Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi
DOI:
https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.7593Abstract
This research was motivated by seeing from several students who had good and poor memorization scores for the Qur'an, a striking gap in mathematics scores between students who had good memorization and students who had poor memorization. Based on this background, researchers are interested in conducting research on the influence of memorizing the Al-Qur'an on students' mathematics learning outcomes. The aim of the research was to find out whether there was a significant influence of memorizing the Qur'an on the mathematics learning outcomes of class X students at the Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi Tahfizhul Qur'an Islamic Boarding School. The type of research used is population research with the nature of correlational research using regression. The population of this research is all class This research data is the result of documentation of Al-Qur'an memorization scores and students' mathematics learning achievement tests. The regression equation is Y = 32.117 + 0.628X. Meanwhile, the results of hypothesis testing obtained t = 4.007 and t table = 2.604 at a significance level of 5%, so that H 0 was rejected and H 1 was accepted with a coefficient of determination = 40.1% . So, it can be concluded that there is a significant influence of memorizing the Qur'an on the mathematics learning outcomes of class X students at the Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi Tahfizhul Qur'an Islamic Boarding School.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dilihat dari beberapa siswa yang mempunyai nilai hafalan Al-Qur’an yang bagus dan kurang bagus, kesenjangan nilai matematika yang mencolok antara siswa yang memiliki hafalan yang bagus dan siswa yang memiliki hafalan yang kurang bagus. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian populasi dengan sifat penelitian korelasional menggunakan regresi. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi yang terdiri dari satu kelas berjumlah 26 orang siswa. Data penelitian ini yaitu hasil dari dokumentasi nilai hafalan Al-Qur’an dan tes hasil belajar matematika siswa. Persamaan regresinya yaitu Y = 32,117 + 0,628X. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,007 dan ttabel = 2,604 pada tingkat signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan hasil koefesien determinasi = 40,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Syech Ahmad Chatib Al-Minangkabawi.
References
Ananda, R. (2018). Statistik Pendidikan. CV. Widya Puspita.
Baiduri, B., Khusna, A. H., & Saraswati, E. D. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Brainstorming Tipe Round Robin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 584–598.
Djamaluddin, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV. Kaaffah Learning Center,.
Dzulfahmi. (2023). Wawancara.
Eko Listiwikono, E. (2022). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al-Anwari. Jurnal Edupedia, 5(2), 189–201.
Fatmi, F., Syafri, F. S., & Saltifa, P. (2022). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran terhadap Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 464–471.
Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’Had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.
Guru Pandai. (2022). Manfaat Membaca Al-Qur’an Bagi Kecerdasan Otak.
Harun. (2023). Wawancara.
Laini, R. (2023). Wawancara.
Muhith, N. F. (2012). Dahsyatnya Bacaan dan Hafalan al-Qur’an. Ziyad Visi Media.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Nafliani, A. (2022). Hubungan Hafalan Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di SDTQ-T An Najah Cindai Alus Martapura. eprints.uniska-bjm.ac.id. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/9232/
Nurhayati, T., Pasaribu, N. A., Oktaviola, R., Dari, D. W., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Hafalan Al-Qur’an terhadap Kemampuan Matematika. KOLONI, 2(2), 188–194.
Purwanto, M. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Ramadi, B. (2021). Buku Panduan Tahfizh Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.
Saputra, O. (2022). 3 Model Pembelajaran Mengaktifkan Siswa Belajar Matematika. https://barakata.id/model-pembelajaran-mengaktifkan-siswa-belajar-matematika/
Sudjana Nana, I. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo.
Wahid, W. A. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat: Step By Step dan Berdasarkan Pengalaman. Diva Press.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Zefri, F. (2022). Peran Keteladanan Guru Dalam Pembentukkan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Pendidikan Agama Islam.