Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing SD Inpres 6/75 Biru Kab. Bone Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v2i2.464Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus yang diteliti adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar Matematika. Setting penelitian yaitu kelas IV SD Inpres 6/75 Biru sedangkan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, beberan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivits guru maupun siswa serta hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika. Kesimpulan penelitian bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten BoneDownloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).