Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra)

Authors

  • Iswantir Iswantir Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan - IAIN Bukittingi

DOI:

https://doi.org/10.30983/educative.v2i2.471

Abstract

Menurut Azyumardi aAzra, ada dua hal permasalahan yang mendasar dalam pendidikan Islam. Pertama, berkenaan dengan situasi riil sistem pemikiran dan pendidikan Islam. Kedua, berkenaan dengan upaya rekonstruksi ilmu sebagai alternatif apa yang dilakukan di dalam merekonstruksi sistem pendidikan Islam. Azra merumuskan pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupan dan untuk memenuhi tujuan hidup secara efektif dan efisien. Ia menegaskan, bahwa pendidikan lebih daripada sekadar pengajaran. Pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu.Gagasan modernisasi pendidikan Islam pada perguruan tinggi Islam tidak hanya menjadi wacana, melainkan harus menjadi kenyataan dan dipraktekkan oleh Azyumardi Azra. Praktik tersebut telah terlihat dalam berbagai upaya pembaruan yang dilakukannya pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Gagasan pembaruan pendidikan Islam yang dikemukakan Azra juga mencakup pembaruan pendidikan madrasah, pesantren dan surau. Kata Kunci: Pendidikan Islam,Gagasan

Downloads

Submitted

2018-02-10

Accepted

2018-02-10

Published

2017-12-30