Pengembangan dan Efektifitas Penggunaan Computer Based Testing pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v2i2.470Abstract
Pelaksanaan evaluasi terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu alat pengukur, evaluator, peserta didik dan situasi yang akhirnya dapat berimbas kepada hasil belajar. Evaluator tidak hanya mendasarkan penilaian secara langsung dari hasil perkuliahan, tapi juga harus memperhatikan faktor-faktor pelaksanaannya. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk Computer Based Testing (CBT) yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Model penelitian pengembangan ini adalah model prosedural dengan subjek penelitian terdiri dari validator ahli media dan validator ahli materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi berupa Tes Pilihan Ganda dan aspek media, kemudian angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kemudahan bagi subjek coba menggunakan produk CBT. CBT dikembangkan dengan 2 tipe yaitu dengan software dan online yang dilaksanakan secara serentak dengan 2 laboratorium komputer yang berbeda. Hasil pengembangan dikategorikan produk CBT mata kuliah evaluasi pembelajaran layak untuk digunakan, sedangkan untuk hasil ujicoba efektifitas penggunaan menghasilkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan tes dengan sistem manual dengan CBT baik secara online maupun software. Namun fungsi utama dari CBT tetap pada kemudahan bagi evaluator untuk melakukan verivikasi dan scoring yang dapat dilakukan dengan segera.. Kata Kunci: evaluasi, computer based testing, evaluator.Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).