KONSTRUKSI PENDIDIKAN INTEGRATIF MENURUT HAMKA


Authors :
(1) Nunu Burhanuddin Mail (Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Indonesia)

Abstract


Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.

Full Text:

PDF

| DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.119

References

Abu al-Fida Ismail bin Âmr al-Quraisyi bin Katsir, Tafsir al-Quranul Adzim, Mesir: Dar al-Qalam, tt.

Ahmadi Abu, (1991), Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Al-Bastani, Karim, (1975),al-Munjid fi Lughat wa A’lam, Beirut: Dar al-Masyriq.

Dewey, Jhon, (1964),Democracy and Education, Fourth edition, New York: Tha Macmillan Company.

Esposito, John L., (2001),Dunia Islam Modern, Bandung: Mizan.

Freire, Paulo, (2006),Education For Critical Consciousness, London: Sheed and ward, 1979 Siti Murtiningsih, Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Radikal Paulo Freire, Yogyakarta: Resist Book.

HAMKA, (1982),Ayahku, Jakarta: Pustaka Panjimas, cet. IV.

...............,(1983),Tasauf Modern, Jakarta: Pustaka Panjimas.

..............., (1962),Lembaga Hidup, Jakarta: Jayamurni.

..............., (1950), Falsafah Hidup, Jakarta: Pustaka Panji Masyarakat.

..............., (1998), Tafsir Al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas.

HAMKA, Irfan, (2013),Ayah, KisahBuya HAMKA, Jakarta: Republika Penerbit.

Kurniawan, Syamsul dan Erwin Makhrus, (2011), Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manik, Abdul Halim, (1978),Manâhij al-Mufassirin, Mesir: Dar al-Kutub.

Mahmud Yunus, (1987), Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: YP3A.

Quthub, Muhammad, Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Dar al-Qalam, tt

Ramayulis & Syamsul Nizar, (2005), Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Ciputat: Quantum Teaching.

Samsul Nizar, (2002), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Shobahussurur, (2008), Mengenang 100 tahun Haji Abdul Malik Karim Amrullah HAMKA. Jakarta: Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar.

Tafsir, Ahmad, (1992), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamara, Natsir, dkk., (1996), HAMKA di Mata Hati Umat. Jakarta: Sinar Harapan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Nunu Burhanuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_____________________________________________________________________
Academia.Edu

Jurnal Educative: Journal of Educational Studies
e-ISSN / p-ISSN : 2549-41392549-4120
Organized by : Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
W : https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/educative

E : educative.uinbukittinggi@gmail.com - educative@uinbukittinggi.ac.id
"View Educative Stats"
Creative Commons License
Licensed Under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License