Peran Filsafat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter dan Identitas Peserta Didik: Analisis Konseptual dan Praktis

Authors

  • Nia Ramadhani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Nur Ikhsaniyah Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30983/surau.v2i2.8696

Keywords:

Pran filsafat, Filsafat Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter, Identitas Peserta Didik

Abstract

Islamic educational philosophy plays a crucial role in forming the character and identity of students through integrating Islamic teaching values into the educational process. The problem with this study is the less than optimal application of Islamic values in the modern education system, which has an impact on the weak character and identity of students. The formation of character and identity in the context of Islamic education requires a balance between cognitive, affective and psychomotor aspects based on the teachings of monotheism, morals and the concept of humans as caliphs on earth. The aim of this research is to analyze conceptually and practically the role of Islamic educational philosophy in forming students who have noble character and have a strong Islamic identity. This research methodology uses a qualitative approach with in-depth literature analysis. Data was obtained through a literature review of primary and secondary literature related to Islamic educational philosophy, character formation and identity from an Islamic perspective. A concept analysis approach is used to explore the relationship between the principles of Islamic educational philosophy and educational goals which are directed at the formation of complete humans (insan kamil). The results of this research show that the consistent application of Islamic educational philosophy can be a solution in dealing with identity crises and moral degradation in students as well as a solid foundation in creating a generation that has a balance between science and Islamic values. Abstrak Filsafat pendidikan Islam memainkan peran krusial dalam pembentukan karakter dan identitas peserta didik melalui pengintegrasian nilai ajaran Islam ke dalam proses pendidikan. Masalah dari kajian ini adalah kurang optimalnya penerapan nilai-nilai Islam dalam sistem pendidikan modern, yang berdampak pada lemahnya karakter dan identitas peserta didik. Pembentukan karakter dan identitas dalam konteks pendidikan Islam menuntut ada kesetaraan antar unsur afektif, kognitif serta psikomotorik yang berbasis pada ajaran tauhid, akhlak, dan konsep manusia sebagai khalifah di bumi. Maksud dari riset ini ialah agar menganalisa secara konseptual dan praktis peran filsafat pendidikan Islam untuk menciptakan murid yang mempunyai akhlak baik serta memiliki identitas keislaman yang kuat. Metodologi riset ini menggunakan pendekatan kualitatif memakai analisa literatur yang mendalam. Data diperoleh melalui kajian pustaka dari literatur primer serta sekunder yang berkaitan pada filsafat pendidikan Islam, pembentukan identitas, serta identitas pada perspektif Islam. Pendekatan analisis konsep digunakan untuk menggali keterkaitan antara prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam dengan tujuan pendidikan yang diarahkan pada pembentukan manusia paripurna (insan kamil). Hasil riset ini memperlihatkan bahwa penerapan filsafat pendidikan Islam yang konsisten bisa jadi solusi dalam menghadapi krisis identitas dan degradasi moral pada peserta didik serta sebagai landasan yang kokoh dalam menciptakan generasi yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman.    

References

Ageng Shagena, Syarifuddin. 2019. “Peran Filsafat Idealisme Serta Implementasinya Pada Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 27(2):58–66.

Al-Syaibani, Omar Mohammad Al-Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, M. 1993. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta.

Cahyani, Desi Yati Wulan, and M. Yunus Abu Bakar. 2024. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(2):112–22. doi: 10.37058/metaedukasi.v4i2.6169.

Darmawan, Rivaldi. 2024. “Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Jendela Pendidikan 4(01):18–28. doi: 10.57008/jjp.v4i01.653.

Fahira, Wina Roza, Yesi Guspita Sari, Bera Eka Putra, and Merika Setiawati. 2023. “Peranan Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Moralitas Siswa.” Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi) 6(1):29–40. doi: 10.33627/es.v6i1.1122.

Fauzi, Ihwan. 2019. “Manajemen Filsafat Pendidikan Karakter (Filsafat Sebagai Asas Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Karakter).” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 11(1):1–29.

Halawa, Jonius, Ayunike Waoma, and Mozes Lawalata. 2024. “Peran Filsafat Pendidikan Kristen Dalam Meningkatkan Pemahaman Iman Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral (Lumen) 3(1):99.

Hidayat, Rahmat. 2023. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Pendidikan Agama Islam Memiliki Peran Yang Sangat Penting Dalam Membentuk Karakter Siswa . Dalam Lingkungan Pendidikan Islam , Pendidikan Karakter Bukan Islam Dalam Mengembangkan Karakter Sis.” Jurnal Agama Islam 3(5):304–17.

Imran, -Zulfi, and Nurhalima Tambunan. 2003. “Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman PERANAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN.” 257–64.

Kurnia, Suci, Arfa Novia Santi, Thasya Dwi Hendri Yenni, Milda Ayu, and Universitas Negeri Padang. 2023. “5098 Pentingnya Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Guru Sekolah Dasar.” 08:5098–5107.

Marimba. 1962. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: N.V. Al ma’arif.

Masruroh, Nur laili. 2021. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM: PERSPEKTIF FILSAFAT (Character Education In Islam: A Philosophy Perspective) Felta Felta Abstrak.”

Mudana, I. Gusti Agung Made Gede. 2019. “Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Filsafat Indonesia 2(2):75–81. doi: 10.23887/jfi.v2i2.21285.

Muhammad, D. 2019. Pendidikan Karakter Di Sekolah.

Nuraida, Nuraida. 2022. “Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 1(2):663–69. doi: 10.58344/jmi.v1i2.60.

Putri, Melani Eka, Selma Febriosa, Nur Amelia, and Fera Zora. 2024. “Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka.” 3(3):1–8.

Rahmadi. 2011. No Title. banjarmasin.

Sirajuddin. 2012. Filsafat Islam, Filosof &filsafatnya.

Suhartono, suparhan. 2006. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Tarigan, Mardinal, Saddam Maulana, and Nurul Adinda Lubis. 2024. “Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):544–54.

Yasmansyah, Yasmansyah, and Iswantir Iswantir. 2022. “Pentingnya Filsafat Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1(2):49–58. doi: 10.31004/jpion.v1i2.21.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nia Ramadhani, Nur Ikhsaniyah Lubis, & Herlini Puspika Sari. (2024). Peran Filsafat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter dan Identitas Peserta Didik: Analisis Konseptual dan Praktis . SURAU : Journal of Islamic Education, 2(2), 144–155. https://doi.org/10.30983/surau.v2i2.8696

Citation Check