GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DOI:
https://doi.org/10.30983/educative.v1i1.118Abstract
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, guru profesional selain dituntut memiliki empat kompetensi utama yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga diharapkan piawai dalam melakukan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas adalah kajian sistematis dalam upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Tujuan utama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) adalah untuk perbaikan dan meningkatkan layanan keprofesionalan pendidik dalam menangani proses Belajar-Mengajar. Tiga konsep dalam PTK adalah sebagai berikut: (1) Penelitian, yaitu kegiatan mencermati suatu objek melalui metode ilmiah; (2) Tindakan, yaitu aktifitas yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan, untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar; (3)Kelas, yaitu sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guruReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Black, James dan Dean J. Champion. (2001). Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE
Emizir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hopkins, David. A (1993). Teacher Guide to Classroom Research, Philadelphia: Open University Press.
Mills, Geoffrey E. (2003). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Rory O’Brien, An Overview of the Methological Approach of Action Research.http:// www.web. net/ ~robrien/papers/ arfinal.html (29/11/2005).
Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).