Tauhid: Dasar Perumusan Epistemologi Pendidikan Masa Depan


Authors :
(1) Wedra Aprison Mail (Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Pendidikan Islam berada di tengah ideologi-ideologi dunia Barat yang bermacam-macam. Capra mengatakan bahwa ideologi Barat sudah berada di tepi kehancuran. Dalam kondisi yang demikian, diperlukan alternatif-alternatif ideologi untuk membangun pendidikan masa depan. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan filosofis. Apa sesungguhnya nilai dasar ajaran Islam, Tauhid adalah jawabannya. Tauhid adalah ideologi Pendidikan Masa depan. Tauhid harus diaktualisasikan: pusat keimanan Islam memang Tuhan, tetapi ujung aktualisasinya adalah manusia. Lalu bagaimana cara mengaktualkan nilai-nilai dasar Islam. Setidaknya ada dua cara: pertama nilia-nilai normatif Islam diaktualkan langsung menjadi perilaku. Cara kedua adalah mentrasformasikan nilai-nilai normatif itu menjadi teori ilmu sebelum diaktualisasikan ke dalam perilaku. Agaknya cara yang kedua ini lebih relevan pada saat ini, jika ingin melakukan restorasi terhadap masyarakat Islam dalam konteks masyarakat industri, suatu restorasi yang membutuhkan pendekatan yang lebih menyeluruh daripada sekedar pendekatan legal. Metode untuk transformasi nilai melalui teori ilmu untuk kemudian diaktualisasikan dalam praksis, memang membutuhkan beberapa fase formulasi: teologi-filsafat sosial-teori sosial- dan perubahan sosial Kata kunci : Tauhid, Epistemologi, dan Ideologi pendidikan

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v2i1.322

References

Al-Attas, Syed Muhammad Al-Nuquib, 1994, Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu kerangka Berpikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, Terj. Haidar Bagir, judul Asli, The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, Bandung: Mizan,

Alvin dan Heidi Toffler, 2002, Menciptakan Peradaban Baru: Politik Gelombang Ketiga, terj. Ribut Wahyudi, judul asli A New Civilization The Politics of the Third Wave, Yogyakarta: Ikon Teralitera

Bagir, Zainal Amidin, dkk (ed), 2005, Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan

Bakar, Osman, 1994, Tauhid dan Sains: Esai-esai Sejarah dan Filsafat Sains Islam, Bandung: Pustaka Hidayah

Bakar, Osman, Pengaruh Globalisasi terhadap Peradaban, dalam Al-Huda: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Islam, Jakarta: Islamic Centrer Al-Huda, Vol 2, no 7, 2002

Bertrand Russel, 1974, History of Westren Philosophy, London: George Allen dan Unwin Ltd

Canton, James, 2009, The Extreme Future: 10 Tren Utama yang Membentuk Ulang Dunia 20 Tahun ke Depan, terj. Inyiak Ridwan Muzir, judul asli The Extreme Futrure: the Top Trends that Will Reshape the World in the next 20 Years, Jakarta: Alvabet

Capra, Pritjof, 2007, The Turning Point: Titik Balim Pertadaban Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan Kebudayaan, terj. M. Thoyibi, judul asli The Turning Point Science, Society, and The Rising Culture, Bandung: Jejak, cet. Ke-7

Davis, Russel G. dkk, 1980, Planning Education For Development, Cambridge: Harvard University

Fadjar, A. Malik, 1999, Reorentasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fadjar Dunia

Girouk, H. A., 1981, Ideology and The Process of Schooling, Philadelpia: Temple University and Falmer Press

H.A. Girouk, 1981, Ideology and The Process of Schooling, Philadelpia: Temple University and Falmer Press,

Idi, Abdullah dan Toto Suharto, 2006, Repitalisasi Pendidiakan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana

Imam Bernadib, 1998, Ke Arah Perspektif Baru Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, Dikti, PPLPTK

Jorge R. Knight,1982, Issue and Alternative inn Educational Philosophy, Michigan: Andrews University Press

Kartanegara, Mulyadhi, 2003, Pengantar Epistemologi Islam: Menyibak Tirai Kejahilan, Bandung: Mizan

Knight, Jorge R., 1998, Issue and Alternative in Education Philosophy, Michigan: s University Press

Kuntowijoyo, 1998, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, cet. Ke-8

Madjid, Nurkholis, 1998, Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan

Nakosteen, Mehdi, 2003, Kontribusi Islam Atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, terj. Joko S. Kahhar, judul asli History of Islamic Origins of Westren Education A.D. 800-1350 with an Introduction to Medieval Muslim Education, Surabaya: Risalah Gusti

Nasr, Seyyed Hossein, 1995, Menjelajah Dunia Modern: Bimbingan Untuk Kaum Muda Muslim, terj. Hasti Tarekat, Judul asli A Young Muslim’s Guide to the Modern World, Bandung: Mizan

Nasr, Seyyed Hussein, 1994, Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern, Bandung: Pustaka

Putro, Suadi, 1998, Mohammad Arkoun Tentang Islam dan Modernitas, Jakarta: Paramadina

Rahim, Husni, 2001, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos

Sau’ud, Udin Syaifuddin dan Abin Syamsuddin Makmun, 2007, Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sirozi, Muhammad, 2004, Agenda Strategis Pendidikan Islam, Yogyakarta: AK Group,

Tafsir Al-Maraghi jilid satu.

Tafsir, Ahmad (ed.), Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Fakultas Tarbiyah IAIN Bandung

Tafsir, Ahmad, 2006, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Ro




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v2i1.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wedra Aprison

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2549-41392549-4120
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/educative

E : educative.uinbukittinggi@gmail.com - educative@uinbukittinggi.ac.id
"View Educative Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License