Pengembangan Vidio Animasi Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
DOI:
https://doi.org/10.30983/surau.v1i2.7644Abstract
Abstract
The development of science and technology can be used to improve the progress of the educational process through careful planning. In the learning process, for example, there are many media that can be developed by teachers by utilizing existing technology. This is a demand that PAI teachers must carry out so that learning is more effective and able to attract students' attention and motivation. Currently, there are many applications that can be used by teachers in designing interesting and technology-based learning media. Among the applications that can be used is Macromedia Flash 8. The aim of this research is to develop animated videos using the Macromedia Flash 8 application for PAI and Budi learning. Valid and practical character. This research is development research with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implement and Evaluation). Data collection tools include validation sheets and questionnaires with data analysis techniques using the Aiken Formula. Based on the results of the validity test of animated videos using the Macromedia Flash 8 application, the overall result was 0.83 with very valid criteria, for the practicality aspect the overall result was 0.91 with the very practical category.
Â
Abstrak
Perkembangan IPTEK dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemajuan proses pendidikan melalui perencanaan yang matang. Dalam proses pembelajaran misalnya, banyak media yang bisa dikembangkan oleh guru dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini merupakan sebuah tuntutan yang harus dilakukan oleh guru PAI agar pembelajaran lebih efektif dan mampu menarik perhatian dan motivasi siswa. Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan oleh guru dalam merancang sebuah media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi.Di antara aplikasi yang dapat digunakan adalah macromedia flash 8. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video animasi menggunakan aplikasi macromedia flash 8 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Alat pengumpulan data berupa lembar validasi dan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan Formula Aiken. Berdasarkan hasil uji validitas video animasi menggunakan aplikasi Macromedia flash 8 secara keseluruhan diperoleh hasil sebesar 0,83 dengan kriteria sangat valid, untuk aspek praktikalitas secara keseluruhan diperoleh sebesar 0,91 dengan kategori sangat praktis.References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.
Adi, G. M., & Sujana, I. W. (2021). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem SlolvingTri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764.
Agustina, M. (2019). Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. Agustina, 164–173.
Ardiansyah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Animasi Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran Bahasa Inonesia Materi Teks Negosiasi Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan: Tarakan.
Baharuddin, I. (2014). Pesantren Dan Bahasa Arab. Jurnal Thariqah Ilmiah, 01(01), 16–30.
Buchari, Z. Muhamad. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Melkanisme Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi. Journal Vol 6, no 1.
Budi, Purwanti. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3, Nomor 1, Januari 2015. Kota Probolinggo.
Daryanto. 2013). Media Pendidikan(Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Desi, Periswenti. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling: Universitas Pahlawan.
Guntoro.2022. Peningktan Keterampilan Membuat Video Pendukung Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Inshot Dan Vn Bagi Guru Olahraga Di Mgmp Kota Jayapura. Journal Of Community Empowerment. 1(2).
Darmawati, G., Elin, Y., & Monia, F. A. (2021). Pengaruh Desain Media Pembelajaran dengan Program Adobe Flash CS 6 untuk Belajar Berhitung. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(3), 110–116.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com.
Hariri, R. Al, & Maharani, S. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Yang Karya Videonya Diunggah Kembali (Reupload) Di Youtube Secara Ilegal Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Simposium Hukum Indonesia, 1(1), 211.
Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.
Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia flash 8 Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95–102.
Kirom,Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multicultural. Jurnal al-murabbi. 3(1).
Muhson, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nana Sudjana.(2003). Teknologi Pengajaran. Bandung:CV.Sinar Baru.
Noeng Muhajir. (2017). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra’, 1.
Nugraha, muldiyana. 2018. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Tarbawi: jurnal keilmuan manajemen pendidikan.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64.
Pendidikan, D., Islam, A., Raden, F. I., & Lampung, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam Imam Syafe’I. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 151–166.
Rahmawati,Rina. 2021. Pengembangan media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia.1(1): Rahmawati, F. (2018). Kecenderungan Pergeseran Pendidikan Agama Islam di Indonesia Pada Era Disrupsi. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1752.
Sesmiarni, Z., Darmawati, G., Yuspita, Y. E., Yeri, S., & Ikhsan, I. (n.d.). Android-Based Augmented Reality: An Alternative in Mastering Tajweed for Student Learning.
Sugama, Maskar., & Putri Sukma Dewi. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02 November 2020, pp.888-899. Kota Lampung.
Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.
Tegeh, I Made; Jampel, I. N. P. T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, Adr. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.