PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE DREAMWEAVER CS5 PADA MATA KULIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v1i1.126Abstract
Produk yang dikembangkan dan dibuat adalah Web Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Dreamweaver CS5 pada Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan model yang digunakan adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan alat berupa angket, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus persentase. Pada tahap pertama ujicoba produk dengan ahli media di peroleh 91,15% dengan predikat Baik Sekali, Ahli desain diperoleh 81,2% dengan predikat Baik, dan ahli materi diperoleh nilai 79,7% dengan predikat Baik. Tahap kedua dilakukan uji produk skala kecil dengan jumlah responden 24 diperoleh nilai 83% dengan kategori Baik. Setelah itu tahap selanjutnya ujicoba skala besar 86 % dengan predikat Baik Sekali. Hasil ujicoba skala kecil dan besar menunjukkan bahwa produk dapat diterima dan layak digunakan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk Web yang dibuat dapat membantu proses penyampaian materi, pencarian data dengan mudah, dapat diakses dimana-mana melalui jaringan internet, melakukan evaluasi dapat dilakukan dengan cepat. Peneliti berharap produk ini dapat digunakan semaksimal mungkin demi terciptanya pembelajaran yang kreatifReferences
Andi. 2011 : Adobe Dreamweaver CS5 untuk Beragam Desain Website Interaktif. Semarang : Wahana Komputer
Arikunto Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2008 : Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Warsita Bambang. 2008 : Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Sudjiono, Anas. 2012 : Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).