Female Coffee Lovers' Consumptive Lifstyle at Espresso Beach Cafe in Pariaman

Authors

  • Akdila Bulanov Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Heru Permana Putra Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30983/humanisme.v6i1.5524

Keywords:

Lifestyle, Female Coffee Lovers, Coffee Shop,

Abstract

This research was entitled Female Coffee Lovers' Consumptive Lifestyle at Espresso Beach Café in Pariaman. This study was a kind of illustrative subjective exploration that highlighted field research and did not put aside the concentration of writing that intended to describe the impolite behavior of female coffee lovers at Espresso Beach Café in Pariaman. The investigation strategy used in this research was purposive investigation. The informants taken in this study were female coffee lovers at Espresso Beach Cafe in Pariaman.The techniques used for collecting data were interviews, observations, and documentation. The results of this research showed that the quality of female coffee lovers was observed from their lifestyle and their public activities that spent a lot of energy with their friends. The inspiration for female coffee lovers was to satisfy their desires, supported by financial assistance and close friends that made female coffee lovers feel more comfortable in their exercise. The spendthrift behavior of female coffee lovers was in choosing the place, the type of the drink, the friends, friends’ nicknames, time according to their assumptions, how to drink a drink, visit, and the environment while drinking and saving pocket money.

Kajian ini merupakan semacam eksplorasi subjektif ilustratif yang menyoroti tentang “Gaya Hidup Konsumtif Wanita di Espresso Beach Cafe Pariamanâ€, penelitian ini tidak mengesampingkan konsentrasi penulisan yang bermaksud menggambarkan cara tidak sopan perilaku para wanita pecinta kopi di Espresso Beach Café Pariaman. Strategi pengumpulan data yang digunakan dalam kajian ini menggunakan purposive samppling. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah para wanita di Espresso Beach Café Pariaman yang mendapat kesempatan untuk mengkonsumsi kopi. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas yang dimiliki wanita yang menyukai kopi terlihat dari gaya hidup dan aktivitas publik mereka, menghabiskan banyak energi dengan teman-teman mereka. Inspirasi bagi para ahli kopi wanita adalah untuk memuaskan hasrat mereka, didukung oleh bantuan keuangan dan pasangan yang membuat para pecinta kopi wanita lebih nyaman dalam latihan penggunaan mereka. Perilaku boros yang dilakukan para wanita penikmat kopi adalah dengan memilih tempat coffeshope, jenis minuman, memilih teman minum kopi, waktu untuk nongkrong, cara meminum, dan berusaha menghemat uang saku.

References

Journal

Elly, Sintia Afriyanti, and Bobby Rachmat Saefudin. “( Kasus Pada Belike Coffee Shop Dan Balad Coffee Works ) PENDAHULUAN Berdasarkan Data Dari FAO ( 2019 ), Indonesia Tercatat Sebagai Produsen Kopi Terbesar Ketiga Di Dunia Setelah Brazil Dan Vietnam . Meskipun Demikian , Ekspor Kopi Dari Indonesia Diperkir.†Agritekh 1, no. 1 (2020): 26–45.

Fauzi, Ahmad, I Nengah Punia, and Gede Kamajaya. “Budaya Nongkrong Anak Muda Di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda Di Kota Denpasar).†Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT) 3, no. 5 (2017): 1–3. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/29665.

Herlyana, Elly. “Fenomena Coffee Shop Oleh :†Jurnal Thaqafiyyat 13, no. 1 (2012): 188–204.

Irwanti, Said. “Warung Kopi Dan Gaya Hidup Modern.†Jurnal Al-Khitabah III, no. 1 (2017): 33–47.

Khoeriyah, Rofikhotul, and Nia Kurniadin. “Sistem Informasi Geografis Coffee Shop Di Kota Samarinda Berbasis Web.†Buletin Poltanesa 22, no. 2 (2021): 245–49. https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i2.881.

Kurniawan, Ardietya, and Muh Rosyid Ridlo. “Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi.†Jurnal Sosiologi DILEMA 32, no. 1 (2017): 9–22.

Putri, Karunia Saras Rahayu. Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Penikmat Kopi Di Cliq Coffee Jakarta. Fisip UIN Jakarta. Vol. 93, 2020.

Santoso, Ainun Nadrah. “Fungsi Coffee Shop Bagi Perempuan Penikmat Kopi (Studi Deskriptif Di Coffee Hoome Surabaya).†Antro Unairdot Net VI, no. 1 (2017): 13.

Solikatun, Solikatun, Drajat Tri Kartono, and Argyo Demartoto. “Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang).†Jurnal Analisa Sosiologi 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.20961/jas.v4i1.17410.

Suisa, Kelvianto, and Veronica Febrilia. “Gaya Hidup Minum Kopi Konsumen Di The Coffee Bean & Tea Leaf Company Plasa Tunjungan Surabaya.†Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa 2, no. 2 (2014): 1–29.

Veritya, Valiant. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop Di Bogor (Studi Kasus Pada Ruang Kopi Dan Syuhubu Coffee).†Manajemen 7, no. 5 (2018): 1–2.

Widayanti, Sri, Dya Maretya Kresna, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, and Karyawati PT Bank Mandiri Surabaya. “Perilaku Konsumen Penikmat Kopi Tubruk Dan Kopi Instan.†Jsep 6, no. 3 (2012): 1–11.

Book

Hasiara, La Ode. Metode Penelitian Multi Paradigma Satu Pembangun Reruntuhan Metode Penelitian Yang Berserakan. Edited by La Ode Hasiara, 2012.

Purnama, Ira. “Sada Coffee House Di Kota Medan (Studi Etnografi).†Universitas Sumatera Utara, 2019.

Others

Meliala, Raden Roro Atiqah Sekararum Dewanti. “Tingkat Konsumsi Kopi Berdasarkan Pendapatan, Usia, Dan Harga Di Kota Depok.†Skripsi, 2017, 1–159.

Oktaviani, Keke. “Ngopi Sebagai Gaya Hidup Anak Muda.†Repository Universitas Negeri Jakarta, 2018.

Sudarto. Peluang Usaha IKM Kopi. Edited by Sudarto. Jakarta: Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, 2017.

Yuliati Rina. “Budaya Nongkorng Sebagai Gaya Hidup Para Perempuan Penikmat Kopi Di Sidoarjo (Studi Kasus Pada Coffee Shop Sehari Sekopi Di Kawasan Sekitar Transmart Sidoarjo).†Digilib.Uinsby.Ac.Id, 2021.

Downloads

Additional Files

Submitted

2022-04-22

Accepted

2022-06-28

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles