN 2252-6889). Diakses November 2014.
Monks. 2006. Psikologi Perkembangan, Gajah Mada University Pres. Yogyakarta
Neolaka, A. 2014.Metode Penelitian dan Statistik.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Prayitno. 1995. Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Galia Indonesia.
Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2010. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sudijono, A. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Sukmadinata, N.S. 2007. Bimbingan Konse-ling dalam Praktek. Jakarta: Maestro.
Utami, Esti Sudi. 2011. Model Peningkatan Integrasi Sosial Melalui Pengembangan Komunikasi Lintas Budaya Berbasis Sosiolinguistik Pada Masyarakat Multikultural Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Sosiologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yunistiati, F., Djalali, M.A., dan Farid, M. 2014. Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri, dan Interaksi Sosial Remaja. Personal, (Jurnal Psikologi Indonesia) Vol 3, No.01.71-82.
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).