Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kamang Magek
DOI:
https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.9104Keywords:
Utilization, Library, Learning outcomesAbstract
This research was motivated by the results of observations by researchers who found that there were student learning outcomes in daily tests that were mostly below standard (KKM). The purpose of this research is to find out how big the relationship between the use of the school library is and the learning outcomes of Islamic religious education for class XI IPS.2 students at SMA Negeri 1 Kamang Magek. This type of research is correlational research with a quantitative approach. Research with a quantitative approach focuses on the analysis of numerical data (numbers) which are processed using statistical methods. The correlational research method with quantitative methods was chosen because it will study the relationship between two or more variables, especially the relationship between variations in one variable and other variables. Correlational research is research that aims to determine and explore whether or not there is a relationship between two or more variables. With the entire population of class XI students at SMA Negeri 1 Kamang Magek consisting of 80 students, the sample that will be taken is class The sampling technique used in this research was collecting data on students' daily scores and administering a questionnaire, after which a normality test and linearity test were carried out.Based on this research, the results show that, the research obtained = 1805, so the hypothesis is accepted which states that there is a significant correlation. So it can be concluded that there is a significant correlation or relationship between the use of the school library and the learning outcomes of Islamic education for class XI students. IPS.2 SMA Negeri 1 Kamang MagekPenelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti yang menemukan bahwa terdapat hasil belajar siswa dalam ulangan harian yang sebagian besar dibawah standar (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Kamang Magek.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti yang menemukan bahwa terdapat hasil belajar siswa dalam ulangan harian yang sebagian besar dibawah standar (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Kamang Magek. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menitikberatkan pada analisis data numerik (angka) yang diolah menggunakan metode statistik. Metode penelitian korelasional dengan metode kuantitatif dipilih karena akan mempelajari hubungan antara dua variabel atau lebih, khususnya hubungan variasi suatu variabel dengan variabel lainnya. Penelitian korelasional adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kamang Magek terdiri dari 80 orang siswa yang akan diambil sampel adalah kelas XI IPS.2 sebanyak 24 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data nilai harian siswa dan pemberian Angket, setelah itu dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa, penelitian diperoleh = 1805, maka hipotesis diterima yang menyatakan adanya korelasi yang signifikan, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hunungan yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pendidikan nagama islam siswa kelas XI. IPS.2 SMA Negeri 1 Kamang Magek
References
Iswantir, M.., Wensi, E., & Neli, A. F. (2023). Urgensi Implementasi Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak dan Sopan Santun Siswa di SMP Negeri 1 Sitiung Dharmasraya. Al-DYAS: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 104-112. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i1.880
Zulfani Sesmiani. (2022). Perspektif siswa tentang kinerja guru terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Huda, I. C. (2020). Peranan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86
Riska, R., & Amir, A. (2018). Tinjauan terhadap sarana dan prasarana serta tata ruang perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i11.29545
Karima, O. N. (2021). Pengelolaan Perpustakaan sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(1), 85–96. https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p85-96
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151
Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 4(1), 93. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887
Fadhli, R. (2021). Implementasi Kompetensi Pembelajaran Sepanjang Hayat melalui Program Literasi di Perpustakaan Sekolah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 19. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000
Fatimah, Y. A., Hanafi, A. R., Pancasari, M., Fadhilah, S., Putra, J. S., & Astuti, S. D. (2021). Pengembangan Perpustakaan Negeri Dongeng Bahrul Ulum untuk Meningkatkan Literasi Anak-Anak dan Masyarakat Desa Giyanti. Community Empowerment, 6(4), 532-537. https://doi.org/10.31603/ce.4522
Mansyur, M. (2021). Optimalisasi manajemen perpustakaan dan signifikansinya bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 10(2), 12-30. https://doi.org/10.36668/jal.v10i2.301
Lestari, A., & Madeten, S. S. (2020). Manajemen perencanaan tata ruang perpustakaan SMP Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v9i1.38615
Ghassani, F. (2018). Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan, 20(2). https://doi.org/10.7454/jipk.v20i2.104
Prof. Anunu, M. A., Moonti, U., Sudirman, S., Mahmud, M., & Hasiru, R. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 196-202.
Abd Rahman. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.
Chabib Thoha, [dan kawan-kawan]. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Dian Sinaga. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim Bafadar. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Darwin, M. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Natasya Febrianti. (2011). Implementasi Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia).
Noehi Nasution, [dan kawan-kawan]. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Nur Kholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Universitas Negeri Jakarta.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rafi Firmansyah, Januar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.