Penggunaan CIPP Model dalam Mengevaluasi Pelaksanaan Tahfiz Qur’an di Pondok Pesantren

Authors

  • Retna Fitri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Supratman Zakir Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi http://orcid.org/0000-0001-5100-6005
  • Sarwo Derta Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Gusnita Darmawati Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3071

Keywords:

Evaluation Program, CIPP, Tahfidz Qur’an, Pesantren Ekologi

Abstract

This research began with barriers to the implementation of Tahfiz Quran activities in the Ecology Boarding School of Jama'atul Muslimin, such as the lack of facilities and infrastructure to support various programs, in particular the Tahfiz Quran Program. Despite having various obstacles, students from this Islamic boarding school have often performed well in a number of competitions. The aim of this study was to evaluate the implementation of the Tahfiz Qur'an in Jama'atul Muslimin Ecology Islamic Boarding School, which includes the implementation of the programme, the tahfiz method and the evaluation system used. The research method used was an evaluation of the CIPP (Context, Input, Process and Product) research method. Data was collected by observation, interview, and documentation. The results showed that: (1) the implementation of the Tahfiz Qur'an was carried out at the following three levels: the first level focused on memorization and tahsin, the second level focused on memorization and understanding, while the third level focused on making students memorize and be able to preach. (2) The methods used in the Tahfiz Qur'an were Wahdah, Sima'i, Jama', Tarki methods and verse comprehension. (3) The evaluation system for the implementation of Tahfizul Qur'an had been implemented in two ways: internal evaluation and external evaluation.  The result of the external evaluation shows that the community was grateful and pleased with the existence of the Tahfiz Qur'an program at the Ecology Boarding School.

 

Penelitian ini berawal dari adanya kendala di Pondok Pesantren Ekologi Jama’atul Muslimin dalam melaksanakan kegiatan tahfiz qur’an, seperti minimnya sarana dan prasarana untuk mendukung berbagai program khususnya program tahfiz qur’an. Meskipun memiliki berbagai kendala, para santri pondok pesantren ini sering berprestasi dalam setiap perlombaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan tahfiz qur’an di Pondok Pesantren Ekologi Jama’atul Muslimin yang meliputi pelaksanaan program, metode tahfiz dan sistem evaluasi yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi dengan pendekatan CIPP (context, input, process dan product). Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan tahfiz qur’an dilakukan dengan tiga tingkatan, yaitu tingkat satu difokuskan untuk menghafal dan tahsin bacaan. Tingkat dua, hafal dan paham, sementara pada tingkat tiga difokuskan agar santri hafal dan bisa mendakwahkan. (2) Metode yang digunakan dalam tahfiz qur’an yaitu; metode wahdah, sima’i, jama’, tarki dan memahami ayat. (3) Sistem Evaluasi pelaksanaan tahfizul qur’an dilakukan dengan dua cara yaitu, evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Sistem evaluasi internal dilakukan untuk melihat sejauh mana jumlah hafalan santri dengan cara santri menghafal hafannya dihadapan guru. Hasil evaluasi eksternal menunjukkan, bahwa masyarakat merasa bersyukur, gembira dan senang dengan keberadaan program tahfiz qur’an di Pesantren Ekologi ini.

References

Andoni, Junaidi Fitri. Wawancara Pribadi. {Jum’at 25 September 2019}

Elwa. Wawancara Pribadi. {Kamis 19 Desember 2019}

Guswandi, Padli. Wawancara Pribadi. {Rabu 18 Desember 2019}

Nanda, Siska Putri. Wawancara Pribadi. {Jum’at 27 Desember 2019}

Arikunto, Suharsimi & Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

As-Sirjani, Raghib. Cara Cerdas Menghafal Al.Qur’an: Kaifa Tahzafu Qur’an Al-Qarim Al-Qawa’id Az-Zahabiyyah Lihifzi Qur’an, ter. Sarwedi M. Amin Hasibuan, et. Al. (Solo: Aqwam, 2008)

Djuju Sudjana. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2006)

Hanani, Silfia. Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi Pembelajaran. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014)

Qosim, Ahmad. Hafal Qur’an Dalam Sebulan. (Solo: Qiblat Press, 2008)

Umar, Nasaruddin. Mengungkap Makna-makna Tersembunyi Qur’an. (Jakarta: Al-Ghazali Centre, 2008)

Sudjana, Nana. Dasar-dasar proses belajar mengajar. (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2012)

Sesmiarni, Zulfani, Junaidi Junaidi, Darul Ilmi, and Wedra Aprison, ‘The Islamic Education Strategies Inlocal Culture Perspective Of West Sumatera Society’, Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3.1 (2018), 30 https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.674

Maulida, A. 2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229–244. Retrieved from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/284/255

Nurliati. 2010. TESIS: Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfiz Qur’an Di Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin Univa Medan. Medan: IAIN Sumatera Utara

Hartati, ‘Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips’, 9.1 (2018), 80–89

Maulida, Ali, ‘Metode Dan Evaluasi Pendidikan Akhlak Dalam Hadis Nabawi’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7.02 (2018), 229–44

Raharjo, Sabar Budi, ‘Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia’, Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16.2 (2013), 511–32 <https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129>

Ulfah, Silfia. Evaluasi Program Tahfiz Qur’an Di SMP ITA EL-Ma’mur Bogor. Bogor: Universitas Ibnu Khaldun

Widya, Hanata. ‘Pengelolaan Tahfiz Qur’an (menghafal Qur’an) Di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang’. Jurnal Hanata Widya, Volume 06. No. 02. 2017

Downloads

Submitted

2020-02-15

Accepted

2020-06-22

Published

2020-07-02

Issue

Section

Articles