Pengembangan Media Pemebalajaran Menggunakan Integrasi Sosial Pada Mata Pelajaran PAI & BP di SMAN SMAN 1 Situjuah
DOI:
https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.9433Keywords:
Development, Learning Media, PAI, Social IntegrationAbstract
This research is motivated by problems found in the field, namely that the learning media and teaching materials for the Marriage topic used by Islamic Education (PAI) teachers at SMAN 1 Situjuah Limo Nagari are mostly taken from YouTube. The media model for the marriage material is in the form of slides; however, it lacks a specific explanation related to social integration. This study employs a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The purpose of this research is to analyze, design, validate, and assess the practicality of the developed product—learning media integrating social values into Islamic Education (PAI & BP) subjects. The results show that the validity of the learning media reached a score of 0.91, categorized as “very valid,” with overall ratings of A and B. The practicality score was 0.88, categorized as “very practical.” Therefore, the developed learning media is feasible for use in the teaching and learning process. Its implication is that this socially integrated learning media can enhance the effectiveness of Islamic Education learning, particularly in fostering students’ social awareness, tolerance, and sense of togetherness. Furthermore, it can serve as a reference for teachers to design contextual, interactive, and socially relevant learning innovations aligned with current educational needs.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di lapangan, yaitu media pembelajaran dan bahan ajar materi Pernikahan yang digunakan oleh guru PAI di SMAN 1 Situjuah Limo Nagari masih diambil dari aplikasi YouTube. Model media pada materi pernikahan tersebut berbentuk slide, namun di dalamnya belum terdapat penjelasan khusus mengenai integrasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis, rancangan, validitas, serta praktikalitas dari produk yang dikembangkan, yaitu media pembelajaran berbasis integrasi sosial pada mata pelajaran PAI & BP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran memperoleh nilai 0,91 dengan kategori “sangat valid” dan penilaian secara umum mendapatkan nilai A dan B. Hasil praktikalitas diperoleh dengan nilai 0,88 dan termasuk kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.Implikasinya, pengembangan media pembelajaran berbasis integrasi sosial ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI & BP, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai sosial, toleransi, dan kebersamaan pada peserta didik. Selain itu, media ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran yang kontekstual, interaktif, serta relevan dengan kebutuhan sosial masyarakat saat ini.
References
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 126.
Harida, Nur, H., & Arfandi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva padda Dasar Desain Grafis Peserta Didik di SMK. Prosiding Seminar Nasional, 405. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Lestari, N. D., Hermawan, R., & Heryanto, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III No. II(Iii), 33–43.
Mahardika, I. K., Subiki, S., Anggraeni, N. P., Juanda, D. H., Ubaidillah, M. J., & Amelia, N. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5239–5247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3199
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Adinda Dwi Salsabillah Adinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.